14 Juni 2016

Cara Mudah Mengganti Domain Blogspot Menjadi com/net/TLD Gratis Hosting

Cara Mudah Mengganti Domain Blogspot Menjadi .com dan .net atau TLD lainnya ( custom domain )Gratis Hosting Terbaru 2017 - Bagaimana cara mengganti domain blogspot menjadi .com gratis dan bagaimana cara mengganti domain blogspot menjadi .net gratis?. Sahabat Blogger, jika Anda memiliki blog dengan domain blogspot.com/blogspot.co.id tentunya Anda telah memakai layanan yang serba gratis yakni hosting dan domain gratis dari blogger. Istilah gampangnya, hosting itu ibarat rumah/gudang tempat penyimpanan dan domain sebagai alamatnya. Jadi dalam pembahasan ini kita tetap menggunakan rumah Blogger.com namun domain/alamatnya saja yang akan diganti.

Sebenarnya blog dengan domain yang memiliki embel-embel blogspot juga sudah baik karena domain blogspot yang hostingnya adalah blogger.com merupakan cikal bakal adanya blog, jadi kita harus bangga jika menggunakan domain blogspot tersebut. Namun jika Anda menghendaki mengganti domain blogspot ke com/net gratis dan atau Ranah Internet Tingkat Teratas/ Top Level Domain ( TLD ) lainnya seperti biz, info, id, web.id, co.id,org dan lain sebagainya maka lakukan saja penggantian domain blogspot menjadi .com atau .net, di mana blogger.com sangat berbaik hati yaitu memperbolehkan hosting blogger digunakan untuk menghost domain tingkat tinggi/TLD atau custom domain.

Apa itu Custom Domain?, Custom domain adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh www.blogger.com, di mana fasilitas ini memungkinkan Anda untuk mengubah alamat blog yang berdomain blogspot.com/blogspot.co.id dengan nama domain sendiri ( milik Anda sendiri). Sebagai contoh, Anda telah membeli domain dengan ekstensi/identitas com, net, org, id, web.id, dan nama domain dengan ekstensi lainnya, maka Anda bisa menggunakan nama domain Anda sendiri tersebut untuk mengganti nama domain blogspot.

Cara mengganti domain blogspot menjadi (dot) com gratis  dan cara mengganti domain blogspot menjadi (dot) net gratis

Bagaimana cara mengubah domain blogspot ke .com dan bagaimana cara mengganti domain blogspot menjadi .net gratis ?

Untuk mengganti blogspot menjadi .com/.net, dan  atau TLD lainnya, Anda bisa melakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Membeli domain TLD
Misalkan saat ini domain Anda adalah www.namadomain.blogspot.co.id, dan Anda ingin menggantinya menjadi www.namadomain.com, maka langkah pertama yaitu membeli domain com tanpa hosting. Jadi Anda hanya membeli domainnya saja karena hostingnya pakai hosting gratis dari blogger.com. Baca Cara Order/Membeli Domain TLD com, net, id, dll  Tanpa Hosting

a. Contoh nama domain blogspot yang akan diganti menjadi domain com  :
  • www.carasyamsu.blogspot.co.id diganti menjadi www.carasyamsu.com
  • www.carasyamsu.blogspot.co.id diganti menjadi www.bisnise.com
Pada contoh yang pertama, nama domain di blogspot dan com masih sama yakni carasyamsu. Yang sering jadi pertanyaan para Blogger pemula adalah "Apakah bisa mengganti domain blogspot dengan domain com/TLD, yang mana nama domain sewaktu di blogspot dengan saat menjadi com, nama domainnya tidak sama, bahkan tidak ada satu kata pun yang sama"? seperti contoh yang kedua di atas, carasyamsu.blogspot.co.id diganti dengan bisnis.com, maka hal ini tidak masalah. Jadi penggantian nama domain yang berbeda saat di blogspot dengan ketika sudah com itu bisa dilakukan.

b. Contoh nama domain blogspot.co.id/blogspot.com yang akan diganti menjadi domain .net 
  • 10contohnet.blogspot.com akan saya ganti menjadi 10contoh.net
c. Di mana Anda dapat membeli Top Level Domain Tanpa Hosting?

