Blog Gado-Gado_Multi Niche

Yth. Bapak Presiden Joko Widodo, Blogger Pejuang Bangsa Siap Mengisi Kemerdekaan dengan Ilmu

Blogger Pejuang Bangsa- Sahabat Syamsu, Blogger Pejuang Bangsa adalah semua penulis yang berjuang sebagai penulis/pengarang artikel tentang ilmu/informasi yang bermanfaaat bagi semua orang,  khususnya untuk bangsa Indonesia. Jika Admin website/blog belum tentu sebagai penulis/pembuat artikel, maka dari itu dalam pengertian ini saya khususkan penulis artikel baik memiliki web atau belum; baik Blogger relawan maupun Blogger yang memanfaatkan tulisannay sebagai sarana/alat bisnis.

Dalam halaman ini saya tidak membahas para jurnalis/wartawan karena mereka memang jelas-jelas penulis yang terorganisir. Dan para Blogger pun mengikuti jejak mereka, jika Blogger adalah salah satu pejuang bangsa, maka wartawan adalah pimpinan para Pejuang Bangsa/Blogger.

Pengertian kata Blogger, Pejuang, dan Bangsa

1. Pengertian Blogger

Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com.( Wikipedia )

Narablog – (istilah baku: pengeblog  adalah sebuah komunitas penulis atau jurnalis yang mencatat berbagai informasi dalam sebuah blog, baik berupa blog pribadi maupun blog untuk di publikasikan, dalam beragam kategori pembahasan untuk memberikan informasi kepada pengguna. Blogger.com adalah layanan pembuatan dan penyimpanan blog yang dimiliki Google.( Sumber : Wikipedia )

Kata Blogger juga sering dipakai sebagai sebutan bagi orang yang memiliki atau mengelola blog/website baik platfrom blogger, wordpress, dan lain-lain. Jadi semua orang yang punya kegiatan blogging dapat dikatakan sebagai seorang Blogger.

2. Pengertian Pejuang

Pejuang/pe·ju·ang/  orang yg berjuang; prajurit;~ kemerdekaan para pemuda yg berjuang untuk memerdekakan Indonesia dr penjajahan Belanda;( http://kbbi.web.id/juang )

Pahlawan (Sanskerta: phala-wan yang berarti orang yang dari dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualitas bagi bangsa, negara, dan agama) adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani ( https://id.wikipedia.org/wiki/Pahlawan )

3. Pengertian Bangsa

Bangsa adalah suatu kelompok manusia yang dianggap memiliki identitas bersama, dan mempunyai kesamaan bahasa, agama, ideologi, budaya, dan sejarah.Mereka umumnya dianggap memiliki asal usul keturunan yang sama.

Definisi bangsa menurut para ahli.

#Menurut Ernest Renan (Perancis)
Bangsa adalah sekelompok manusia yang berada dalam suatu ikatan batin yang dipersatukan karena memiliki persamaan sejarah, serta cita-cita yang sama.

#Menurut Otto Bauer (Jerman)
Bangsa merupakan sekelompok manusia yang memiliki persamaan karakter karena persamaan nasib dan pengalaman sejarah budaya yang tumbuh berkembang bersama dengan tumbuh kembangnya bangsa.

#Menurut Ben Anderson
Bangsa merupakan komunitas politik yang dibayangkan dalam wilayah yang jelas batasnya dan berdaulat.

#Menurut Hans Kohn

Bangsa itu terjadi karena adanya persamaan ras, bahasa, adat istiadat dan Agama yang menjadi pembeda antara bangsa satu dan bangsa lain.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Bangsa


Siapa saja blogger yang siap sebagai Blogger Pejuang Bangsa?
Semua calon blogger, blogger pemula/newbie, blogger senior/mastah baik yang berdomisili di dalam/luar negeri berhak dan atau diharapkan bersedia untuk menjadi Blogger Pejuang Bangsa. Perlu teman-teman ketahui bahwa menjadi Blogger merupakan pekerjaan/kegiatan yang mulia.

Sejak kapan muncul istilah Blogger Pejuang Bangsa ?
Istilah Blogger Pejuang Bangsa muncul sejak hari ini ( 4 Juli 2015 ), akan tetapi jasa-jasanya sudah sejak dahulu, atau sejak di Indonesia mulai ada pengguna Internet.

