Blog Gado-Gado_Multi Niche

5 Obat Hati Gelisah

Obat Hati Resah- Sobat Pembaca, semua orang hidup pasti mempunyai masalah, yang tentunya antara si A dengan si B masalahnya berbeda, belum lagi sama si C, D, E, F, dan seterusnya. Jika masalah yang dihadapi oleh 1 Orang dengan lainnya itu wajar-wajar saja, karena masalah yang dialami oleh 1 Orang saja dalam setiap detiknya sangat mungkin mengalami perbedaan ataupun perubahan.

Permasalahan hidup dan kehidupan sangatlah variatif baik dalam kondisi suka maupun sedih. Semua orang dalam setiap harinya tentunya selalu menghadapi ujian dari Yang Maha Kuasa. Ada kalanya ujian berupa hal yang menyenangkan, ada kalanya juga ujian berupa hal yang menyedihkan. Kedua jenis ujian tersebut harus dihadaapi dengan hati yang ikhlas agar seberat apa pun ujian itu dapat diselesaikan dengan sukses.

Orang yang sedang sedih biasanya merasa bahwa dirinya lah orang yang paling resah sedunia, ini menurut saya karena kadang saya merasa demikian, semoga para pembaca tidak pernah merasa seperti itu. Aamiin.Seseorang yang sedang menghadapi ujian berupa kesedihan seringnya akan lebih merasa bahwa ini adalah ujian dari Sang Kuasa, akan tetapi jumlahnya masih relatif sedikit tipe orang yang dapat merasakan bahwa hal yang menyenangkan itu haqiqinya juga sebuah ujian dari Sang Pencipta.

Jika sesorang sedang diuji dengan kesedihan biasanya akan lebih mendekatkan diri kepada Pencipta, dalam artian kesedihan dapat lebih mendekatkan sesorang akan Penciptanya, kesedihan juga dapat melatih seseorang untuk lebih pandai mensyukuri nikmat-nikmat yang telah diterimanya dari Yang Maha Adil.

Bagaimana caranya menghilangkan rasa gelisah ?

Jika seseorang sedang dilanda gelisah, otomatis akan mencari cara agar kegelisahannya dapat terobati. Cara dalam mengobati rasa resah pun sangat banyak macamnya, tergantung dari jenis penyebab rasa gelisah itu sendiri. Namun ketika saya ingat syair pujian yang sering dilantunkan oleh para Muadzin di Masjid/Musholla saat menunggu Imam Sholat, kesimpulan saya apa pun masalahnya maka kesedihan itu dapat lenyap tatkala seseorang lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.

Syair-syair pujian yang sering dilantunkan oleh para Muadzin ternyata sangat ampuh untuk mengobati hati seseorang yang sedang gelisah ( kepada yang Non Islam, mohon  maaf ya karena ini mengandung ajaran Islam ). Adapun 5 Obat Hati Gelisah yang dimaksud dalam Syair Pujian para Muadzin adalah sebagai berikut :

1. Membaca Kitab Suci Al-Qur'an dengan mengingat maknanya.

Obat hati yang pertama yaitu membaca Al-Qur'an dengan meresapi maknanya, jadi tidak sekedar mengingat terjemahannya tapi lebih khusus yang dimaksud di sini adalah menelaah makna dari ayat-ayat suci Al-Qur'an yang telah dibacanya maupun sebelum atau setelah membacanya. Dengan wasilah membaca Al-Qur'an dan mengingat maknanya maka hati ang gelisah akan terobati sehingga akan merasa senang dan tenang.
Bagaimana jika tidak mengetahui terjemahan dari ayat Al-Qur'an ?
Apakah jika Al-Qur'an dibaca tanpa mengetahui terjemahannya juga dapat sebagai obat hati?, jawabannya YA tentu khasiatnya juga akan terasa bagi pembaca Al-Qur'an walaupun yang membaca belum tahu terjemahannya. Jadi santai saja karena Allah Maha mengetahui, akan tetapi seyogyanya kita tetap berusaha untuk belajar agar tahu terjemahannya karena belajar itu hukumnya wajib sejak kita lahir sampai di liang lahad.

2. Melaksanakan Sholat Sunnah

Untuk menghilangkan rasa sedih, selain Sholat Wajib yang 5 waktu, sholat sunnah juga sangat mujarab sebagai obat rasa gelisah. Misalnya sholat  sunnah qobla dan ba'da sholat wajib, tahajud, dhuha, hajat, dan sholat-sholat sunnah lainnya.

3. Dzikir Malam yang lama

Obat hati yang ketiga yakni dengan memperbanyak dzikir di waktu malam, tentunya dzikir pada siang hari pun tetap harus dilaksanakan. Yang dimaksud dzikir malam yang lama adalah melaksanakan dzikir ( mengingat Allah ) di waktu malam, dzikir itu bisa dalam bentuk sholat sunnah tahajud yang selanjutnya dzikir dengan mengucapkan kalimah/lafadz tasbih, tahmid, takbir, istighfar, dan kalimah-kalimah baik lainnya.

5 Obat Hati Gelisah


4. Mengosongkan Perut

Mengosongkan Perut dengan menjalankan Ibadah Puasa ( Wajib dan Sunnah ) dapat sebagai obat hati yang resah karena saat kita berpuasa maka kita cukup mudah untuk mengendalikan hawa nafsu.

5. Berkumpul dengan para 'Ulama

Obat gelisah yang kelima yaitu berkumpul dengan para 'Ulama. Dalam pembahasan ini yang dimaksud berkumpul dengan para Ulama adalah mengunjungi Ulama ( Ustadz/Kyai ) untuk memperdalam ilmu agama. Bisa juga dengan cara mengunjungi majlis ta'lim musiman seperti acara pengajian umum/akbar.

Demikian pembahasan tentang 5 Obat Hati Sedih. Semoga bermanfaat.
Facebook Twitter Google+

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top