Blog Gado-Gado_Multi Niche

Manfaat Buah Pinang

Manfaat Buah Pinang-Sahabat Syamsu, pinang adalah sejenis palma yang tumbuh di daerah Pasifik, Asia dan Afrika bagian timur. Pinang juga merupakan nama buahnya yang diperdagangkan orang. Pelbagai nama daerah di antaranya adalah pineung (Aceh), pining (Batak Toba), penang (Md.), jambe (Sd., Jw.), bua, ua, wua, pua, fua, hua (aneka bahasa di Nusa Tenggara dan Maluku) dan berbagai sebutan lainnya. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Betel palm atau Betel nut tree, dan nama ilmiahnya adalah Areca catechu.( Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Pinang ).

Buah pinang sudah dimanfaatkan sejak dulu oleh nenek moyang kita sebagai campuran menginang ( mengunyah ramuan sirih, tembakau, jambe, kapur ). Mungkin saat ini di Indonesia sudah jarang dijumpai orang yang mau menginang dengan alasan giginya menjadi coklat atau hitam, dan alasan lainnya.

Pinang-Jambe

Manfaat Buah Pinang antara lain:
  1. Untuk menguatkan gigi dan gusi. Caranya kunyah jambe seperti halnya orang menginang
  2. Menyembuhkan penyakit kudis. Oleskan jambe pada kulit yang terkena kudis, selain itu juga buat ramuan jambe untuk diminum
  3. Meningkatkan gairah seks bagi wanita. 
  4. Menambah stamina seks bagi pria 
  5. Mengatasi/menyembuhkan ejakulasi dini
Untuk poin nomor 3-5, caranya adalah dengan langsung dibuat jus jambe, campur dengan madu, dan 2 telor ayam kampung. Jika Anda menginginkan untuk konsumsi setiap hari, Anda bisa membuatnya menjadi bubuk jambe. Caranya cukup mudah yakni hanya mengeringkan jambe yang masih muda, setelah dijemur sampai kering, tumbuklah sampai lembut. Simpanlah di tempat yang kering. Nah dengan menjadikan jambe sebagai bubuk seperti halnya bubuk kopi, maka penyajian menjadi lebih praktis.

Koleksi Foto Pohon Pinang dan Pinang

Bibit Pohon Jambe
Bibit Pohon Pinang








Demikian Manfaat Buah Pinang. Semoga bermanfaat

Facebook Twitter Google+

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top