Blog Gado-Gado_Multi Niche

Proses Pembuatan Batu Akik Menjadi Cincin

Cara Membentuk Batu Akik Menjadi Cincin- Sobat Pembaca, sebenarnya untuk membentuk batu menjadi mata cincin itu cukup mudah. Pembuatan mata cincin dapat dibuat dengan cara manual yaitu dengan menggunakan grenda biasa ( grenda yang untuk mengasah pisau ), tapi memang membutuhkan kesabaran karena memakan waktu yang cukup lama.

Selain dengan cara manual tersebut, proses pembuatan batu akik untuk dibuat mata cincin juga dapat dilakukan dengan cara menggunakan alat mesin sederhana yang tentunya tidak begitu membutuhkan biaya yang banyak untuk memiliki mesin grenda sederhana. Apakah mesin sederhana itu?

Jika sobat benar-benar serius untuk memiliki mesin pembentuk batu akik yang sederhana, silahkan simak langkah-langkah di bawah ini :

1. Apakah sobat memiliki pompa air bekas?, jika sudah memiliki maka lewati saja langkah yang pertama ini. Jika belum, pergi lah ke tempat service pompa air, di sana biasanya ada poma air bekas yang masih bisa dipakai sekedar untuk memudahkan kita dalam membentuk batu akik. Jika di sana belum ada, coba sobat datang ke gudang penadah barang-barang bekas/rongsok, di sana juga sering ada pompa air bekasan. Jika sobat tidak ingin repot ya beli saja mesin pembentuk batu akik ke penyedia mesin tersebut. he he

Proses Pembuatan Batu Akik Menjadi Cincin


Di bawah ini adalah foto amplas yang dipasang sebelum mesin difungsikan :

Proses Pembuatan Batu Akik Menjadi Cincin

2. Jika sobat sudah mendapatkan pompa air bekas yang harganya relatif murah, bawalah pompa air tersebut ke toko penyedia onderdil pompa air untuk membeli drat/baut atau sejenisnya yang fungsinya untuk menahan agar poros mesin/pompa air tersebut tidak lepas. Intinya silahkan sobat kreasikan mesin sederhana ciptaan sendiri, bisa juga minta bantuan ke teman sobat Selamat mencoba dalam berkreasi.



Proses Pembuatan Batu Akik Menjadi Cincin3. Beli lah amplas dengan berbagai jenis ( sesuai kebutuhan sobat ) untuk dpiasang di antara poros atau permukaan kanan atau kiri pompa air tersebut.

4. Untuk memotong batu yang masih cukup besar, gunakan lah alat pemotong keramik.

Alat pemotong keramik dan batu akik







Facebook Twitter Google+

4 komentar

Kelihatannya lumayan sulit ya gan, apa mungkin juga karna blum nyoba, hehe :)

Ya memang bisanya sambil mencoba mas. Dulu aku pernah membuat mata cincin dengan manual, waw lama banget mas. Ya hanya pakai grenda tanpa bantuan mesin

Perlu juga ni saya belajar membuat batu akik, salam kenal ya mas :D

Dulu saya malah jualan batu akik pada tahun 2001 bos, tapi sekarang hanya sebagai peemakai, yang masih julan tu kakakku dan keponakanku. Ya salam kenal juga bos, kan lama sudah kenal bos,,he he

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top