Anda dapat membeli domain com, net, dan TLD lainnya ke penyedia layanan pembelian domain, yang antara lain :
  • Niaga Hoster
  • IDwebhost
  • Rumahweb
  • Idhostinger
  • Jagoan Hosting
Ya Anda bisa mengunjungi situs web yang menjual domain, kemudian lakukan pendaftran member. Setelah itu, lakukanlah order domain tanpa hosting. Jika Anda suatu saat ingin membuat website berbayar, Anda bisa membeli hosting murah.

d. Berapa harga domain TLD ?
Harga domain TLD sangat bervarasi, tergantung jenis domain yang apa dan layanan penjual domain yang mana. Namun biasanya selisih harga antara penjual yang satu dengan lainnya tidak banyak. Harga domain banyak yang murah kok, ada yang  Rp 54.000, 113.000, 115.000, dan lain sebagainya. Domain tersebut minimal berlaku/aktif dalam 1 tahun, Anda bisa memperpanjang di  tahun berikutnya dan atau saat awal pembelian, Anda langsung beli/sewa selama lebih dari 1 tahun.


e. Domain Harus Berstatus Aktif
Pastikan domain yang Anda beli berstatus aktif
Setelah Anda menentukan nama domain, sudah diorder, telah membayar dan mengkonfirmasikannya ke layanan penjual domain, maka tunggulah admin penyedia domain mengaktifkan domain Anda. Pada umumnya domain yang baru Anda beli akan diaktifkan maksimal 24 jam setelah Anda konfirmasi transfer pembayaran.

Setelah domain Anda aktif, silakan lanjutkan proses penggantian domain blogspot menjadi com menjadi www.contohdomain.com atau www.10contoh.net, seperti langkah yang kedua dan seterusnya di bawah ini.

2. Login di www.blogger.com, menuju dasbor Blogger, klik "Setelan Dasar", kemudian klik "+Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda"

Cara Mengubah Domain Blogger Blogspot ke com atau domain TLD

3. Setel domain pihak ketiga ( domain Anda yang telah diaktifkan oleh Admin tempat Anda membeli domain tersebut ). 

Yang dimaksud domain pihak ketiga yaitu nama domain yang Anda beli dari layanan penyedia domain, misalnya namadomainanda.com dan 10contoh.net

a. Cara mengganti domain blogspot menjadi .com gratis

Cara menyetel domain di Blogger
Langkah-Langkah Mengganti Domain Blogspot Menjadi .com Gratis
  • 1). masukkan domain Anda, jangan lupa depannya kasih www, contohnya : www.namadomainanda.com
  • 2). klik "Simpan"
b. Cara mengganti domain blogspot menjadi .net gratis 

Cara mengganti domain blogspot menjadi net gratis
Langkah-Langkah Mengganti Domain Blogspot Menjadi .com Gratis 
  • 1). masukkan domain net Anda. Misalkan www.10contoh.net
  • 2). klik "Simpan"

4. Catat lah/Copi lah Cname 1 dan Hostname 1, kemudian catat juga Cname 2 dan Hostname 2
Setelah Anda mengeklik tombol "Simpan" pada langkah ketiga di atas, maka di dasbor Blogger akan tampil seperti 2 screenshot di bawah ini :

Cara mengetahui cname dan hostname di Blogger
 Mengubah Domain Blogspot menjadi domain com

 Mengganti domain blogspot menjadi domain net
 Mengganti domain blogspot menjadi domain net

Hal yang wajib Anda simak/perhatikan pada langkah ke-4 Ganti Domain Blogspot menjadi domain com/net atau TLD lainnya adalah sebagai berikut:

a. Abaikan saja keterangan di dasbor blogger yang berbunyi "Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini". Adapun pada contoh tersebut di screenshoot, ada keterangan "Kesalahan 14", mungkin juga jenis kesalahan yang dialami oleh Anda adalah Kesalahan 12, Kesalahan 32, dan kesalahan lainnya. Intinya abaikan saja jenis kesalahan dengan angka berapa pun, karena hal ini tidak menjadi masalah.

b. Catat semua Cname dan Hostname yang ada di dasbor Blogger tersebut. Untuk menghindari kesalahan ketik, ada baiknya Anda mengcopinya saja dan pastekan di halaman Microsoft Office Word atau di tempat penyimpanan file lainnya.

