Blog Gado-Gado_Multi Niche

3 Syarat Wajib Puasa Ramadan Menurut Kitab Fathul Qoriib

Syarat Wajib Puasa Ramadhan-Sobat Pembaca, siapa yang diwajibkan berpuasa Ramadan?, menurut kitab taqrib ( Fathul Qoriib ) ada 3 syarat wajib puasa Ramadhan yakni orang Islam, Mukallaf (orang yang  baligh dan berakal sehat ), dan mampu menjalankan puasa.

Sobat Pembaca, sebelum saya sedikit menjelaskan tentang ketiga syarat puasa Ramadan tersebut, terlebih dahulu saya sampaikan bahwa ada beberapa versi tentang berapa jumlah syarat wajib berpuasa, mungkin sobat pernah membaca bahwa syarat wajib puasa Ramadan itu ada 4, dan mayoritas yang pernah saya baca di internet itu menjelaskan bahwa ada 5 syarat wajib puasa Ramadhan.

Sebenarnya baik yang menjelaskan 3, 4, atau 5 pada dasarnya sama dan benar semua, jadi sebaiknya sobat tidak usah mempermasalahkan jumlahnya karena letak perbedaannya hanya faktor jumlah yang haiqiqinya hanya 1 pembahasan yang disampaikan dengan cara yang berbeda.

Sobat Pembaca, seperti yang saya sebutkan dalam judul bahwa musyawarah tentang siapa saja yang diwajibkan melaksanakan puasa Ramadan adalah ulasan menurut pemahaman saya dalam mempelajari kitab Fathul Qoriib.

Selain dari kitab yang juga disebut Taqrib itu, saya juga mengambil referensi dari kitab Sulam Taufik. Jadi saya mohon kepada pembaca semua tolong diingatkan jika saya dalam memahami tidak benar karena di sini sifatnya musyawarah tentang ilmu, agar saya dapat lebih memahaminya dan juga dapat mengedit tulisan di halaman ini.

Orang yang diwajibkan berpuasa ramadhan

Syarat Wajib Puasa Ramadan
Foto Fathul Qoriib Halaman 25 

Sobat Pembaca, pada kesempatan yang berbahagia ini marilah musyawarah tentang syarat wajib puasa Ramadhan kita mulai, pertama kita bahas bersama seperti apa yang terlihat di pinggir halaman pada foto fathul qoriib bahwa ada 3 syarat wajib puasa, akan tetapi dalam kalimat berikutnya yang disebutkan terlihat 4 syarat yakni Islam, baligh, berakal, dan mampu menjalankan puasa.

Mengapa demikian?, maaf ini saya tidak mengaitkan dengan ilmu tata bahasa Arab ( nahwu dan shorof ) akan tetapi di sini saya kaitkan dengan pembahasan di kitab sulam taufik yang menyebutkan bahwa wajib berpuasa Ramadan bagi semua orang islam yang mukallaf ( baligh dan berakal ).

Jadi sebenarnya mau dibilang 3 atau 4 itu sama saja ( maaf saya tidak membahas yang 5 ), jika sobat mau menambahkan pembahasan yang 5, tolong di kolom komentar atau bisa dikirim melalaui email (dienjisyamsu@gmail.com )

Sobat Pembaca, selanjutnya mari kita pelajari pada kalimat yang pada foto di atas ditunjuk oleh tanda panah yang menyebutkan bahwa ada 4 Syarat wajib puasa seperti keterangan berikut :

1. Islam
Syarat wajib pertama  yang harus dipenuhi adalah beragama Islam, jadi selain orang Islam tidak diwajibkan berpuasa.

2. Baligh
Untuk lebih memahami tentang pengertian baligh, kita dapat melihat tanda-tanda orang baligh.

Tanda-tanda baligh bagi kaum adam/laki-laki

  • Bermimpi keluar sperma ( air mani ) jika sudah berumur 9 tahun, apabila sampai umur 15 tahun belum mimpi keluar air mani maka tetap dikategorikan baligh ( penanggalan yang dipakai untuk menghitung umur adalah kalender hijriyah ). Pada umumnya orang laki-laki itu tidak sekedar mimpi, akan tetapi saat tidur bermimpi keluar sperma dan biasanya saat itulah keluar beneran. Terbukti ketika bangun, celana atau sarungnya basah oleh air mani.
Apakah anak Islam yang belum baligh tidak boleh berpuasa ?

Jawabannya adalah boleh banget, bahkan bagi orang tua yang memiliki anak kecil yang belum baligh, diharuskan melatih anaknya agar anak tersebut berpuasa sebagai latihan sehingga ketika baligh sudah terbiasa berpuasa. Adapun pahalanya adalah untuk anak tersebut dan orang tuanya.

Tanda-tanda baligh bagi kaum hawa/perempuan
  • Keluar air mani jika sudah berumur 9 tahun atau lebih
  • Keluar darah haid jika sudah berumur 9 tahun atau lebih
  • Jika sudah genap berumur 15 tahun akan tetapi belum pernah keluar mani atau haid maka tetap dikategorikan sudah baligh
Apakah perempuan yang sedang haid wajib mengqodo/nyarutang puasa yang ditinggalkannya selama haid?

Ya wajib nyarutang di bulan lainnya dan di hari yang tidak diharamkan untuk berpuasa

Apa hukumnya jika perempuan haid tetap berpuasa dengan alasan malas untuk mengqodo ?

Apapun alasannya, perempuan tetap haram menjalankan puasa

3. Berakal Sehat
Syarat wajib berpuasa yang ketiga yaitu berakal sehat

4. Mampu menjalankan puasa
Untuk lebih memahami pengertian mampu yang di maksud dalam bahasan ini mari kita pelajari :

Siapa yang diperbolehkan tidak menjalankan puasa Ramadan atau diperbolehkan berbuka puasa sebelum waktunya tiba?

  • Musafir ( orang yang dalam perjalanan jauh ) boleh tidak berpuasa. Ukuran jauh di sini sama dengan bahasan pada ilmu perjalanan jauh yang memperbolehkan sholat diqosor
  • Orang sakit yang kiranya jika dia memaksa dirinya berpuasa, sakitnya akan lebih parah
  • Orang hamil yang jika dia memaksa dirinya berpuasa akan menyebabkan kondisi yang bersangkuatan atau janinnya jadi tidak baik ( jika merasa kuat sebaiknya berpuasa saja )
Baik musafir, orang sakit, dan orang hamil, semuanya wajib mengganti puasa yang ditinggalkannya.

Demikian tentang Syarat Wajib Puasa. Semoga bermanfaat. Jika ada hal yang beda pemahaman dengan yang saya tuliskan di atas, mari kita musyawarah di kolom komentar.
Facebook Twitter Google+

2 komentar

Syaratnya sebenarnya mudah sayangnya ada sebagian saudara kita yang enggan untuk berpuasa padahal hukumnya wajib

Ya itu tergantung kadar keimanan masing-masing bos, dan masuk wilayah privasi masing-masing juga

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top