Blog Gado-Gado_Multi Niche

Buruh Kerja Membuat Angka 8

Buruh Membuat Lanting- Jam menunjukkan pukul 04.13 WIB, para pengurus Masjid dan Musholla di desaku tengah membunyikan rekaman lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an yang terdengar sangat merdu. Rembulan pun mulai tengah berada di ufuk barat. Ini pertanda waktu Shubuh menjelang tiba.

Tiba-tiba terdengar suara sepeda motor yang berhenti di halaman gubukku. Aku pun tidak merasa kaget karena sudah rutin jika anatara pukul 04.00 - 05.00 WIB juragan lanting mengantar bahan baku angka 8 untuk segera dibuat lanting.

Bahan baku lanting yang akan dibuat seperti angka delapan bentuknya seperti mie namun ukurannya lebih besar yakni seukuran lanting yang ernah sobat nikmati. Jika sobat belum pernah makan lanting, boleh saja pesan lanting ke para penjualnya.he he

Apabila sobat belum pernah melihat bahan baku lanting, coba amati saja ya foto di bawah ini, tapi harap maklum karena gambarnya tidak begitu jelas.

Bahan Baku Makanan lanting khas kebumen

Gambar Bahan Baku Lanting Setengah Jadi  ( Ewed )

Jika gambar di atas kurang dekat, ni hasil jepretan yang lebih dekat lagi. Ya ini hanya di bawah ini juga hanya gambar bahan baku lanting yang saya foto dengan jarak dekat. Terlihat jelas  setumpuk bahan lanting yang ditempatkan pada bahan plastik yang sering disebut dengan nama jolang/bak yang sebenarnya fungsi aslinya adalah sebagai penampung air.

Lanting terbuat dari ketela

Ya gambar bahan baku lanting di atas sering disebut ewed, dalam bahasa yang lebih enak dapat dikatakan bahwa definisi ewed adalah bahan baku lanting setengah jadi sebelum proses pembuatan atau pembentukan lanting menjadi angka delapan. Untuk melihat gambar lanting yang sudah menjadi angka 8 tetapi belum digoreng silahkan lihat gambar lanting di bawah ini:

Lanting merah dan putih kebumen

Gambar Lanting Sebelum digoreng

Tempat nasi berwarna biru ( bahasa jawanya CETING ) itu digunakan untuk alat takar, jika pekerja bundel mendapatkan 1 ceting maka mendapatkan upah Rp. 1.700,00.

Lanting Lemah Duwur Kuwarasan kebumen

Lanting Lemah Duwur Keacamatan Kuwarasan Kebumen

Ewed ada yang berwarna putih dan ada yang berwarna merah dan kuning, tergantung para juragan lanting dalam mewarnainya. Yang warna asli adalah yang putih. Kemudian bagaimana cara membuat baku tersebut sehingga menjadi lanting yang siap untuk digoreng?, silahkan cek Cara Membuat Lanting Khas kabupaten Kebumen

Bahan lanting tersebut selanjutnya dibentuk menjadi angka 8 oleh para buruh kerja bundel ( sinonim membuat lanting adalah bundel ) yang mayoritas adalah para Ibu Rumah Tangga termasuk istriku juga hampir setiap hari ikut kerja bundel.

Kebetulan gubugku termasuk salah satu tempat pembuatan lanting, adapun bahan bakunya dari juragan lanting yang rumahnya di desa sebelah yakni desa Lemah Duwur Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen.

Singkat kalimat, setelah bahan lanting telah selesai dibuat menjadi angka 8 selanjutnya diambil oleh juragan lanting untuk digoreng dan dikemas dengan kemasan per kantong seberat 5 kg.

Demikian info pagi tentang Proses Pembuatan Lanting Khas Kebumen. Semoga menambah pengetahuan sobat.
Facebook Twitter Google+

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top