Pada contoh di atas Cname dan Hostnamenya :
  • untuk penggantian blogspot menjadi com dan net, cname 1 = www , jodohnya adalah Hostname 1 yakni ghs.google.com . Kalau masalah Cname dan Hostname 1 tentunya di dasbor Blogger siapa dan mana pun sama.
  • untuk penggantian yang blogspot menjadi com, cname 2 =  2y...ddq, jodohnya adalah Hostname 2 yaitu  gv-kx...googlehosted.com. Hostname masing-masing blog di dasbor Blogger berbeda-beda walaupun dalam 1 akun Blogger.
  • untuk penggantian yang blogspot menjadi net, cname 2 =  wr...pau, jodohnya adalah Hostname 2 yaitu  gv-ql...googlehosted.com. 
c. Setelah Anda mengcopy paste cname dan hostname, janganlah mengeklik tombol "Simpan" dulu, silakan tinggalkan( sebaiknya jangan ditutup ) browser yang memuat dasbor Blogger tersebut, kemudian buka lah tab browser baru untuk memasukkan Cname, Hostname, Nama Server, a record di DNS Management yang berada di dasbor tempat Anda membeli/menyewa domain com/TLD lainnya.

Jika dalam perkiraan, nanti Anda cukup lama dalam memasukkan Cname,Hostname, dan a record, maka Anda juga boleh/bisa menutup dasbor Blogger dulu ( gampang nanti dibuka lagi ), yang penting Anda sudah mengetahui dan menyalin Cname maupun Hostnamenya.

5. Login di Layanan Tempat Anda Membeli Domain com/ TLD lainnya
Sahabat Blogger, pada dasarnya pengaturan dan menu yang ada di dasbor semua penyedia domain/hosting itu sama saja. Nah untuk lebih mudahnya, di sini saya ambil salah satu contoh dasbor layanan penyedia domain. Contoh yang saya maksud yakni Dasbor Niaga Hoster.

Langkah-langkah memasukkan Nama Server,  Cname, Hostname, dan a record di Niaga Hoster :

a. Login member di Niaga Hoster
Silakan Anda login ke dasbor di mana Anda membeli domainnya. Pada contoh di bawah ini, yakni dengan memasukkan email dan password login member area niaga hoster, kemudian klik "Login"

Login Area di Tempat Dasbor Pembelian Domain
 b. Kelola domain com/TLD lainnya
Pastikan bahwa domain yang Anda beli sudah diaktifkan oleh Admin penyedia domain. Jika belum diaktifkan, silakan Anda hubungi Admiinnya dan meminta untuk segera mengaktifkan domain yang Anda beli. Setelah di dasbor, domain sudah aktif, silakan Anda kelola. Kalau pada contoh, dengan cara klik "kelola"

Cara kelola Domain TLD di dashboard layanan penyedia domain
c. Masukkan dan Update Nama Server
Untuk memasukkan nama server di niaga hoster sebagai berikut:
  • Klik DNS Management
  • Copy 4 Nama Server yang tertera di dasbor Niaga Hoster
  • Pastekan di halaman lain ( misalnya di word )
  • Klik menu "Nama Server"
Cara Memasukkan nama server
  • Masukkan 4 Nama Server seperti di atas ke 4 kolom yang tersedia
  • Klik "Update"
Cara Update Nama Server
d. Cara Memasukkan Cname 1 dan Hostname 1 di Niaga Hoster
  • Klik "DNS Management"
  • Klik "Add New Record"
Untuk memunculkan tulisan Cname, silakan Anda klik segitiga kecil pada kolom Record Type. Cname 1 dan Hostname 1 yang dimasukkan adalah seperti yang ada pada dasbor Blogger ( lihat kembali pada langkah yang ke-4 di atas ). Setelah dimasukkan, klik "Save changes"

Cara Memasukkan Cname 1 dan Hostname 1

e. Cara Memasukkan Cname 2 dan Hostname 2
Cara memasukkan cname dan hostname 2 sama dengan memasukkan cname dan hostname 1, yakni klik DNS Management, kemudian klik Add New Record dan klik segitiga kecil pada kolom Record Type.

