Blog Gado-Gado_Multi Niche

Pasar Malam

Pasar malam adalah pasar yang melakukan transaksi perdagangan di malam hari. Berbagai barang dagangan atau jasa diperjualbelikan di sini. Pasar malam biasanya merupakan atraksi pariwisata penting di negara-negara sub-tropis dan tropis, ini berhubungan dengan suhu udara di malam hari yang tidak begitu dingin dibandingkan dengan wilayah beriklim dingin. Pasar malam sangat lazim terdapat di Hong Kong, Taiwan dan juga Asia Tenggara.( sumber : wikipedia )

Pasar malam di Indonesia ada dua jenis yakni pasar malam yang memang sudah memiliki tempat tetap ( seperti pasar malam malioboro Yogyakarta ) dan pasar malam yang tempatnya selalu berpindah-pindah dari wilayah satu ke wilayah lainnya di beberapa pulau di Indonesia.

Pasar Malam
Pasar Malam

Pasar malam yang dibahas di blog www.carasyamsu.com ini adalah yang tempatnya selalu berpindah-pindah. Dulu sewaktu saya masih kecil ( tahun 80-an dan 90-an ) pasar malam jenis ini di daerah kami ( kabupaten Kebumen ) hanya ada ketika akhir bulan Ramadan sampai sekitar H+ 15 perayaan Hari Raya Idul Fitri/Lebaran.

Waktu itu pasar malam tersebut tempatnya juga tetap berada di pasar Wonokriyo Gombong sebelah belakang atau saat itu ada di sekitar Masjid Pasar Gombong. ( sekarang sudah direnovasi menjadi stamplat/terminal mini bus dan angkot/angkudes.

Sahabat Cara Syamsu, dulu pasar malam sering disebut dengan istilah"dremolen' karena salah satu permainan yang ada di pasar malam adalah dremolen. Ya saat tahun 80-90-an masyarakat Kebumen khususnya daerah Gombong dan sekitarnya, khususnya lagi anak-anak dan remaja hanya bisa menikmati hiburan ini satu tahun sekali.

Pasar malam tempo dulu memang benar-benar ramai dan meriah, hiburan yang hanya 1 tahun sekali ini setiap malamnya dikunjungi oleh ribuan orang dari daerah kecamatan Gombong, Sempor, Rowokel, Ayah, Karanganyar, Kuwarasan, Adimulyo, dan wilayah kecamatan Gombong lainnya.

Sahabat Cara Syamsu, sejak dulu sampai sekarang pasar malam yang dikelola oleh bos pasar malam ini menyuguhkan 1 paket pelayanan yang terdiri dari berbagai dagangan seperti pakaian, mainan anak, makanan, dan dagangan lainnya, serta menyediakan permainan anak-anak dan remaja seperti dremolen, komedi putar, ombak banyu, dan berbagai jenis permainan anak yang dari tahun ke tahun selalu bertambah jenisnya.

Pasar malam biasanya dikelola oleh seorang bos/juragan yang bekerja sama dengan para pedagang dan penyedia jasa permainan anak-anak/remaja. Sejak tahun 2.000 pasar malam, khususnya di kabupaten Kebumen sering sekali dijumpai, bahkan setiap hari ada pasar malam walaupun memang tempatnya selalu berpindah-pindah.

Jangka waktu pasar malam di suatu tempat yang satu dengan lainnya pun tidak sama, ini tergantung kontrak perjanjian dengan pemda setempat. Bos pasar malam pun tentu sudah memperhitungkan sebelum menempati lapangan/tempat yang mau dikontraknya dengan memperhatikan jumlah penduduk dan tingkat antusias warga terhadap pasar malam. Menurut pengamatan saya, pasar malam itu minimal kontraknya setengah bulan.

Sahabat Cara Syamsu, di kecamatan Kuwarasan Kebumen, saya perhatikan dalam satu tahun itu ada 2-3 pasar malam yang biasanya bertempat di lapangan desa Mangli kecamatan Kuwarasan atau sekitar 300 meter ke arah utara dari pasar kebrek Kuwarasan.

