Blog Gado-Gado_Multi Niche

Buka Bersama di Masjid Kauman Gombong

Catatan Syamsu-Buka Bersama-Rasanya baru kemarin sore bulan Ramadan datang, akan tetapi tak tersa ternyata hari ini sudah memasuki hari ke-4 Ramadan 1436 H / 2015 Masehi. Memang hari terasa begitu cepat, apalagi untuk mengingat untuk awal Ramadan tahun ini, lah untuk Ramadan waktu saya masih kecil pun masih sangat terasa sampai sekarang.

Sobat Pembaca, dulu ketika saya masih muda, he he,,,yaitu saat semangat muda untuk mencari pekerjaan yang cocok untuk seorang Syamsu, ketika bulan Ramadan saya sering berdagang sampai waktunya tidak memungkinkan jika harus memaksa menggayuh sepeda ontel nyampai gubug saya di waktu yang tepat untuk berbuka puasa, sehingga saya seringnya ikut berbuka bersama di Masjid Kauman Gombong Kabupaten Kebumen.

Masjid Kauman Gombong Kebumen
Foto Masjid Kauman Gombong Kebumen

Sobat Pembaca, dulu saya sering berbuka pusa bersama di Masjid kauman Gombong pada tahun 1999-2003. Menurut keterangan dari ketua Ta'mir Masjid saat itu ( Pak Sugeng ) yang sekarang sudah Almarhum, bahwa setiap bulan Ramadan pengurus Masjid Kauman Gombong mengadakan kegiatan ibadah sodaqoh dengan cara menyediakan makanan dan minuman untuk siapa pun yang ingin berbuka bersama di masjid tersebut.

Adapun jadwal tentang siapa saja yang akan bersodaqoh makanan dan minuman sudah dijadwal dengan rapi sehingga tidak pernah ada makanan yang mubadzir. Ya setiap menjelang waktu buka, masyarakat sekitar masjid Kauman Gombong  yang hari itu mendapat jadwal, sudah mengantarkan makanan dan minumannya.

Menariknya, acara buka bersama seringnya diikuti oleh siapa pun dan orang dari mana pun yang kebetulan saat waktu maghrib akan menjalankan shalat di Masjid Kauman. Ya dari yang jalan kaki, yang naik sepeda ontel ( seperti saya ), motor, mobil, semua kendaraan diparkir dengan rapi, selanjutnya salah satu dari kami memimpin do'a yang diamini oleh semua yang mengikuti buka bersama.

Terimakasih ya Pengurus masjid dan masyarakat yang telah bersodaqoh memberikan makanan dan minuman untuk berbuka puasa Ramadan. Semoga Allah SWT memberi pahala yang banyak, sehingga kalian semua masuk surga. Karena surga itu sangat merindukan empat golongan yakni Orang yang rajin membaca Al-Qur'an, Orang yang menjaga mulutnya dari perkataan keji dan mungkar, Orang yang memberikan makan kepada orang yang lapar ( termasuk kepada orang yang akan berbuka puasa, dan Orang yang berpuasa Ramadan.

Demikian kenangan saya Buka Besama di masjid Kauman Gombong. Semoga kita dapat mengambil hikmahnya. Aamiin

Baca juga Rindu Nuansa Ramadan Tempo Dulu
Facebook Twitter Google+

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top