Blog Gado-Gado_Multi Niche

Cara Hidup Sukses; Pentingnya Menjaga Kesehatan Jasmani, Rohani, dan Ekonomi

Cara Hidup Sukses-Sahabat Syamsu, semua orang pasti ingin hidupnya sukses. Tolok ukur maupun standar sukses itu sangatlah subjektif. Di mana masing-masing orang punya target untuk hidup sukses dengan target yang berbeda-beda. Untuk bisa hidup sukses tentunya tidak semudah menghitung uang karena proses menjadi sukses itu ada berbagai tahapan yang harus kita lakukan dengan penuh keyakinan dan kesabaran. Untuk itu, mari kita belajar agar hidup kita sukses sesuai keinginan kita masing-masing.

Cara Hidup Sukses
Cara Hidup Sukses via Menumbuhkan Mindset Bisnis Online

Sahabat Syamsu, di halaman ini, sukses itu saya uraikan menjadi 3 jenis atau kategori yakni sukses dalam menjaga kesehatan jasmani, rohani, dan ekonomi demi terwujudnya kebahagiaan yang haqiqi.

1. Sukses Jasmani
Pentingnya Menjaga Kesehatan Jasmani
Menjaga Kesehatan Jasmani via Pengertian Hidup Sehat

Kesuksesan dalam hal jasmani ini sangat erat hubungannya dengan kesehatan jasmani kita yang tentunya sangat kita dambakan. Jika jasmani kita tidak sehat/sakit maka segudang hal akan terganggu. Bahkan jika kita sedang sakit, seakan tidak ada barang yang berharga kecuali kesehatan. Sekali pun banyak harta yang dimiliki oleh seseorang, akan tetapi jika badan tidak sehat maka kebahagiaan sangat sulit dinikmati.

Jika kita sukses dalam menjaga kesehatan jasmani, maka insya Allah kesehatan rohani dan ekonomi akan mudah kita dapatkan karena jasmani merupakan kunci utama menuju kesehatan rohani dan ekonomi. Walaupun ada sebagian orang  yang sakit gara-gara terlalu banyak berfikir. Oleh karena itu 3 jenis kesehatan ini sebenarnya suatu kesatuan yang utuh sehingga tidak dapat saling dipisahkan.

Cara menjaga kesehatan jasmani antara lain :
  • Makan makanan yang bergizi dan makan lah secara teratur. Jangan lupa, berhenti lah makan sebelum kita kenyang, jangan sampai perut kita kekenyangan yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan kita atau berakibat rasa malas untuk beraktivitas. Hal yang sangat penting dalam hal makan adalah berdo'a sebelum dan sesudah makan sebagai wujud syukur kita kepada Yang Maha Kuasa
  • Olah raga yang teratur setiap pagi, siang, atau sore. Hindari olah raga pada waktu malam hari. Olah raga yang terbaik yakni olah raga pada pagi hari karena udara masih sejuk dan segar.
  • Istirahat yang cukup. Istirahat yang terbaik yaitu tidur
  • Jangan memaksakan diri untuk bekerja yang di luar kemampuan kita. Misalkan jam kerja kita 8 jam sehari maka cukupkan segitu saja. Akan tetapi jika fisik kita tetap kuat maka nambah 2 ataau 3 jam kerja pun tidak masalah.
  • Rajin lah mandi, minimal 2 kali sehari. Jika badan kita bersih, maka nyaman lah rasa kita dalam berbagai aktivitas. Hindari mandi pada malam hari
  • Jagalah kebersihan di semua lingkungan kita. 
2. Sukses Rohani
Cara Menjaga Kesehatan Rohani
Menjaga Kesehatan Rohani via Klinik untuk Check-Up Kesehatan Rohani

Selain kesehatan jasmani yang harus kita jaga dengan sebaik-baiknya agar selalu sehat, tentunya seiring dengan jasmani itu pun kita harus menjaga kesehatan rohani. Unsur-unsur rohani yang kita bahas dalam hal ini termasuk di dalamnya mengenai kondisi psikologis, keyakinan dan pengamalan dalam hal ibadah, rasa percaya diri, dan semua aspek yang terkait.

