Blog Gado-Gado_Multi Niche

Cara dan Fungsi Memasang Gadget Entri Populer di Blog serta Tips Pengaturan dan Pemanfaatannya dalam Menarik Perhatian Pengunjung

Cara Memasang Gadget/Widget Entri Populer di Blog dan Fungsinya- Sahabat Carasyamsu, entri populer/popular post adalah fitur blog untuk menampilkan postingan artikel yang populer atau sering dikunjungi. Tampilan di entri populer meliputi judul entri, thumbnail gambar, dan cuplikan artikel. Jumlah kata yang ditampilkan pada cupilkan artikel di entri populer umumnya terdiri antara 18-22 kata dan ditandai dengan tiga buah titik di akhir kata/kalimat yang terpotong.Tanda titik tiga berarti "dan seterusnya".

Gadget entri populer sebenarnya sudah otomatis terpasang saat kita membuat blog di blogger blogspot. Namun tidak ada salahnya jika saya mengulas tentang cara membuat entri populer di blog, untuk memberikan informasi kepada teman-teman Blogger pemula yang mungkin fitur entri populernya kehapus atau tidak muncul dan belum tahu cara memasang gadgetnya.

Cara membuat entri populer di blog, sebenranya juga sangat mudah. Caranya hanya dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Kunjungi www.blogger.com, setelah di halaman Dasbor Blogger, silakan klik "Tata Letak "


Tata Letak Blogger
Tata Letak Dasbor Blogger

2. Klik "Tambahkan Gadget "


Cara Memasang Gadget Entri Populer di Blog

Tambah Gadget Blogger

3. Pastikan pada posisi "Dasar-dasar" , kemudian scroll ke bawah dan temukan dan klik gadget "Entri Populer "

Cara Memasang Gadget Entri Populer di Blog

Cara Memasang Gadget Entri Populer

4. Konfigurasikan Entri Populer


Cara Memasang Gadget Entri Populer di blogspot

Dalam mengkonfigurasikan entri populer, silakan lakukan pengaturan sesuai keinginan kita :

  1. Judul yang tertulis bawaan gadget ini yakni "Entri Populer", kita bisa menggantinya dengan kata/frase yang lain. Misalnya ganti dengan sering dikunjungi, popular posts, top 10, paling sering dibaca, 10 artikel menarik, dan kata/kalimat lainnya. Hal ini menjadi penting dengan menarik perhatian pengunjung sehingga mereka mengeklik link yang ada pada kotak entri populer tersebut.
  2. Paling banyak dikunjungi. Jika kita memberi item pada poin "Setiap saat", maka postingan populer yang muncul terhitung sejak awal pembuatan blog.
  3. Jika kita memberi item pada "30 hari terakhir" berarti pos yang akan muncul pada tampilan entri populer yaitu terhitung dalam 30 hari terakhir.
  4. Begitu juga jika kita memberi item pada "7 hari terakhir" maka tampilan entri populer menampilkan pos populer terhitung dalam tujuh hari terakhir.
  5. Jika kita menghilangkan tanda cek/centang pada poin thumbnail dan cuplikan maka tampilan di entri populer hanya ada judul.
  6. Apabila kita menginginkan yang tampil hanya judul dan thumbnail gambar, maka hilangkan tanda cek pada poin cuplikan.
  7. Misalnya kita menginginkan yang tampil di entri populer hanya judul dan cuplikan, maka hilangkan lah tanda cek pada pon thumbnail gambar. Jika kita ingin judul, thumbnail gambar, dan cupilkannya tampil semua, maka biarkanlah tanda cek yang ada di poin thumbnail dan cuplikan. Jika kita pakai template blog yang loadingnya berat maka akan lebih baik tampilkan judulnya saja.
  8. Tentukan jumlah pos di entri populer sesuai keinginan kita. Namun sebaiknya biarkan lah tampil 10 pos ( jumlah maksimal ).
  9. Jika kita ingin jumlah pos yang tampil kurang dari sepuluh, maka klik lah salah satu pilihan dari 1-9.
  10. Setelah pengaturan ke-9 selesai, maka klik " Simpan". Tunggu proses penyimpanan selesai. Setelah selesai, coba lihat lah hasilnya.
Tampilan Entri Populer

Contoh Tampilan Entri Populer di Blog

Fungsi Entri Populer 

Fungsi entri populer yaitu untuk menampilkan menampilkan daftar pos yang sering dikunjungi/ populer di blog Anda.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur tampilan dan pemanfaatan entri populer:
  • Jika template yang kita gunakan adalah template yang loadingnya ringan, maka sebaiknya tampilkan judul, thumbnail gambar, dan cuplikannya. Mengapa demikian?, hal ini dilakukan dengan tujuan menarik perhatian pengunjung yang tentunya antara pengunjung yang satu dengan lainnya mempunyai tipe yang berbeda-beda dalam memandang sajian entri populer yang kita suguhkan. Ada tipe pengunjung yang mau mengeklik link di entri populer hanya karena tertarik dengan gambarnya, ada juga yang tertarik karena memang judulnya menarik, ada yang tertarik karena dua unsur/sisi yakni judul dan gambar/judul dan cuplikan/gambar dan cuplikan, bahkan ada yang baru bisa tertarik ketika melihat ketiga unsur secara utuh.
  • Entri populer bawaan blogger yakni terletak di sidebar kanan atas. Jadi sebaiknya jangan digeser posisinya, kecuali jika sobat ingin menamilkan iklan di sidebar kanan atas. Intinya kita manfaatkan perhatian pengunjung yang biasanya banyak yang penglihatannya tertuju ke sidebar kanan atas. Penempatan antara iklan dan entri populer bisa dilakukan dengan dua pilihan yakni entri populer di atas/bawah iklan. Jangan sampai entri populer diletakkan di bagian yang sulit terjangkau oleh penglihlihatannya para pengunjung. Yang mana salah satu tujuan kita membuat blog adalah memberi informasi yang akurat dan banyak kepada pembaca. Jadi memudahkan/memanjakan pengunjung merupakan hal yang wajib kita lakukan. he he
Sahabat Carasyamsu, kiranya hanya itu yang dapat saya sampaikan tentang Cara Membuat Entri Populer di Blog, walaupun judulnya lebih panjang dari artikelnya, tapi saya harap maklum karena saya sedang suka dengan judul artikel blog yang panjang. he he. Terimakasih atas kunjungan sobat. Semoga artikel yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi kita.

Baca juga tentang 18+ Cara Membuat Blog Ramai Pengunjung

Facebook Twitter Google+

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top