Putra Putri Nabi Muhammad SAW

Jumlah Putra Putri Rasulullah SAW-Sobat Pembaca, Putra/Putrinya Nabi Muhammad SAW jumlahnya ada tujuh yang terdiri dari 3 putra dan 4 putri :

  1. Sayyid Qoosim
  2. Dewi Zainab
  3. Ruqoyah
  4. Fatimah
  5. Ummu Kulsum
  6. 'Abdullaah
  7. Ibrahim 
Putra Putri Nabi Muhammad dengan Siti Khadijah adalah Sayyid Qosiim, Dewi Zainab, Ruqoyah, Fatimah, Ummu Kulsum, dan Abdullaah.

Kisah Siti Khadijah



Siti Khadijah adalah istri Nabi Muhammad  SAW yang pertama. Sebelum menikah dengan nabi, ia pernah menjadi istri dari Atiq bin Abid dan Abu Halah bin Malik dan telah melahirkan empat orang anak, dua dengan suaminya yang bernama Atiq, yaitu Abdullah dan Jariyah, dan dua dengan suaminya Abu Halah yaitu Hindun dan Zainab.

Berbagai riwayat memaparkan bahwa saat Muhammad menikah dengan Khadijah, umur Khadijah berusia 40 tahun sedangkan Nabi Muhammad SAW hanya berumur 25 tahun. Tetapi menurut Ibnu Katsir, seorang tokoh dalam bidang tafsir, hadis dan sejarah, mereka menikah dalam usia yang sebaya. Nabi Muhammad SAW bersama dengannya sebagai suami istri selama 25 tahun yaitu 15 tahun sebelum menerima wahyu pertama dan 10 tahun setelahnya hingga wafatnya Khadijah, kira-kira 3 tahun sebelum hijrah ke Madinah. Khadijah wafat saat ia berusia 64 tahun 6 bulan.

Ia merupakan istri Nabi Muhammad yang tidak pernah dimadu, karena semua istrinya yang dimadu dinikahi setelah wafatnya Khadijah. Di samping itu, semua anak Nabi kecuali Ibrahim adalah anak kandung Khadijah.

Maskawin dari Nabi Muhammad sebanyak 20 bakrah dan upacara perkawinan diadakan oleh ayahnya Khuwailid. Riwayat lain menyatakan, upacara itu dilakukan oleh saudaranya Amr bin Khuwailid.

Pernikahannya dengan Khadijah menghasilkan keturunan hanya enam orang, yaitu: Al Qasim, Zainab, Ruqayyah, Ummu Kultsum, Fatimah, dan Abdullah.

Nabi Muhammad setelah mendapatkan seorang putra yang bernama Al Qosim, maka ia mendapat julukan Abul Qosim (bapak Qosim), sedangkan putranya yang bernama Abdullah mempunyai julukan at Thoyib at Thohir yang berarti "Yang Bagus dan Lagi Suci".


Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Ummahatul_mu'minin

Putra Putri Nabi Muhammad SAW dengan Siti Khadijah

Putra Nabi Muhammad SAW yang bernama Ibrahim adalah putra yang dilahirkan oleh istri Nabi Muhammad yang bernama Maria al-Qabtiyyah


Maria binti Syama’un (Arab: مارية القبطية, transliterasi:Maria al-Qabtiyyah, Maria Qupthiyah atau Maria orang Koptik) (meninggal 637) adalah seorang budak Kristen Koptik yang dikirimkan sebagai hadiah dari Muqawqis, seorang pegawai Bizantium, kepada nabi Islam Muhammad pada tahun 628

Menurut sebagian tokoh Islam, dia juga merupakan istri Muhammad, and "Ibu Orang-orang Beriman" (Arab: Ummul Mukminin), sumber lain seperti Ibnul Qayyim menyatakan bahwa dia hanya seorang selir. 

Dia merupakan ibu dari putra Nabi Muhammad SAW yang bernama Ibrahim, yang meninggal ketika masih kecil. Sudaranya, Sirin, juga dikirimkan kepada Muhammad; Muhammad kemudian memberikannya kepada pengikutnya Hassan bin Tsabit.Maria tidak pernah menikah lagi setelah kematian Muhammad pada tahun 632, dan dia meninggal lima tahun kemudian. Hari kelahirannya sampai saat ini tidak diketahui. Juga, tidak ada sumber-sumber kuat yang menyebutkan usianya.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Mariatul_Qibthiyah

Pembaca yang terhormat, jika artikel di atas bermanfaat bagi Anda, maka tentunya bisa bermanfaat juga bagi teman Anda. Untuk itu, silakan bagikan artikel ini ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif di kolom komentar. Jika sobat ingin menautkan link blog, silakan pilih beri komentar sebagai Name/URL

 
Home - Sitemap - About - Disclaimer - Privacy Policy - Contact
Back To Top