Blog Gado-Gado_Multi Niche

Aneka Kegiatan Menyambut dan Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-70; Agustus 2015

Aneka Kegiatan Menyambut dan Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-70; Agustus 2015- Nikmat kemerdekaan di Indonesia tercinta ini tengah dirasakan selama 70 tahun. Berkat rahmat Tuhan YME dan semangat juang para Pahlawan Indonesia, sehingga kita sebagai rakyat Indonesia bisa menghirup udara segar dengan leluasa.

Sahabat pembaca, hari Senin tanggal 17 Agustus 2015 merupakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70. Masyarakat Indonesia pun sudah siap menyambut dan memeriahkannya sejak tanggal 1 Agustus 2015, salah satu bentuk sambutan sebagai rasa cinta Indonesia terbukti sejak tanggal 1 Agustus mayoritas rakyat Indonesia sudah memasang Bendera Merah Putih dan berbagai atribut bendera layur yang ikut mewarnai kemeriahan HUT RI.

Berbagai Kegiatan Menyambut/Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI antara lain :

1. Memasang/Mengibarkan Bendera Merah Putih


Pengibaran Bendera Merah Putih

Kegiatan yang paling awal dilakukan oleh rakyat Indonesia yaitu pemasangan atau pengibaran bendera merah putih di sepanjang tepi jalan. Selain bendera merah mutih persegi, banyak juga yang memasang bendera merah putih jenis layur. Tak hanya itu, masyarakat juga memasang umbul-umbul yang sangat bervariasi.
Bendera Indonesia


2. Kerja Bhakti Membersihkan Lingkungan

Kegiatan ini meliputi pemangkasan tumbuhan yang menutupi jalan, membersihkan selokan/saluran irigasi, mencabuti rumput di tepi jalan, dan sebagainya.

3. Menyelenggarakan Berbagai Jenis Perlombaan

Pelaksanaan untuk lomba ada yang melaksanakannya sebelum tanggal 17 Agustus, dan ada juga tepat di tanggal 17 Agustus dan sesudahnya. Lomba yang diselenggarakan pun cukup banyak, ada lomba Agustusan khusus Ibu-Ibu seperti lomba memasak, merias, tarik tambang, dan lain-lain. Biasanya lomba yang diadakan mencangkup berbagai kelompok berdasarkan usia maupun jenis kelamin. Jadi ada lomba untuk Ibu-Ibu, Bapak-Bapak, dan lomba untuk Anak-Anak. Baca juga 41 Jenis Lomba untuk Anak-Anak

4. Mengadakan Hiburan

Hiburan yang biasa diselenggarakan biasanya berupa pentas kesenian/budaya seperti wayang kulit, ketoprak, wayang golek, dan berbagai jenis kesenian lainnya yang tentunya disesuiakan denga kesenian daerah yang ada. Untuk yang sifatnya hiburan biasanya diselenggarakan setelah tanggal 17 Agustus.

5. Pawai


HUT RI

Karnaval atau iring-iringan biasanya diselenggarakan di setiap desa. Untuk pelaksanaannya ada yang sebelum/saat/dan setelah 17 Agustus. Pawai ini biasanya juga diikuti oleh Anak-Anak Sekolah.

6. Tasyakuran/tirakatan pada malam 17 Agustus 

Kegiatan tasyakuran pada umumnya dilaksanakan di balai desa dan diisi dengan acara do'a bersama.Baca juga Tumpeng Merdeka

7. Upacara 17 Agustus

Upacara 17 Agustus pada dasarnya sama dengan upacara pengibaran bendera merah putih, namun hal yang mencolok menjadi pembeda adalah adanya pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Demikian Aneka Kegiatan Menyambut dan Memeriahkan HUT RI. Semoga bermanfaat



Facebook Twitter Google+

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top