Blog Gado-Gado_Multi Niche

Cara Membuat Minuman Kopi Resep Syamsu

Cara Syamsu- Sekedar Cerita Pengalaman dan Hasil Olah Asal Mikir- Mengapa kopi yang dibuat dengan wadah gelas kaca lebih nikmat daripada gelas plastik ?.Sobat Pembaca, sejarahnya  kopi berasal dari bahasa Turki yakni kahveh, dalam bahasa Belanda disebutnya kaffie, dalam bahasa Inggris disebut coffie, dalam bahasa Arab disebut qahwah yang artinya kekuatan, kemudian dalam bahasa Indonesia dibakukan menjadi kopi.( referensi )

Sudah menjadi kesukaan sekaligus kebiasaan saya  kalau setiap pagi dan malam menyempatkan waktu untuk bersantai bersama keluarga dengan ditemani oleh minuman kopi. Malam ini saya ngopi sudah dua kali, he he. Karena istri saya sudah tidur, untuk kopi yang kedua saya membuatnya sendiri.

Sobat Pembaca, ini cerita saya tadi waktu membuat minuman kopi,,ha ha ternyata membuat kopi saja diceritakan oleh Syamsu. Begini sob, saat malam sudah semakin larut, saya pergi ke dapur dengan maksud untuk membuat minuman kopi.

Pertama, saya mengambil panci dan kuisi air kemudian saya rebus air tersebut. Ceklik, tombol kompor pun terdengar keras karena di keheningan malam. Sementara si api merah semu biru menyala dengan semangatnya dalam membakar panci yang berada di atasnya, saat itu saya pun menggunakan waktu untuk meracik adonan gula dan kopi.

Dengan gerak cepat aku mengambil gelas kosong dan sendok, kemudian mengambil 2 toples  yang berisi gula dan satunya berisi kopi. Selanjutnya saya membuka toples yang berisikan gula, ku ambil gula dengan menggunakan sendok dan langsung memasukkan ke dalam gelas, tak ketinggalan kopinya pun kumasukkan setelah gula lebih dahulu berada di dalam gelas. Air pun ternyata sudah mendidih, langsung deh saya tuangkan ke dalam gelas, kemudian kuaduk dengan sendok,,,selesai..jadilah minuman kopi yang siap untuk dinikmati.

Mengapa saya masukkan dulu gulanya daripada kopinya?

Menurut saya, jika yang dimasukkan kopinya dulu maka ga tahu kenapa kok rasanya kurang nikmat, seperti halnya fanatik saya ketika mau makan, jika sayurnya dulu yang di taruh di piring kok selera makanku jadi menurun. Kenapa ya sob? apakah ada sobat-sobat yang fanatik semacam ini?

Adonan Gula Kopi

Bahkan, kebiasaan saya sejak kecil kalau makan pun memilih piring yang itu-itu saja, kalau gonta-ganti piring kok saya merasa jadi kurang nikmat dalam menikmati makanan. Tak hanya itu, ketika saya makan menggunkan piring yang terbuat dari plastik juga rasanya jadi ga enak.

Begitu juga saya rasakan ketika saya membuat minuman kopi, pasti saya memilih gelas kaca karena jika pakai gelas plastik kok rasanya jadi ga enak. Gelas kaca pun saya masih milih yang warnanya tidak transparan ( adapun pada gambar di bawah ini memang saya sengaja pakai gelas kaca transparan agar air kopinya kelihatan ). Aneh atau tidak ya sob, kok saya merasakan begitu. Apakah sobat ada yang pernah merasakan seperti saya?

kopi


Sobat Pembaca, saya sudah sejak dulu mencari sebab kenapa minuman kopi yang dibuat dengan gelas kaca dan gelas plastik kok rasanya menurut saya lebih enak yang pakai gelas kaca. Kalau teman-temanku memang ada yang merasakan seperi saya, tapi juga kurang paham apa penyebabnya.

Sifat-sifat kaca dan plastik


Jawaban dalam batinku hanya begini " mungkin gelas plastik mengandung zat kimia jadi mampu mengubah rasa air kopi" tapi hatiku masih belum puas dengan batinku yang mengatakan demikian karena jika faktor zat kimia, mengapa juga saya lebih merasakan nikmat minum kopi pakai gelas yang tdak transparan.

Demikian edisi asal mikir dan asal menulis, karena minuman kopi sudah habis, cukup sekian dulu aaah. he he

Lendir sisa kopi dalam gelas kaca


Bagi sobat yang megetahui jawabannya baik jawaban secara akademis maupun jawaban subjektif, tolong berkomentar ya?


Facebook Twitter Google+

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top