Mengapa disebut Blogger Pejuang Bangsa ?
Para jurnalis/wartawan resmi ( punya surat ) adalah gurunya para Blogger. Semua Blogger setiap hari meluangkan waktunya untuk menciptakan artikel. Dalam membuat artikel, seorang Blogger membutuhkan pikiran dan hati yang tenang. Dalam disiplin ilmu apa pun Blogger Indonesia pasti ada di sana untuk menyumbangkan/berbagi ilmunya sesuai bidang keahliannya masing-masing. Misalkan jika warga Indonesia membutuhkan ilmu/informasi tentang pertanian, maka banyak banget blogger yang sudah mengabadikan ilmunya di website/blog, dan lain sebagainya.

Mengapa banyak Blogger yang tumbang di tengah jalan ?
Banyak hal yang menyebabkan seorang Blogger gugur di medan perjuangan, antara lain :

  • niat /tekad yang yang belum mantap
  • ngeblog bukan karena keinginan sendiri/bukan hobi/terpaksa
  • terlalu tergesa-gesa
  • konsep tujuan awal terjun di dunia blogging kurang tepat
  • cepat merasa puas sekaligus cepat merasa bosan
  • alat ngeblog kurang memadai
  • terbebani dana operasional yang semakin hari semakin tinggi
  • tidak adanya subsidi dari sponsor ( misalnya kerja sama dengan pengiklan )
  • pemerintah Indonesia belum begitu tanggap akan aset bangsa yang benama Blogger

Darimana sumber dana Blogger dalam usahanya mengelola website/blognya?
Mayoritas Blogger membiayai blognya dari kantong sendiri. Maka sangat menjadi wajar/maklum jika hampir di setiap blog itu ada iklannya ( sebagai sponsor ) baik iklan yang merupakan kerjasama dengan program PPC, afiliasi, dan lain-lain. dan baik yang program lokal maupun luar negeri.

Blogger Pejuang Bangsa
Blogger Pejuang Bangsa

Mengapa artikel ini diberi judul "Yth. Bapak Presiden Joko Widodo, Blogger Pejuang Bangsa Siap Mengisi Kemerdekaan dengan Ilmu" ?

Sebenarnya para Blogger Indonesia saat ini sedang mengadakan latihan menulis dengan tema Blogger Pejuang Bangsa, jadi saya pun mengikuti tema tersebut. Kemudian karena temanya tersebut kok rasa-rasanya terlalu heboh pakai kata pejuang segala, maka saya membuat judul tersebut sebagai rasa hormat terhadap Bapak Presiden Joko Widodo karena sudah menjadi kewajiban rakyat itu menghormati pemimpinnya. Demikian juga seorang pemimpin yang mempunyai kewajiban menyayangi orang yang dipimpinnya.

Selain itu kata pejuang juga tidak khusus diguanakan bagi sebutan para pahlawan karena jika bangsa Indonesia yang berjuang dalam hal apa pun sebelum Indonesia merdeka itu disebut pejuang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sedangkan bagi bangsa Indonesia yang berjuang bersama-sama dalam memajukan bangsa, seperti anak sekolah berjuang mengisi kemerdekaan dengan cara belajar, dan sebagainya. Blogger berjuang mengisi kemerdekaan dengan cara menyumbangkan ilmunya pada suatu disiplin ilmu tertentu yang dikuasainya.

Pemberian judul di atas kalau dibaca sekilas seakan artikel ini adalah surat terbuka untuk Presiden, tapi maksud saya bukan itu karena saya merasa belum PD jika harus membuat surat terbuka. Akan tetapi jika memang Bapak Presiden kebetulan membaca tulisan ini ya Alhamdulillaah dan terimakasih sekali. ( he he mimpi kali ye, mana mungkin...).

Sahabat Syamsu, sebenarnya artikel ini belum tuntas karena kalimatnya memang masih acak-acakan. Tapi biar lah sementara seperti dulu sambil menunggu kritik/saran dari teman-teman demi terciptanya artikel yang lebih bagus. Untuk itu, saya mohon kepada setiap pembaca untuk berkomentar tentang "Blogger Pejuang Bangsa" dan dalam kaitannya dengan "Mengapa Banyak Blogger Tumbang di tengah Medan Pertempuran" ?. Atas perhatian dan komentarnya, saya ucapkan terima kasih. Silakan mulai berkomentar.

Facebook Twitter Google+

1 komentar:

segitu banyaknya masih belum selesai?.
HEBAT!.

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top