Ya ini bedanya dulu dengan sekarang, di mana sekarang pasar malam berpindah-pindah dari kecamatan satu ke kecamatan lainnya. Kebetulan 3 tahun berturut-turut sejak tahun 2013-2015 di lapangan Mangli Kuwarasan pada bulan Ramadan ada pasar malam. Yang mana pasar malam ini sebelumnya ( sejak bulan syaban sampai sekitar tanggal 10 Ramadan ) bertempat di desa Selokerto kecamatan Sempor Kebumen.

pasar malam sempor gombong
Pasar Malam di Desa Selokerto, Sempor, Kebumen


Pasar malam di Kuwarasan dimulai pada malam Sabtu kemarin ( Jum'at 26 Juni 2015 malam Sabtu ) dan biasanya sebelum lebaran pasar malam ini sudah pindah tempat ke kecamatan, kemungkinan besar besok pindahnya ke kecamatan Gombong karena Gombong adalah letak yang paling strategis untuk mendatangkan pengunjung dari kecamatan-kecamatan di sekitarnya.

Sahabat Cara Syamsu, sejak Sabtu pagi anak saya sudah pesan minta mengunjungi pasar malam, dia mengajak saya untuk pergi ke pasar malam pada sore hari sekaligus ngabuburit, akan tetapi saya tidak mau dan saya berjanji pada anak saya untuk bersama-sama ke pasar malam setelah Sholat Tarawih.

Setelah saya dan keluarga selesai sholat tarawih, kami pun bersama-sama pergi ke pasar malam.Hmm, di jalan menuju pasar malam pun sangat ramai terlihat para anak kecil bersama orang tuanya dan para remaja putra/putri berbondong-bondong untuk mengunjungi tempat hiburan pasar malam di lapangan Mangli.

Terlepas dari apakah pasar malam mengganggu ibadah umat Islam di bulan Ramadan ini atau tidak, saya bilang ternyata pasar malam tahun ini sangat banyak pengunjungnya. Semoga saja umat Islam di daerah Kuwarasan dan sekitarnya bisa mengatur waktu sehingga tetap dapat beribadah di bulan suci ramadan ini dengan khusu. Aamiin.

Sahabat Cara Syamsu, ada berbagai jenis permainan pasar malam dan jenis dagangan yang ada, untuk lebih jelasnya akan saya sebutkan perinciannya walaupun mungkin tidak dapat saya sebutkan semua.

Jenis permainan pasar malam antara lain sebagai berikut :

  1. Ombak Banyu-Permainan ombak banyu adalah sebuah permainan yang berupa ayunan yang alatnya berupa kayu, besi, dan lain-lain. Alat ombak banyu berdiameter kurang lebih 4 meter dan mempunyai 1 poros putar. Alat ini digerakkan secara manual oleh 1 atau 2 orang. Para pengunjung pasar malam yang menyukai jenis permainan ini mayoritas para remaja/ABG. Sebenarnya anak kecil pun suka, akan tetapi cukup sedikit yang berani numpak ombak banyu ini karena semua anak/remaja yang akan numpak ombak banyu memang harus punya keberanian yang cukup. Di mana saat pemutar ombak banyu sudah mulai memutarnya, biasanya penumpaknya pun bersorak gembira, merasa asyik dan tentunya merasakan merinding juga. Permainan pasar malam jenis ini sudah dikenal sejak tahun 80-an di daerah Gombong dan sekitarnya. Permainan ini juga termasuk yang paling digemari di kalangan remaja putra/putri. Saat naik ombak banyu harus pegangan erat ke sandaran kayu yang didudukinya agar tidak terjatuh.
    Ombak Banyu
  2. Undar-udaran/Komedi Putar-Permainan pasar malam ini juga sudah sangat dikenal sejak saya masih kecil ( tahun 80-an ). Komedi putar adalah permainan yang juga menggunakan alat kayu, besi, dan lain-lain dengan satu poros putar. Komedi putar sangat disukai oleh anak-anak balita sampai anak usia 9 tahunan karena pada permainan ini anak-anak bisa memilih kuda-kudaan, mobil-mobilan, dan sebagainya yang dipasang di atas alat permainan ini. Mayoritas yang naik permainan ini adalah anak-anak dan orang yang mendampinginya.
    Komedi Putar
  3. Kereta mini-Permainan ini mirip sekali dengan kereta betulan. Di mana ada rel dan keretanya. Hanya saja tempat/gerbong kereta mini ini dibuat seperti kuda, mobil, dan permainan menarik lainnya sehingga anak-anak pun suka naik kereta mini. Permainan ini digerakkan dengan bantuan mesin.
  4. Dremolem/Kincir Angin/Bianglala-Permainan ini tempat duduknya menyerupai molen dan bentuk secara menyeluruh seperti halnya kincir. Alat permaianan kincir angin gigerakkan dengan mesin. Untuk naik kincir angin memang butuh keberanian yang cukup tinggi, karena orang yang pertama kali naik permainan ini pada umumnya merasa takut.
    Biang lala-kincir angin-drumolem
  5. Perahu ayun-Permaian jenis berupa ayunan manual yang terbuat dari kayu dan didesain menyerupai perahu.
  6. Pesawat terbang putar/helikopter putar- Permainan pasar malam jenis ini juga cukup disukai oleh anak-anak karena tempat duduknya didesain menyerupai pesawat terbang/helikopter. Alat ini digerakkan secara manual
    Pesawat Terbang-Hlikopter Putar
  7. Rumah balon/Istana balon-Permainan pasar malam jenis ini juga sangat digemari oleh anak-anak, karena bentuknya yang menyerupai istana.
    Istana Balon
  8. Mungkin di pasar malam yang lain masih banyak jenis permainan pasar malam yang berbeda dengan yang saya saksikan. Untuk tahun ini saya tidak melihat permainan mandi bola, saya tidak tahu apakah memang tidak ada atau belum ada.
Dari beberapa permainan pasar malam di atas, untuk harga tiketnya berkisar antara Rp.7.000,00 - 10.000,00. Kebetulan anak saya naik helikopter putar dengan harga tiket/karcis Rp. 7.000,00 dan Rumah balon dengan tiket harga Rp. 10.000,00.

