Blog Gado-Gado_Multi Niche

Download Gratis Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan

Free Download Buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan-EYD-Sobat setia pembaca blog Cara Syamsu, penulisan kalimat dengan menggunakan tata bahasa yang sesuai dengan pedoman penulisan yang baku atau yang sudah masyhur dengan cara penulisan yang benar menurut Ejaan Yang Disempurnakan ( EYD ) memang mutlak kita butuhkan untuk dasar dalam kita mengucapkan  bahasa Indonesia dan juga sebagai pedoman dalam menulis buku, artikel, dan berbagai bentuk tulisan apa pun yang memakai bahasa Indonesia.

Salinan PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 46 TAHUN 2009 TENTANG PEDOMAN UMUM EJAAN BAHASA INDONESIA YANG DISEMPURNAKAN, yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 31 Juli 2009 ( terbaru ) terdiri dari 46 halaman-file PDF 265 KB.
Dalam buku ini tertanda Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA ( Menteri Pendidikan Nasional periode 22 Oktober 2004-22 Oktober 2009 ) dan buku tersebut disalin oleh Biro Hukum dan Organisasi Departemen Pendidikan Nasional, Dr. Andi Pangerang Moenta, S.H., M.H., DFM. NIP. 196108281987031003 ( Kepala Biro hukum dan Organisasi )

Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan-EYD
Pedoman Umum Ejaan bahasa Indonesia yang Disempurnakan

Sobat, kaidah penulisan dalam bahasa Indonesia sangat penting dan wajib dipelajari/dipahami oleh semua warga Indonesia, baik oleh anak pra sekolah, pelajar PAUD, pelajar jenjang SD/SLTP/SLTA, mahasiswa/mahasiswi, dan oleh para pendidik ( Guru/Dosen ), bahkan oleh Sarjana, Magister, Doktor, serta seluruh masyarakat yang peduli dengan bahasa persatuan Negara Republik Indonesia yang tercinta ini. Tentunya semua bangsa Indonesia harus menjunjung tinggi dan menerapkan/mempraktekkan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari baik dalam penggunaan bahasa lisan maupun tertulis.

Sobat, mengapa kita harus mengikuti kaidah terbaru dalam tata bahasa Indonesia?, ya karena dari tahun ke tahun atau dari masa ke masa sangat berpotensi adanya pengubahan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan. Hal ini terjadi karena begitu banyaknya kosa kata baru baik kosa kata serapan dari bahasa daerah/lokal maupun kata serapan dari bahasa asing/luar negeri.

Sebagai contoh kata "gede" yang aslinya adalah bahasa Jawa, sudah masuk menjadi bahasa Indonesia. Bagaimana cara membuktikan bahwa suatu kata sudah resmi menjadi bahasa Indonesia?, caranya mari kita manfaatkan Kamus Besar Bahasa Indonesia Online di situs http://kbbi.web.id/

Kamus Besar Bahasa Indonesia; http://kbbi.web.id/

Apabila kata yang sobat masukkan ternyata tidak ada/tidak ditemukan, berarti kata yang sobat cari memang bukan kata baku

Sobat, mohon maaf di sini saya sama sekali tidak bermaksud untuk menggurui sobat, lewat blog ini saya sifatnya hanya mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya para pembaca blognya blogger Kebumen yang sejak dulu masih dalam proses mempelajari tata bahasa Indonesia ini. He he, sebenarnya saya merasa kurang percaya diri untuk mengajak teman-teman, karena di halaman ini saja tentu masih banyak kesalahan penulisan. Untuk itu saya mohon saran/kritik para pembaca agar kiranya saya dapat lebih menguasai tata bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Demikian sekilas info tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Apabila sobat ingin download filenya, saya sudah mengarsipkannya di Google Drive sehingga sangat mudah untuk didownload. Jika sobat sudah mendownload filenya, silakan berbagi link downloadnya.

Khusus bagi para Blogger, silakan download juga linknya, dan jika sobat ingin mengupload ulang, saya harap sobat mengunggahnya di Google Drive sehingga memudahkan para pembaca yang ingin mengunduhnya.

Silakan: Download Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Semoga bermanfaat. Salam dari saya ( Blogger Kampung asli Kebumen Jawa Tengah ).


Facebook Twitter Google+

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top