Cara menjaga kesehatan rohani antara lain:
  • Taat dalam beribadah, baik ibadah yang hubungannya langsung kepada Pencipta maupun ibadah yang berhubungan dengan sesama manusia. Orang yang taat dalam beribadah niscaya hatinya akan terasa tenteram dan tenang. ( Norma Agama )
  • Mematuhi norma hukum pemerintah. Orang yang selalu mematuhi hukum pemerintah niscaya hatinya selalu damai bahagia. Selain hukum pemerintah, patuhlah pada hukum di keluarga, desa, dan semua jenis hukum/aturan yang ada di lingkungan/komunitas kita
  • Selalu berfikir positif
  • Percaya diri dan tidak sombong
  • Selalu rajin mencari ilmu, baik ilmu yang hubungannya dengan akhirat maupun dunia
3. Sukses Ekonomi


Cara Menjaga Kesehatan Ekonomi
Menjaga Kesehatan Ekonomi via Grosir Kesehatan Ekonomi

Faktor ekonomi juga sangat penting dalam hidup kita agar sukses. Seperti yang saya tuliskan di atas bahwa 3 pilar ini adalah 1 paket istimewa agar hidup kita sukses. Semuanya saling terkait dan bisa menimbulkan hukum sebab akibat, di mana jasmani dapat terganggu jika rohani atau ekonomi tidak sehat, rohani dapat terganggu jika jasmai atau ekonomi tidak sehat, begitu juga ekonomi bisa terganggu jika jasmani atau rohani tidak sehat.

Cara menjaga kesehatan ekonomi antara lain :
  • Bekerja lah dengan senang hati. Jika belum dapat pekerjaan, cari lah pekerjaan yang sesuai dengan hobi dan atau sesuai keahlian
  • Atur sebaik mungkin antara pemasukan dan pengeluaran, jadi jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pendapatan
  • Rajin lah menabung
  • Jika tabungan sudah cukup banyak, ciptakan/buat lah aset yang awet. Misalkan jika kita suka dengan pertanian, beli lah lahan sawah/kebun/ladang sehingga aset kita itu dapat menambah penghasilan kita, kalau di perkotaan ya misalnya membangun rumah kos dan sebagainya. ( investasi, tanam saham )
  • Utamakan membeli barang yang penting saja
  • Rajin lah mengeluarkan zakat dan bersodakoh ( bagi umat Islam )
Sahabat Syamsu, karena sukses itu subjektif maka silakan bayangkan saja dulu kiranya apa yang kita sebut sukses itu sendiri, kemudian mari kita belajar bersama untuk lebih bisa menjadi sukses sehingga sukses tidak lah hanya identik dengan hal yang terkait dengan  namanya uang/harta kekayaan. 

Banyak orang yang sukses dalam hal keuangan akan tetapi sukses yang seperti itu tidak mutlak menjamin suatu kebahagiaan. Sebagai contoh ; orang yang kaya dengan harta, akan tetapi waktunya tersita hanya untuk mengurusi pekerjaan dan hartanya itu, sedangkan orang-orang di sekitarnya, misalkan keluarganya kurang merasakan kebahagiaan karena si kaya hanya sedikit punya waktu untuk keluarga. Jika memang ada orang yang seperti dalam contoh, apakah kiranya bisa disebut dengan orang yang sukses?, he he..ternyata bahasan sukses di halaman ini adalah keberhasilan seseorang dalam menggapai kebahagiaan haqiqi yang bisa terwujud dengan sehatnya rohani, jasmani, dan ekonomi. Dan 3 jenis kesehatan tersebut juga harus dilakukan dengan modal unik yakni modal ilmu pengetahuan dan teknologi. Jadi baik sukses bahagia di dunia maupun akhirat itu harus berbekal ilmu pengetahuan karena barang siapa ingin bahagia di dunia maka carilah ilmu, barang siapa ingin bahagia di akhirat maka carilah ilmu, dan barang siapa ingin bahagia di dunia dan akhirat ya modal awal adalah ilmu pengetahuan.

Sahabat Syamsu, demikian tentang Cara Hidup Sukses; Pentingnya Menjaga Kesehtan Jasmani, Rohani, dan Ekonomi. Semoga kita menjadi orang yang bahagia dan beruntung.

Baca juga Alat Ukur Rasa Kebahagiaan Seseorang

Facebook Twitter Google+

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top