Sahabat Cara Syamsu, untuk permainan pasar malam cukup saya sebutkan 7 saja karena sesuai dengan yang ada di pasar malam yang saat ini ( Juni 2015 ) ada di daerah kami. Selanjutnya di bawah ini saya sebutkan berbagai jenis dagangan yang ada di pasar malam, walaupun hanya beberapa saja foto yang saya ambil, dan juga begitu banyaknya jenisnya sehingga saya sebutkan antara lain :
  1. Berbagai jenis pakaian pria/wanita dan anak-anak.
    Dagangan Pasar Malam
  2. Sepatu dan sandal
  3. Batu akik dan pernak pernik perhiasan mitasi
  4. Maianan anak-anak, sepeerti mobil-mobilan, tembak-tembakan, perahu-perahuan/otok-otok dan berbagai jenis mainan untuk anak-anak
  5. Roti bakar, aromanis, martabak, dan berbagai jenis jajanan lainnya
  6. dan lain sebagainya
Sahabat Cara Syamsu, selain dagangan yang disediakan oleh para penjual yang memang 1 paket dengan pasar malam, ada juga penjual lokal yang menjajakan barang dagangannya di luar area pasar malam seperti penjual bakso, mie ayam, gembus, dan lain-lain.

He he, kebetulan setelah kami selesai menikmati hiburan di pasar malam Mangli Kuwarasan, kami membeli gembus sekedar untuk oleh-oleh. Sobat, gembus/ makanan  terbuat dari singkong yang bentuknya seperti angka nol atau huruf o ini rasanya enak loh.hi hi.

Jajan Gembus
Gembus

Dengan adanya pasar malam, para pemuda atau masyarakat sekitar juga memiliki peluang menjadi penyedia jasa penitipan sepeda/sepeda motor. Biasanya persatuan pemuda mangli bersatu padu dengan kerjasama yang baik untuk menyediakan jasa penitipan kendaraan dengan ongkos jasa penitipan Rp. 2.000,00. Ada juga masyarakat yang secara mandiri membuka tempat penitipan kendaraan, yakni mereka yang kebetulan rumahnya berada di sekitar lapangan Mangli Kuwarasan Kebumen.

Sahabat Cara Syamsu, dmikian sekilas tentang Pasar Malam dengan berbagai jenis permainan dan dagangan yang ada. Semoga artikel ini bermanfaat. Selanjutnya, silakan baca Gembus Makanan Ringan dari Singkong Enak Nikmat.

Facebook Twitter Google+

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top