Blog Gado-Gado_Multi Niche

Ciri-Ciri Artikel yang Menarik

Ciri-Ciri Artikel yang Menarik- Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, website/blog, dan sebagainya ) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.( Sumber : Wikipedia ). Untuk membuat artikel yang baik dan menarik kita membutuhkan keterampilan menulis.

Penulis yang baik adalah penulis yang mampu berkomunikasi dengan pembacanya seakan-akan antara penulis dengan pembaca tidak berada pada 1 tempat atau tanpa dibatasi ruang dan waktu. Jika tulisan kita sudah bisa diresapi oleh para pembaca sebagaimana mudahnya saling memahami antara penjual dan pembeli dalam obrolan transaksi jual beli di pasar tradisional, di mana pada umumnya antara penjual dan pembeli tersebut belum saling mengenal tetapi obrolan dalam transaksi terjadi dengan sangat asyik dan akrab, maka tentunya tulisan kita sudah bisa dikatakan menarik.

Sahabat yang baik, bagi sobat yang saat ini sedang belajar membuat artikel yang baik, mari kita belajar bersama. Jadi apabila nanti ada hal yang kurang pas, tolong cara membuat  maupun ciri-ciri artikel menarik yang menurut sobat, bisa ditambahkan di kolom komentar.

Ciri-Ciri Artikel yang Menarik


Ciri-Ciri Artikel yang Menarik

1. Komunikatif ( mudah dipahami/dimengerti )

Agar tulisan kita mudah dipahami oleh pembaca, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, antara lain:
2. Topiknya jelas

Topik (bahasa Yunani:topoi) adalah inti utama dari seluruh isi tulisan yang hendak disampaikan atau lebih dikenal dengan topik pembicaraan. Topik adalah hal yang pertama kali ditentukan ketika penulis akan membuat tulisan. Topik yang masih awal tersebut, selanjutnya dikembangkan dengan membuat cakupan yang lebih sempit atau lebih luas. Terdapat beberapa kriteria untuk sebuah topik yang dikatakan baik, diantaranya adalah topik tersebut harus mencakup keseluruhan isi tulisan, yakni mampu menjawab pertanyaan akan masalah apa yang hendak ditulis. Ciri utama dari topik adalah cakupannya atas suatu permasalahan msih bersifat umum dan tidak diuraikan secara lebih mendetail.

Topik biasa terdiri dari satu satu dua kata yang singkat, dan memiliki persamaan serta perbedaan dengan tema karangan. Persamaannya adalah baik topik maupun tema keduanya samasama dapat dijadikan sebagai judul karangan. Sedangkan, perbedaannya ialah topik masih mengandung hal yang umum,sementara tema akan lebih spesifik dan lebih terarah dalam membahas suatu permasalahan.( Sumber : Wikipedia )

3. Isi artikel bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya ( cantumkan sumber bacaan/referensi jika kita mengutip artikel dari sumber lain )

Kita sebaiknya tidak ragu dalam mencantumkan referensi, karena jika artikel kita merupakan tulisan hasil kutipan dari sumber lain dan tidak mencantumkan sumbernya, ini akan mengurangi minat baca para pembaca. Mungkin pembaca yang baru 1 kali membaca artikel kita tidak tahu bahwa misalnya artikel yang kita buat hasil copas, akan tetapi sangat mungkin dalam membaca yang kedua kalinya merea akan tahu juga. 

4. Judul menarik

Judul artikel harus menarik, artinya harus sesuai dengan topik artikelnya. Jangan sampai kita membuat judul menarik tapi tidak sesuai dengan topik yang kita bahas.

5. Unik

Artikel yang unik itu tidak harus sebuah artikel yang luar biasa dan langka. Artikel unik merupakan artikel yang sebenarnya mayoritas pembaca mengetahui dan meyakini akan kebenaran suatu permasalahan, akan tetapi mereka merasa lebih paham setelah membaca artikel kita.

6. Asli

Asli bukan asli tapi palsu (aspal). Boleh copas juga, biasanya bagian artikel yang perlu dicopas adalah mengenai pengertian/definisi tentang sesuatu dan hal-hal yang perlu referensi lainnya. Kalau saya terbiasa cari definisi di http://kbbi.web.id/ dan https://id.wikipedia.org.

7. Bermanfaat

Artikel kita bermanfaat atau dibutuhkan banyak orang.  salah satu ciri artikel yang bermanfaat adalah artikel yang bermuatan positif.

Demikian Ciri-Ciri Artikel yang Menarik. Semoga bermanfaat

Facebook Twitter Google+

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top