Blog Gado-Gado_Multi Niche

Cara Jitu Merawat Blog Lebih dari Satu

Cara Merawat Blog-Sahabat Blogger, berapakah jumlah website atau blog yang Anda miliki saat ini?, apakah ada Blogger yang hanya memiliki 1 buah blog?. Tentunya masing-masing Blogger memiliki blog lebih dari satu. Jika ada yang hanya memiliki dan merawat satu blog saja kemungkinan Admin blognya adalah seorang yang sudah mantap dengan blog yang dimilikinya sehingga tidak punya keinginan untuk menambah blog lagi. Selain itu, bisa jadi Admin blognya sudah tidak lagi merawatnya, dengan kata lain blognya terbengkalai begitu saja.

Sahabat Blogger, banyak sekali domain blogspot yang telah dihapus oleh pemiliknya dan terbengkalai di blogger, dan ini dinamakan blog zombie. Jika blog zombie ini sudah banyak visitor, page rank tinggi, ataupun backlinknya tentu saja tidak akan lama-lama dengan status kezombiannya karena banyak sekali pemburu blog zombi yang memanfaatkannya sebagai blog adsense. Maaf di sini saya tidak akan membahas tentang blog zombie lebih lanjut, jika Anda belum kenal dan penasaran dengan blog zombie silakan baca Definisi Blog Zombie.

Jika memang statusnya adalah blog zombie, ini sih tidak begitu disayangkan karena walaupun tidak ada yang memanfaatkannya toh lama kelamaan akan dihapus secara permanen oleh Google/Blogger. yang sering jadi masalah atau bisa dikatakan merugikan teman Blogger yang lain yaitu blog-blog dengan domain yang bagus akan tetapi isinya hanya sedikit artikel dan dibiarkan/tidak dihapus oleh adminnya. Hal ini jelas mengurangi/menghilangkan kesempatan Blogger lain yang ingin akif dengan domain blogspot tertentu.

Sebagai contoh, kita akan membuat blog dengan nama domain yang dianggap bagus, akan tetapi ternyata domainnya sudah tidak tersedia dalam artian sudah ada yang memakainya, tapi setelah kita cek ke blog domain yang kita inginkan ternyata blognya tidak dirawat oleh Adminnya, kan jadi disayangkan ya sob?.

Nah, kejadian semacam itu seyogyanya menjadikan kita sebagai Blogger agar berlaku bijak jika memang akan menambah blog baru di blogspot, wordpress, dan platform lainnya agar tidak menghilangkan kesempatan bagi teman-teman Blogger. Jika kita akan menambah blog baru seyogyanya merencanakan dengan matang sehingga nantinya blog baru yang kita buat akan terawat dengan baik.

Bagi teman Blogger pemula yang belum mengetahui cara mudah menambah blog baru di blogspot dengan akun yang sama, terlebih dahulu simak langkah-langkah praktis di bawah ini :

1. Kunjungi www.blogger.com, kemudian klik "Blog Baru "

Cara Menambah Blog Baru di Dasbor Blogger
Cara Menambah Blog Baru

2. Ikuti langkah selanjutnya seperti halnya saat sobat membuat blog

blog baru

Sahabat Blogger, ada berbagai alasan seorang Blogger membuat/menambah blog baru, alasan tersebut antara lain :
  1. Blog yang pertama adalah blog campuran/gado-gado sehingga ingin membuat blog baru dengan niche yang diinginkan, dan atau blog awal adalah blog niche tertentu tetapi ingin membuat blog gado-gado;
  2. Blog awal dengan niche yang kurang dikuasai atau disukainya;
  3. Blog awal adalah blog gado-gado atau blog niche tertentu, akan tetapi ingin menambah blog baru yang sebanyak-banyaknya dengan tujuan tertentu; dan alasan lainnya yang tidak saya sebutkan di sini.
Berapakah jumlah ideal blog yang kita miliki?, ya tentunya jumlahnya relatif atau sesuai dengan kebutuhan/kemampuan Blogger itu sendiri. Bagi sobat yang ingin memiliki blog lebih dari satu, silakan simak ulasan di bawah ini sebagai bahan perencanaan dalam sobat menambah blog :
  1. Jika blog awal adalah blog gado-gado maka sebaiknya kita membuat blog niche tertentu, dan sebagai langkah awal manfaatkan blog awal untuk mengenalkan blog baru dengan cara memasang feed atau link blog baru, atau bisa juga membuat artikel yang intinya mengenalkan blog baru. Berapa pun blog baru yang kita buat, manfaatkan blog awal sebagai BLOG UTAMA atau blog master kita. dalam kata lain jadikanlah blog awal yang gado-gado itu untuk meningkatkan brand personal.
  2. Jika blog awal adalah blog niche tertentu, maka buatlah blog baru dengan niche-niche lainnya. Jangan lupa juga buat 1 blog gado-gado yang kita manfaatkan seperti pada keterangan poin nomor satu di atas.
Cara Jitu Merawat Blog Lebih dari Satu

Sahabat Blogger, agar kita tidak kewalahan dalam merawat blog-blog yang kita miliki, sebagai contoh kita memiliki satu blog utama ( sebaiknya blog gado-gado ) dan 4 blog niche tertentu, maka dapat memperhatikan langkah-langkah yang antara lain:
  • aturlah waktu sebaik mungkin. Misalnya dalam sehari kita mampu membuat 5 artikel maka buatlah masing-masing 1 artikel di 5 blog tersebut;
  • jika kita hanya sempat/mampu membuat 3 artikel, maka blog utama isi artikel setiap hari dengan satu artikel, sedangkan 4 blog lainnya dapat kita isi 2 hari sekali dengan 1 artikel secara gantian/giliran;
  • dan lain sebagainya. Intinya berapa pun blog yang kita miliki, hal yang penting adalah jangan sampai salah satu dari blog kita terbengkalai. Masalah jumlah dan jangka waktu posting artikel bisa kita sesuaikan dengan kemampuan, yang penting rutin setiap hari/2 hari/atau setiap seminggu sekali.
Demikian sekilas info tentang Cara Jitu Merawat Banyak Blog. Semoga bermanfaat



Facebook Twitter Google+

10 komentar

Terkadang saya terfikir untuk membuat blog baru mas, karena sudah beberapa kali mendaftar adsense selalu ditolak, tapi niat itu belum kesampaian karena khawatir malah tidak terkelola dengan baik

Iya memang cukup repot mas, karena harus bisa mengatur waktu

info nya keren banget mas,sangat membantu saya bagaimana cara merawat blog yang baik dan benar..terimakasih ya ^_^

Ok, sama-sama mba, makasih juga dah berkenan tuk berkunjung ke blog ini.

Kadang kalau 5 artikel dibagi 5 blog agak sulit mas, disaat kita nulis blog tentang bank pikiran akan fokus ttg bank, disaat fokus kita bisa nulis lebih dari 5. jika dalihkan untuk tulis nice yg lain pikiran jadi buyar. gak bisanulis lebih dr 3.jadi saya putuskan hari ini fokus gado gado, besok perbankan, besoknyalagi kuliner, besok lagi bpjs kesehatan

Ya bos,kadang emang gitu. Jadi intinya kita berusaha agara jumlah postingan di blog yang satu dan lainnya jumlahnya seimbang ya bos?

kadang emang suka ngrawatnya pas baru aja, pas udah lama ya udah ditinggal :v

Ahaaa, umumnya gitu ya bos???he he

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top