Blog Gado-Gado_Multi Niche

Blogger Ramai-Ramai Membuat Artikel Berjudul/Topik Sudah Kuduga

Sudah Kuduga jika ada topik yang sedang ngetrend, para Blogger pun ikut meramaikannya dengan cara membuat artikel dengan judul yang sesuai topik ngetop tersebut, tak terkecuali saya yang dalam hal ini juga membuat tulisan dengan judul "Sudah Kuduga" hmm sudah terbukti kali ye,,he he.

Sobat Pembaca, ini kutipan info tentang " Sudah Kuduga ":
VIVA.co.id - Pria bernama Dion Cecep Supriyadi langsung tenar di dunia maya setelah fotonya dijadikan meme bertajuk 'hmmm... sudah kuduga'. Sayangnya, dirinya merasa keberatan jika foto itu terus menerus menyebar.

Hal ini disampaikan oleh istri Cecep, panggilan Dion Cecep Supriyadi, yang bernama Novy Waliyanti. Saat dihubungi VIVA.co.id, Jumat, 19 Juni 2015, Novy mengatakan jika hal itu sangat mengganggu dan merugikan suami, juga keluarganya.

"Meme di dunia maya kan kerap dijadikan bahan olok-olok. Jadi tidak penting juga kalau sampai dibesar-besarkan. Terus terang kami keberatan karena tidak ada juga keuntungannya buat kami. Justru malah kerugian, kami jadi merasa terganggu," ujar Novy, yang terpaksa menjawab telepon karena sang suami sedang beribadah Tarawih. Untuk melanjutkan infonya silahkan baca selengkapnya pada postingan asli dari VIVA.co.id : Sosok 'Sudah Kuduga' Keberatan Fotonya Dijadikan Meme

Pengertian Meme dan Internet Meme Menurut Wikipedia

1. Meme (biasa dibaca mim) adalah neologi yang dikenal sebagai karakter dari budaya, yang termasuk di dalamnya yaitu gagasan, perasaan, ataupun perilaku (tindakan). Berikut merupakan contoh meme: gagasan, ide, teori, penerapan, kebiasaan, lagu, tarian dan suasana hati.

Meme dapat bereplikasi dengan sendirinya (dalam bentuk peniruan) dan membentuk suatu budaya, cara seperti ini mirip dengan penyebaran virus (tetapi dalam hal ini terjadi di ranah budaya). Sebagai unit terkecil dari evolusi budaya, dalam beberapa sudut pandang meme serupa dengen gen.

Richard Dawkins, dalam bukunya The Selfish Gene, menceritakan apa dan bagaimana dia menggunakan istilah meme untuk menceritakan bagaimana prinsip darwinian untuk menjelaskan penyebaran ide ataupun fenomena budaya. Dawkins juga memberi contoh meme yaitu nada, kaitan dari susunan kata, kepercayaan, gaya berpakaian dan perkembangan teknologi.Selengkapnya baca di Wikipedia

2. Internet meme (/iconˈmiːm/; meem)adalah sesuatu yang menjadi terkenal melalui internet, seperti gambar, video, atau bahkan orang. Internet meme biasanya tercipta saat seseorang membuat atau mengunggah sesuatu di internet, dan menyebar secara luas. Kata meme dicetuskan oleh Richard Dawkins tahun 1976 melalui bukunya yang berjudul The Selfish Gene.

Internet meme dapat berbentuk pranala, video, gambar, laman web, hashtag, atau hanya sekedar kata atau ungkapan. Meme dapat menyebar dari orang ke orang melalui jaringan sosial, blog, surel, sumber berita, atau layanan berbasis web.( https://id.wikipedia.org/wiki/Meme_Internet )

Sobat Pembaca, jika kita keberatan apabila foto yang kita unggah lewat internet pada suatu saat dijadikan meme oleh pengguna internet, maka sebaiknya kita berhati-hati dalam menyeleksi tentang mana foto yang berpotensi dijadikan meme dan mana yang kecil potensinya, karena semua pengguna internet apalagi para anak muda sekarang itu sangat pandai mencari foto/gambar yang kiranya pas untuk dijadikan meme sesuai dengan topik yang sedang dibicarakan atau sebagai bahan obrolannya.

Dengan kata lain, semua pengguna internet yang sudah berani mengunggah fotonya harus berani juga menanggung risikonya jika suatu saat foto yang diunggah dijadikan meme oleh pengguna internet yang lain. Akan tetapi bukan berarti para pengguna internet bebas menjadikan foto orang lain sebagai meme, jadi wajib pakai etika publikasi sehingga pihak yang fotonya dijadikan meme tidak merasa rugi maupun merasa dilecehkan.

Apakah foto sobat pernah dijadikan meme ?

Mungkin semua pengguna internet sudah pernah melihat bahwa foto yang diunggahnya telah dijadikan meme oleh teman ataupun oleh pengguna unternet yang tidak dikenalnya. Akan tetapi foto yang dijadikan meme tersebut kebetulan hanya digunakan oleh sebagian kecil pengguna internet sehingga tidak sampai heboh seperti hmmm " Sudah Kuduga" dengan berbagai variasi tambahan kata-katanya.

Seperti halnya yang terjadi pada teman-teman, salah satu foto saya juga pernah dijadikan meme, dan Alhamdulillaah hanya dijadikan meme oleh anggota komunitas di media sosial sehingga tidak menyebar luas.

Sudah Kuduga Foto Cara Syamsu Dijadikan Meme dengan kata Sip

Cara Syamsu

Sobat Pembaca, foto di atas pernah dijadikan meme dengan berbagai tambahan kata atau kalimat yang menempel di foto seperti : sip, joz, benar kata syamsu, mantap, ok, dan kata-kata lainnya. Foto tersebut adalah foto Cara Syamsu pada tahun 2012 dan pernah dijadikan meme pada tahun 2013.

Demikian sekilas info tentang Blogger Ramai-Ramai Membuat Artikel dengan Topik Sudah Kuduga. Mari kita berhati-hati jika akan menjadikan foto orang lain menjadi meme agar tidak ada yang merasa dirugikan atau dilecehkan. 

Baca juga Cara Membuat Blog Ramai Pengunjung


Facebook Twitter Google+

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top