Blog Gado-Gado_Multi Niche

Mengintip Perjalanan Ayam Kampung

Edisi Khusus Hasil Pengamatan Kehidupan Ayam-Dunia Hewan- Ayam adalah salah satu hewan yang habitatnya di darat. Ayam termasuk hewan pemakan tumbuhan dan hewan lain sehingga masuk dalam kategori omnivora. Ayam jantan memiliki ciri khusus yakni taji ( bahasa jawanya : jalu ) yang berfungsi melindungi diri dari serangan musuh.

Jenis ayam bermacam-macam ada ayam kampung, bangkok, kate, hias, bekisar, pelung, ketawa, bali, sumatra, ayam kedu, dan jenis ayam yang lain. Lebih khusus dalam bhasan ini adalah jenis ayam kampung juga ada berbgai jenis ayam berdasarkan bulunya seperti ayam jali, hitam/biasa, wedo, cemani /kulit hitam, dan sebagainya.

Sobat Pembaca, pada siang hari ini saya mau iseng-iseng mengintip perjalanan ayam karena saya penasaran sebenarnya mau kemana sih ayam jantan yang terlihat sedang berjalan di pekarangan belakang gubukku.

Ciri Khusus Ayam

Gambar Ayam Jantan ( Ayam kampung jenis jali )

Langkah demi langkah terus saya ikuti dari belakang kemana pun dia pergi. Tiba-tiba dari arah yang lain saya mendengar ayam jantan yang lain sedang berkokok, mungkin selain ayam berkokok itu sebagai waktu sudah pagi, sangat bisa jadi kokokkan ayam juga untuk memanggil teman-temannya baik yang jantan maupun betina. Ternyata benar seekor ayam jantan terlihat dari semak-semak pekarangan terkena jepretan kameraku.

Gambar Ayam sedang berkokok

Dalam hatiku berkata, wah target objekku sekarang ada dua ayam nih, oleh sebab itu saya harus membagi fokus perhatianku pada kedua ayam jantan tersebut. Akhirnya kedua ayam tersebut pun berjalan bersama di suatu tempat walaupun berjalannya agak berjauhan. Saat itu terlihat juga seekor kucing yang sedang asyik mencari kutu di tubuhnya.

Gambar 2 ayam jantan dan kucing

Kedua ayam tersebut terus berjalan sampai di suatu tempat. Ternyata mereka berdua sama-sama menuju sebuah tempat di mana di situ ada makanan, selain itu di sana juga sudah ada seekor ayam betina yang sudah cukup kenyang sebagai hasil dari mengais makanan di tempat sampah. 

Ayam jantan dan betina

Mereka bertiga nampaknya sangat asyik dalam bercakap-cakap walaupun masih terlihat sedikit ada rasa malu di antara ketiganya, mungkin karena mereka belum lama berkenalan. Setelah mereka semua kenyang merekaa pun beranjak untuk pergi, saya pun terus membuntuti kepergian mereka. 

Awalnya ayam jantan yang satu tidak mau diajak pergi, akan tetapi berkat ajakan si betina akhirnya ayam jantan ini mau bergabung lagi untuk melanjutkan perjalanan ( cara orang jawa, perjalanan ayam di waktu siang itu disebut dengan "saba" )

Ayam Jantan Meneruskan perjalanan

Dengan langkah perlahan-lahan, saya aktif memperhatikan mereka. Perjalanan cukup jauh untuk ukuran perjalanan mereka. Saya berfikir, sebenarnya mau kemana lagi mereka padahal semuanya sudah kenyang. 

Mungkin karena mereka sudah merasa lelah sehingga ketiganya beristirahat di bawah pohon pisang. Di bawah pohon pisang mereka berteduh dari sengatan sinar matahari sambil meneruskan obrolannya dan juga sambil berkipu dengan debu halus yang ditempatinya.

Gambar Ayam Sedang Istirahat

Demikian sekedar arsipku dalam mengintip kehidupan ayam. Terimakasih sobat telah membaca cerita bergambar ini dengan seksama. Baca juga Ciri-ciri Khusus Kucing dan Fungsinya atau silahkan lihat Kumpulan Foto Hasil Pengamatan Laba-laba Menangkap Semut

Keterangan tambahan :

Sobat Pembaca, cerita bergambar di atas adalah salah satu hasil pengamatan saya. Sobat Pembaca tentu sudah mengerti bahwa suatu pengamatan yang objeknya hewan pastinya tidak membutuhkan waktu yang sebentar dan hasil foto yang didapatkan pun tidak mungkin bisa terulang. Oleh karena itu bagi siapapun yang ingin mengutip tentang hasil pengamatan saya di atas, tolong wajib ijin terlebih dahulu. Makasih atas perhatian dan pengertiannya. 
Facebook Twitter Google+

2 komentar

Kalau berkokok terus ketika ada ayam jantan lain berarti itu seolah berteriak inilah aku dan ini daerah kekuasaanku, kalau dibiarin dan sama kuatnya bisa-bisa beradu itu ayam.
Ingat dulu waktu di desa, setiap pagi selalu mendengar ayam berkokok. cerita yang menarik mas syamsu.

Iya kemungkinan besar begitu bos, tapi untungnya ada ayam betina sehingga kedua ayam jantan tersebut malu jika beradu. he he
Ya bos, enak tinggal di desa lho daripada di kota ( kata orang kota)
kalau kata orang desa bisa jadi bilang enak tinggal di kota. he he

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top