Cname 2 dan Hostname 2 yang dimasukkan adalah yang tertera pada dasbor Blogger ( lihat langkah ke-4 di atas ). Setelah cname dan hostname 2 dimasukkan, kemudian klik "Save changes"
Cara Memasukkan Cname 2 dan Hostname 2
f. Masukkan a record
Masukkan 4 a record di bawah ini secara bergantian/urutan:
  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21
Cara Memasukkan a record
Cara memasukkannya yakni klik DNS Management, klik Add New Record, pastikan Record Typenya adalah A Record :
  • Pada kolom domain, ketik simbol : @
  • Pada kolom IP or Hostname, ketik : 216.239.32.21 
  • Klik Save changes
  • Setelah a record pertama tersimpan, silakan Anda masukkan 3 A Record yang lain dengan cara yang sama. Perbedaannya yakni A recordnya, ingat IP or Hostname pertama adalah 216.239.32.21, yang kedua : 216.239.34.21, yang ketiga:  216.239.36.21, dan yang keempat: 216.239.38.21
Jika pada setiap saat Anda mengisi kolom domain dengan simbol @ dan mengisi IP or Hostname , namun saat Anda menyimpan ternyata tidak bisa tersimpan, maka hal yang Anda lakukan adalah mengosongkan kolom domain tersebut, jadi hanya mengisi IP or Hostnamenya saja kemudian simpan.
g Pastikan di DNS Management sudah tercantum Cname 1 dan 2, Hostname 1 dan 2, dan 4 A Record

DNS Management

h. Setelah yakin di DNS datanya sudah lengkap, silakan Anda kunjungi/buka kembali Dasbor Blogger untuk menyimpan setelan domain pihak ketiga. Silakan klik "Simpan"
Menyimpan Domain TLD di Dasbor Blogger
Setelah Anda mengeklik "Simpan", tunggu proses penyimpanan berhasil. Jika penyimpanan domain com/TLD lainnya belum berhasil, ulangi kembali klik "Simpan" pada saat itu atau di jam yang lain pada hari itu.

Jika proses Ganti Domain Blogspot ke com berhasil, maka pada Dasbor Blogger akan tampil seperti screenshot:
Penerbitan Alamat Blog
  • #1. Alamat Blog pada kolom 1 adalah nama domain com/TLD lainnya yang baru Anda cantumkan untuk menggantikan domain blogspot Anda
  • #2. Alamat Blog pada kolom ke-2 adalah nama domain blogspot Anda
  • Semua url blogspot Anda yang sudah di mana-mana, jika diklik akan diarahkan ke domain com/TLD lainnya milik Anda
  • Tunggu kurang lebih 3 hari setelah Anda mengganti domain blogspot dengan domaincom/TLD lainnya. Lakukkan pengecekkan di Google dengan kata kunci yang kiranya salah satu artikel Anda akan muncul, nah berhasil kan,,,kini nama domain com Anda sudah muncul di mesin pencarian.
  • Klik "Edit" untuk mengalihkan domain tanpa www ke domain www milik Anda. Hal ini wajib Anda lakukukan karena jika ada calon pengunjung yang mengeklik/mencari domain Anda dengan tanpa www, maka akan dialihkan dengan sempurna ke domain www.namadomain.com/net milik Anda.
Pengalihan domain tanpa www ke www
  • beri tanda centang pada kolom "alihkan namadomainanda.com ke www.namadomainanda.com
  • klik "Simpan"
Setelan pengalihan domain com tanpa www ke domain-com dengan www
  • centang pada kolom "alihkan 10contoh.net ke www.10contoh.net
  • klik "Simpan"
Sukses. Kini domain blogspot Anda sudah berhasil diganti dengan domain com/net atau TLD lainnya. Silakan tambah rajin dalam membuat artikel, agar pengunjung blog Anda semakin hari semakin banyak.

Berbagai keuntungan mengganti domain blogspot menjadi com atau TLD lainnya

Apa sih keuntungan custom domain atau ganti domain blogspot.com.blogspot.co.id menjadi Top Level Domain seperti com, net, id, web.id, co.id dan TLD lainnya?, keuntungan mengubah domain blogsot.co.id/blogspot.com antara lain sebagai berikut:
  • Anda tetap bisa menggunakan dasbor blogger blogspot. Di mana dasbor www.blogger.com sangat mudah dipahami dan digunakan, sekali pun Anda baru kenal dunia blogging
  • penggunaan hosting blogger.com adalah gratis selamanya, jadi biaya blogging Anda bisa hemat banget
  • Anda terlihat nyata-nyata lebih serius dalam mengelola blog, jadi mbah Google dan para pengunjung blog Anda akan semakin yakin dan mantap dalam mengunjungi blog kesayangan Anda
  • blog Anda mampu bersaing dengan blog lain yang memiliki niche sama. Sebagai contoh, blog Anda niche tutorial komputer, Anda membuat artikel dengan tema/judul Cara Membuat Folder di Komputer. Sementara itu ada blog lain berniche sama dan adminnya juga membuat tema/judul yang sama dengan Anda. Jika panjang karakter dan kualitas artikel dan faktor lainnya berimbang, maka mbah Google akan memilih artikel Anda untuk ditempatkan di atas artikelnya dia.
  • meningkatkan semangat ngeblog
  • TLD lebih terlihat pendek dan singkat sehingga mudah diingat oleh para pengunjung
  • TLD lebih ngetrend
  • Alexa rank cepat ramping
  • blog Anda lebih dipercaya oleh pengunjung 
  • bagi publisher adsense, domain TLD bisa meningkatkan pendapatan dollar dari Adsense. 
Jika Anda merasa kurang jelas dengan bahasan di atas, silakan baca Cara Terbaru Ganti Domain Blogspot Menjadi Domain Com 

