04 Juni 2015

Foto Hasil Pengamatan Laba-Laba Menangkap Mangsanya

Edisi Khusus Pengamatan Laba-Laba Menangkap Serangga- Sobat Pembaca, sobat tentu sudah pernah melihat laba-laba, karena laba-laba sangat mudah kita dijumpai baik di rumah kita maupun di pekarangan. Laba-laba banyak jenisnya, tetapi yang pernah saya lihat hanya 2 jenis yakni laba-laba yang sering dijumpai di rumah dan pekarangan. Jika sobat ingin lebih dalam mengetahui definisi laba-laba dan jenisnya silahkan baca saja Definisi Laba-laba Menurut Wikipedia.

Laba-laba yang biasa saya dijumpai di rumah juga tidak hanya 1 jenis, akan tetapi entah termasuk jenis apa saja saya pun belum mengetahuinya. Yang saya tahu perut laba-laba dapat menghasilkan cairan sutra untuk membuat jaring dalam menjebak dan menangkap mangsanya.

Foto Laba-laba menangkap serangga

Foto ke-8
Foto Laba-laba Menangkap Serangga

Jaring laba-laba sering disebut lamat, atau ada juga yang menyebutnya sawang ( bahasa jawa ) mempunyai fungsi laba-laba. Jaring labalaba  saya sering jumpai di rumah biasanya susunannya kurang beraturan tidak seperti jaring laba-laba di pepohonan yang disebut nggarang gati ( bahasa jawa ). Jenis laba-laba yang di pekarang pun tidak hanya nggarang gati.

Sobat Pembaca, sebenarnya sudah lama saya mencari dan menunggu menemukan atau melihat laba-laba sebagai objek pengamatan, namun baru kali ini saya menemukan waktu yang tepat untuk mengamati peristiwa laba-laba dalam menangkap mangsanya.

Pengamatan saya lakukan di belakang gubuk saya, tepatnya di Desa Gandusari Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Waktu pengamatannya yaitu pada hari Rabu tanggal 3 Juni 2015. Objek yang saya amati adalah laba-laba pekarangan dan mangsanya dalam pengamatan saya kebetulan dari proses awal sampai cukup lama , ada semut  yang terperangkap di jaring laba-laba.

gambar sarang laba-laba di pepohonan

Gambar Sarang Laba-laba di antara pepohonan

Tujuan saya mengamati adalah ingin mengetahui bagaimana cara laba-laba dalam menangkap mangsanya. Pengamatan saya lakukan juga untuk menambah referensi di bidang ilmu pengetahuan yang mungkin kali ada para pelajar Indonesia yang membutuhkan ilmu tentang laba-laba dalam rangka memperdalam pengetahuan mereka.

Sobat Pembaca, di bawah ini foto-foto hasil pengamatan laba-laba, plungsungan laba-laba ( kulit yang mengelupas yang bentuknya seperti hewan aslinya ), dan serangga yang saya jepret dari bawah pohon di mana sarang laba-laba tersebut membuat jaringnya. Harap maklum fotonya kurang jelas karena sarang laba-labanya cukup tinggi.

1. Pertama saya mengambil gambar jaring laba-laba

Gambar Jaring Laba-laba

2. Terlihat laba-laba dan plungsungannya

Gambar Laba-laba dan plungsungan

3. Foto masih sama seperti pada nomor 2, jarak waktu hanya sekitar 10 menit dan saya ambil dengan lebih dekat

Gambar laba-laba pekarangan

4. Terus saya amati dari bawah pohon, tiba-tiba saya melihat beberapa semut terperangkap oleh jaring laba-laba

Gambar semut terperangkap oleh lamat jaring laba-laba

5. Laba-laba bersiap menangkap mangsanya

Gambar laba-laba dan mangsanya

6. Laba-laba mulai bergerak menuju sasarannya

Gambar laba-laba mau menangkap mangsa

7. Jarak laba-laba dengan semut semakin dekat

Gambar laba-laba menghampiri serangga

8. Akhirnya, kena deh

Gambar Laba-laba menangkap serangga semut

Demikian, hasil jepretan Syamsu dalam mengamati laba-laba menangkap serangga. Semoga bermanfaat

Oh ya Sobat, saya juga kemarin mengikuti perjalannya para ayam dalam mengais makanan, silahkan simak hasil Mengintip Perjalanan Ayam Kampung

Keterangan tambahan :

Sobat Pembaca, hasil foto-foto di atas hanya pengamatan bukan penelitian ( karena saya bukanlah ilmuwan ). Mohon jika sobat mau menyalinnya, tolong sertakan link sumbernya: http://www.carasyamsu.com/2015/06/foto-hasil-pengamatan-laba-laba.html. Semoga ini menjadi perhatian dan pengertian sobat.

0 Komentar Foto Hasil Pengamatan Laba-Laba Menangkap Mangsanya

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif di kolom komentar. Jika sobat ingin menautkan link blog, silakan pilih beri komentar sebagai Name/URL

Back To Top