Blog Gado-Gado_Multi Niche

Lomba Tarik Tambang Terlama dan Terkuat

Lomba Tarik Tambang Terlama- Tarik tambang yang bahasa Inggrisnya Tug Of War adalah salah satu lomba yang populer pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Lomba tarik tambang hanya memerlukan tambang berukuran besar ( berdiameter antara 4-10 cm ) dan panjang ( panjangnya disesuaikan dengan banyaknya peserta lomba ). Pertandingan melibatkan dua regu, dengan 5 atau lebih peserta, pada umumnya masing-masing regu terdiri dari 7 peserta.

Cara perlombaan/permainan/pertandingan tarik tambang cukup sederhana. Dua regu bertanding dari dua sisi berlawanan dan semua peserta memegang erat sebuah tali tambang. Di tengah-tengah terdapat pembatas berupa garis. Masing-masing regu berupaya menarik tali tambang sekuat mungkin agar regu yang berlawanan melewati garis pembatas. Regu yang tertarik melewati garis pembatas dinyatakan kalah.

Taktik permainan terletak pada penempatan pemain, kekuatan tarik dan pertahanan tumpuan kaki di tanah. Pada umumnya pemain dengan kekuatan paling besar ditempatkan di ujung tali, untuk menahan ujung tali saat bertahan atau menghentak pada saat penarikan.

Lomba tarik tambang sangat disukai oleh para pemain dan penonton. Perlombaan yang main otot ini juga sering diadakan di sekolah ( misalnya lomba tarik tambang antar kelas ), pada acara kegiatan karang taruna, dan paling populer lomba tarik tambang diadakan pada acara/kegiatan memeriahkan HUT RI. Lomba tarik tambang biasanya dilakukan sangat serius oleh para pesertanya, sedangkan para penontonnya biasanya merasa sangat fokus menonton perlombaannya, lomba ini menjadi hiburan yang sangat menarik bagi para penonton.

Pemain tarik tambang sangat berisiko mengalami luka fisik seperti luka kaki, tangan, atau anggota badan yang lain. Selain luka luar, banyak juga yang mengalami luka dalam seperti bergesernya tulang persendian pada kaki/tangan (cara orang Jawa disebut kecetit ). Lomba tarik tambang berisiko demikian karena memang para pemain tarik tambang rawan jatuh, apalagi jika lomba tersebut diikuti oleh dua regu tanding yang tidak imbang.

Lomba Tarik Tambang Terlama dan Terkuat

Pada tanggal 17 Agustus 2015 yakni tepat pada HUT RI ke-70, pemerintahan desa Gandusari, Kecamatan Kuwarasan, Kabupaten Kebumen menyelenggarakan lomba tarik tambang untuk bapak-bapak, Ibu-Ibu, dan juga untuk para remaja putra/putri. Lomba tersebut diikuti oleh 18 regu yang terdiri dari 9 regu ( campuran antara remaja putra dan bapak-bapak ) dan 9 regu ( campuran antara Ibu-Ibu dan remaja putri/cewek).

Lomba Tarik Tambang Terlama dan Terkuat
Lomba Tarik Tambang

Perlombaan dilaksanakan di lapangan voly desa Gandusari yang terletak di sebelah barat Kantor Desa/Balai Desa Gandusari. Pada siang itu perlombaan dimulai pada pukul 14.00 WIB dan selesai pukul 16.00.

Dari babak penyisian, semi final, dan grand final semuanya saya dokumentasikan. Dari babak awal sampai akhir pun saya putar videonya. Maklum saat saya mengambil videonya kan kurang bisa menikmati jalannya perlombaan. Ternyata untuk perlombaan tarik tambang terlama bagi bapak-bapak/remaja putra yakni berdurasi 1,55 detik. Lomba tarik tambang yang paling lama ini dikarenakan antara du regu sama-sama kuat, sehingga dua regu ini lah yang akhirnya mendapatkan juara 1 dan 2. Silakan tonton Video Tarik Tambang Terlama di bawah ini :

Lomba Tarik Tambang Video

Untuk lomba tarik tambang yang anggota/pesertanya campuran para gadis dan para Ibu juga tidak kalah hebohnya, walaupun mayoritas durasinya hanya sekitar 10-40 detik tapi lomba tarik tambang para cewek ini justru lebih ramai penontonnya. Selain itu juga, walaupun perempuan, mereka memiliki kekuatan yang luar biasa. Tonton juga Video Tarik Tambang Terkuat di bawah ini :

Lomba Tarik Tambang Cewek dan Ibu-Ibu

Demikian tentang Lomba Tarik Tambang Terlama dan Terkuat. Baca juga 41 Jenis Lomba untuk Anak-Anak

Facebook Twitter Google+

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top