Blog Gado-Gado_Multi Niche

Cara Ampuh Agar Kentut Tidak Berbunyi: Edisi Humor : Detektif Kentut

Cara Agar Kentut Tidak Bunyi- Sobat Pembaca, kentut adalah salah satu nikmat yang diberikan oleh Tuhan kepada kita. Kentut juga sebagai indikasi bahwa kita sehat. Orang yang tidak bisa kentut berarti tidak sehat. Bersyukurlah jika kita bisa kentut, karena jika kita tidak bisa kentut akan berakibat tidak baik pada tubuh kita. Banyak cerita nyata, orang yang membayar 1 kali kentut dengan biaya ratusan ribu, bahkan jutaan rupiah.

Definisi Kentut
Flatulensi adalah keluarnya gas melalui anus atau dubur akibat akumulasi gas di dalam perut (terutama dari usus besar atau kolon). Peristiwa keluarnya gas disebut juga kentut atau sering disebut juga buang angin. Kentut biasanya ditandai dengan rasa mulas di perut.

Dan biasanya berbau busuk.Ini sering menjadi pertanda kalau seseorang:
  • Kelebihan makan makanan tertentu.
  • Ingin buang air besar.
  • Mengalami efek samping obat-obatan tertentu.
  • Menderita konstipasi atau sembelit.
  • Sedang masuk angin.
Kandungan Gas Kentut
Gas ini terutama berisi: nitrogen, oksigen, metan (diproduksi bakteri atau kuman dan mudah terbakar), karbondioksida, hidrogen dan lain-lain. Gas yang keluar dapat berbau menyengat akibat kandungan gas bergugus indol atau hidrosulfida (S-H) yang tercampur. Indera penciuman manusia cukup reaktif terhadap senyawa-senyawa yang mengandung gugus ini. Bisa saja kentut terbakar, karena kentut mengandung metana dan hidrogen yang bersifat mudah terbakar. Kalau terbakar, nyala apinya berwarna biru karena kandungan unsur hidrogen. Tetapi gas kentut tidak akan terbakar dalam kondisi normal karena konsistensinya lain. Juga suhunya tidak cukup panas untuk memulai pembakaran.

Fermentasi bakteri dari proses pencernaan memproduksi panas, hasilnya adalah gas busuk. Ukuran gelembung gas lebih kecil, hangat dan jenuh dengan produk metabolisme bakteri yang berbau busuk. Kemudian gas ini menjadi kentut, walau hanya kecil volumenya. Maka dari itu kentut yang busuk itu biasanya bersuhu hangat dan tidak bersuara.

Persentase kandungan gas dari gas kentut yang tidak berbau:[1]
  • Nitrogen: 20–90%
  • Hidrogen: 0–50%
  • Karbon dioksida: 10–30%
  • Oksigen: 0–10%
  • Metan: 0–10%
Penyebab Kentut
Penyebab kentut selain faktor kandungan dalam makanan yaitu udara yang tertelan, makan terburu-buru (apalagi tanpa dikunyah), meminum soft drink, naik pesawat udara (karena tekanan udara lebih rendah), sehingga gas di dalam usus mengalami ekspansi & muncul sebagai kentut.

Kacang-kacangan mengandung zat gula yang tidak bisa dicerna tubuh. Gula tersebut (raffinose, stachiose, verbascose) jika mencapai usus, bakteri di usus langsung membuat banyak gas. Jagung, paprika, kubis, kembang kol, dan susu juga merupakan penyebab banyaknya frekuensi kentut (tetapi bukan baunya)

Mekanisme Kentut
Kentut keluar melalui lubang dubur karena kepadatannya lebih ringan. Gerak peristaltik usus mendorong isinya ke arah bawah. Tekanan di sekitar anus lebih rendah. Gerak peristaltik usus menjadikan ruang menjadi bertekanan, sehingga memaksa isi usus, termasuk gasnya untuk bergerak ke kawasan yang bertekanan lebih rendah, yaitu sekitar anus. Dalam perjalanan ke arah anus, gelembung-gelembung kecil bergabung jadi gelembung besar. Kalau tidak ada gerak peristaltik, gelembung gas akan menerobos ke atas lagi, tapi tidak terlalu jauh, karena bentuk usus yang rumit & berbelit-belit. Itulah kenapa gas kentut tidak melakukan perjalanan ke tubuh bagian atas

Banyak kentut yang diproduksi dalam sehari rata-rata setengah liter dalam setiap 14 kali kentut. Rata-rata, seseorang yang kentut 10 hingga 20 kali sehari masih dianggap normal. Dalam frekuensi normal, kentut merupakan hal yang sehat karena menandakan sistem pencernaan khususnya gerakan peristaltik usus hingga anus berjalan dengan normal
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Flatulensi


Cara Agar Kentut Tidak Berbunyi


Sumber Gambar : http://thesubagja.blogspot.com/

Cara Agar Kentut Tidak Berbunyi

Apabila sobat sedang bersama teman-teman, dan kebetulan ingin kentut/kebelet kentut akan tetapi malu untuk mengeluarkannya, maka kelurakanlah, jadi jangan sampai menahan kentut karena dikawatirkan malah jadi penyakit.

Cara agar kentut tidak bunyi adalah dengan cara merenggangkan anus kita. Untuk merenggangkan anus bisa dilakukan dengan cara merubah gaya duduk atau bisa juga dengan bantuan tangan kita.( jika posisi sedang duduk )

Bagaimana jika kita sedang dalam posisi berdiri?

Jika kita sedang berdiri dan kebelet kentut tentunya sangat terlihat gerakan kita dalam merenggangkan anus, untuk mengantisipasi hal ini lebih baik melarikan diri saja dengan cara :
  • Pura-pura mau pipis ke kamar mandi
  • dan pura-pura yang lain, intinya kita kentut tidak di tempat semula 
Edisi humor tapi boleh dicoba, 90 % hasilnya akurat..he he

Cara Mengetahui Orang yang Kentut tanpa bunyi
Di manapun sudah sering tiba-tiba terjadi saling tuduh antara yang satu dengan yang lain apabila ada salah satu dari mereka yang mengelurakan kentut berbau busuk. 

Bagaimana cara mengetahui pelaku kentutnya?

Cara orang jawa, ada istilah "pitik ngendog ya mesti petok" yang maksudnya sudah menjadi kebiasaan ayam betina kalau telurnya sudah keluar ya terus mengadakan pengumuman dengan suaranya yang khas yakni kokok petok,,kok,,kok,,,kok,petok...,he he he he

Dari kebiasaan ayam di atas, dapat kita ambil ilmunya sebagai dasar untuk mengetahui orang yang kentut tapi tidak mau mengaku alias mau menyembunyikan jika  dirinya lah yang sebenarnya mengeluarkan kentut.

Biasanya orang yang kentut kan mengawali bertanya kepada teman-temannya "Hayo siapa yang kentut?" sebagai senjata agar tidak diketahui bahwa dirinya kentut. Lempar batu sembunyi tangan istilah peribahasanya. Nah dengan dasar "pitik ngendog mesti petok", dapat dikatakan 90% pelaku kentutnya adalah yang pertama kali bertanya itu. he he

Sebenarnya  ini hanya humor, tapi bukan asal humor loh,,karena itu berdasarkan pengalaman saya dalam mendeteksi pelaku kentut. wkwkwk

Demikian tentang Cara Jitu Agar Kentut Tidak Bunyi. Adapun untuk edisi humornya bisa dicoba, hitung-hitung jadi detektif kentut. he he
Facebook Twitter Google+

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top