Blog Gado-Gado_Multi Niche

Pengrajin Batu Akik Kebumen

Pengrajin Batu Akik Kebumen-Sobat Pembaca, Kabupaten Kebumen menjadi lebih terkenal lagi di kalangan para pecinta batu akik, karena di Kebumen termasuk banyak batu akik yang bagus untuk dijadikan sebagai mata cincin. Batu akik yang terkenal di seluruh penjuru Nusantara bahkan sampai di luar negeri di antaranya: batu akik Karangsambung, Karanggayam, Lukulo, dan lain sebagainya. Adapun nama-nama batu akiknya seperti: batu akik badar besi perak, badar besi ijo ( hijau ), dan sebagainya.

Pengrajin Batu Akik Kebumen

Pengrajin Batu Akik Sempor Kebumen ( Mbah Tri )

Sobat Pembaca, tadi siang ( 13 Juni 2015 ) saya pulang ke kampung halaman. Selain ingin bertemu keluarga di kampung halaman, saya juga menyempatkan diri untuk menemui salah satu pengrajin batu akik di wilayah Kebumen yakni pengrajin batu akik yang berdomisili di Kecamatan Sempor Kebumen.

Siapa dia?, dia adalah Mbah Tri. Mungkin para pembaca baru mendengar pengrajin batu akik Kebumen yang terkenal dengan panggilan Mbah Tri. Nama lengkapnya adalah Sirrudin Endy Triyono, akan tetapi sosok yang sederhana ini dijuluki dengan sebutan Mbah Tri karena memang sosoknya unik sejak dia masih kecil. Lah kok Admin Carasyamsu tahu ! ya tahu dong, kebetulan dia kan satu kampung dengan saya, yah bisa dikatakan teman sejak masih bayi gitu lah. he he

Pengrajin Batu Akik Sempor Kebumen

Mbah Tri

Usia Mbah Tri belum begitu tua, ya sama lah dengan carasyamsu yakni kelahiran tahun 1979, akan tetapi bedanya jika Syamsu banyak yang memanggilnya Mas Syamsu atau De Syamsu, he he,,,nah kalau teman-temanku di kampung sana baik anak kecil, anak muda, dan orang tua mayoritas memanggil Sirrudin Endy Triyono dengan sebutan Mbah Tri.


Pelanggan Batu Akik

Pelanggan Batu Akik 

Ketika saya tanya " Mbah, berapa penghasilan dari penjualan batu akik dalam setiap harinya? ", dia pun hanya menjawab " ya kena nggo tuku beras, uyah, karo jajan anake "=ya bisa untuk membeli beras, garam, dan jajan buat anaknya. Kemudian saya tanya lagi " berapa  biji yang laku dalam setiap harinya?", dia menjawab " ya tidak tentu".

Selanjutnya, saya menanyakan tentang jenis batu akik apa yang menjadi dagangan utamanya?, dia menjawab" batu akik badar besi baik yang serat perak atau hijau, ya tergantung permintaan pembeli juga". Tapi selain badar besi, saya juga menjual/melayani pesanan jenis batu yang lain seperti Naga Sui, bacan, kecubung, paparaca, batu akik solar, dan lain sebagainya, imbuhnya.

Harganya sih berapa mbah?, dia menjawab"ya tergantung jenis batunya, tapi ya biasanya saya menjual batu akik yang harganya berkisar antara Rp.100.000, 00- 1.000.000,00", tapi seringnya ya yang harga ekonomis.

Apakah jika ada yang pesan terima jadi pengerjaannya dikerjakan oleh orang lain?, jawabnya : " tidak, semuanya saya kerjakan sendiri karena para pelanggan pada umumnya tidak puas kalau yang mengerjakan bukan saya sendiri".

Sobat Pembaca, demikian hasil kunjungan saya ke pengrajin batu akik Sempor Kebumen. Bagi sobat yang ingin membeli batu akik ke Mbah Tri, silahkan datang saja langsung ke rumahnya ( Desa Sidoharum RT.02 RW.04 Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen ), atau bisa juga  melalui Admin Carasyamsu.

Facebook Twitter Google+

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top