Blog Gado-Gado_Multi Niche

Awal Puasa 2015; Penetapan 1 Ramadan 1436 H

Puasa 2015- Dua hari lagi bulan Ramadan 1436 H tiba. Untuk penetapan Ramadan tahun 1436 H antara NU dan Muhammadiyah sudah kompak bahwa tanggal 1 Ramadan bertepatan dengan tanggal 18 Juni 2015.

Menurut ketua  Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( LAPAN ), Thomas Djamalludin, kemungkinan besar mulai tahun 2015-2022 akan terjadi penetapan awal Ramadan dan Hari Idul Fitri yang sama atau kompak.

Umat Islam Indonesia tentunya sangat merasa lega dan gembira dengan adanya penetapan Ramadan yang seragam karena potensi gesekan-gesekan kecil di akar rumput tidak akan terjadi seperti tahun sebelumnya.

Hari ini ( 15 Juni 2015 ) nuansa Ramadan sudah sangat terasa. Lalu lalang orang Islam yang pergi ke makam untuk nyekar atau ziarah kubur pun sudah sangat ramai.

Sobat Pembaca, penyambutan bulan Ramadan memang sungguh luar biasa dibanding bulan-bulan Hijriyah yang lain. Menurut keterangan yang saya dengar dari para Kyai bahwa "barang siapa yang merasa senang akan datangnya bulan suci Ramadan maka Allah mengharamkan jasadnya untuk masuk neraka".

Demikian tentang Awal Puasa Ramadan tahun ini. Semoga kita mendapat barokahnya bulan Ramadan. Aamiin
Facebook Twitter Google+

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top