Blog Gado-Gado_Multi Niche

Asyiknya Bermain Layang-Layang di Pematang Sawah

Asyiknya Bermain Layang-Layang di Pematang Sawah- Panen padi di musim kemarau tahun ini tengah tiba, bahkan menurut prediksi BMKG di tahun 2015 akan terjadi kemarau panjang ( dierkirakan sampai November atau Desember 2015 ). Saat ini ( Agustus 2015 ), khususnya di Gandusari, Kecamatan Kuwarasan, Kabupaten Kebumen para petani tengah sibuk merawat berbagai tanaman palawijanya.

Di tengah kesibukkan para petani itu, anak-anak memanfaatkan musim kemarau sebagai musim yang asyik untuk bermain layang-layang atau dalam istilah Jawa Tengah disebut ngunda layangan. Layang-layang diunda/diterbangkan pun sangat bervariasi seperti layangan jenis biasa, sindaren, model kodokan, model capung, model kupu-kupu, pesawat terbang, kelelawar, dan layangan model lainnya.

Berdasarkan fungsinya atau kebiasaan penggunaannya, layang-layangdibedakan menjadi layang-layang biasa dan layangan hias atau layangan indah.

1. Layang-layang biasa

Layangan biasa yaitu layangan berbentuk bangun layang-layang dengan 2 rangka/ragangan yang terbuat dari bambu.Layangan biasa sering digunkan oleh anak-anak untuk ditarungkan dengan layangan lain atau ada yang menyebutnya bermain sangkutan layang-layang. Anak-anak memainkan layang-layang jenis ini di area perasawahan, lapangan sepak bola, dan di tanah lapang lainnya.

Cara menerbangkan layangan biasa cukup mudah yakni dengan melepaskan layangan kemudian benangnya dilepas secara berlahan sambil dibawa berjalan atau lari

Benang layangan yang digunakan untuk sangkutan diberi pelapis benang ( kelos ) yang terbuat dari adonan tepung kanji dan beling/kaca yang dilembutkan serta telah direbus. Salah satu contoh jenis kaca yang baik untuk campuran kelos adalah kaca bekas tabung lampu/neon. Cara sangkutan layang-layang cukup dengan mengarahkan layang-layang/benang layangan ke arah layangan teman kemudian setelah antara benang layangan yang satu dengan lainnya menempel maka kedua peserta permaianan ini menarik benang agar kedua benang layangan saling bergesekkan hingga salah satun benang atau bahkan keduanya putus.

2. Layang-layang hias atau layang-layang indah

Layang-layang hias adalah layangan yang dibuat seindah mungkin. Pada umumnya layangan jenis ini dibuat dengan model hewan seperti kupu-kupu, capung, kelelawar, dan model lain. Selain itu ada juga layangan hias sindaren, di mana layangan tersebut dikasih pita dari janur. pita kaset, dan sejenisnya sehingga suaranya pun terdengar dari bawah. Seperti foto di bawah ini adalah foto anak-anak yang sedang asyik bermain layangan sindaren di ematang sawah.

Asyiknya Bermain Layang-Layang di Pematang Sawah

Ukuran layang-layang hias mayoritas berukuran besar/luas. Tali yang digunakan untuk menerbagkan layangan pun menggunakan tali besar seperti tambang, benang nilon, dan sebagainya.

Layang-layang
 Bermain Layang-Layang

Banyak yang hobi main layangan hias, jadi orang dewasa pun banyak yang suka bermain layang-layang jenis ini, bahkan di Indonesia sering ada yang menyelenggarakan lomba layang-layang hias.

Layang-layang hias sering juga diunda/diterbangkan sampai malam hari. Untuk lebih memperindah layangan hias, biasanya layang-layang ini dikasih lampu led sehingga tetap nampak indah ketika malam hari.

Demikian tentang Asyiknya Bermain Layang-Layang di Pematang Sawah. Main layang-layang yuk

Facebook Twitter Google+

2 komentar

Bermain layangan memang sebuah permainan tradisional yang sngat ane sukai loh gan, btw suka main layangan juga yah, hehehe agen indonesia

Ya gan, suka banget. Sambil menikmati angin spoy-spoy, waw asyik banget gan

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top