Demikian  artikel tentang Cara Custom Domain di Blogger/Cara Mengganti Domain Blogspot Menjadi .com Gratis Hosting dan Keuntungannya. Semoga bermanfaat

87 Komentar Cara Mudah Mengganti Domain Blogspot Menjadi com/net/TLD Gratis Hosting

  1. saya punya domain tapi saya parkir di wap gan, blognya pke domain default aja, mau beli lagi belum ada duit...
    hahahaha
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he, sebenarnya mau parkir di mana pun sama saja. Yang terpenting adalah update artikelnya. Sedangkan untuk rutin membuat artikel setiap hari masih terasa sulit. Salam sukses mas Icux

      Hapus
    2. info yg sangat bermanfaat dan sangat jelas

      Hapus
    3. Ya mungkin kayak gitu mas, misal ada yang belum jelas pun,,tolong ya dibantu dijelaskan,,,he

      Hapus
  2. Lengkap banget mas, panjang bener artikelnya, kalau sudah ganti keuntungannya apa? Saya baru buat kemarin apa saya sebaiknya ganti jadi domain sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keuntungannya antara lain :
      1. Lebih semangat ngeblog, karena merasa punya domain yang ga gratisan, he he
      2. Domain lebih singkat
      3. Lebih meyakinkan pengunjung

      Sebaiknya tunggu waktu yang tepat dulu mas. Waktu yang tepat untuk ganti domain yakni jika kita sudah benar-benar merasa yakin bisa aktif ngeblog

      Hapus
  3. Mas setiap hari penghasilan GA Anda brp?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he, silakan dicek sendiri ya mas,,kalau di website tempat mas Takim mengecek penghasilan kok website saya belum muncul,,,berarti ya penghasilan belum tentu,,masih naik turun,,he

      Hapus
  4. blog ini berapa kunjungan perharinya?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he, kuarng lebih 1.000 mas,,he he

      Hapus
    2. banyak sekali mas kunjungannya

      Hapus
    3. he he, seribu kok banyak sih bos Desa?

      Hapus
  5. wah tapi bisa dpt bnyak $ dari adsense ya?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak atau belum ya mas?, Alhamdulillah lumayan lah mas

      Hapus
  6. mas knp bpk adsense sy cm 0.01 per klik ya?. Apa ada yg salah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasang aja satu iklan adsense bro dan update dengan artikel ber kata kunci tinggi.

      Hapus
    2. Ga ada yang salah kok mas, masih faktor rejeki aja. Kuncinya sabar, usaha, dan berdo'a

      Hapus
    3. Benar sekali tuh jurusnya kang Jumanto, kadang kita perlu melepas beberapa iklan agar nilai kliknya tinggi

      Hapus
  7. Kalau saya kapok pake hosting gratisan ala Indo bro, bikin sakit hati.

    BalasHapus
  8. Tutorialnya komplite sekali kang, cocok buat yang lagi bingung cara custom domain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he, intinya untuk arsip ribadi bos, namun jika bisa bermanfaat bagi teman-teman ya itu yang saya harapkan. Makasih bos atas kunjungannya

      Hapus
  9. hosting blogger memang baik hati mas, walaupun kita sudah menggunakan domain TLD pihak blogger masih mau menampung nya :) petamax mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, 5 domain TLDku juga pakai hosting Blogger semua

      Hapus
    2. Senang nya punya blog yang rame gini

      Hapus
    3. Alhamdulillaah bos, he he baru mulai ramai pengunjungnya nih blognya

      Hapus
  10. makasih yah atas informasinya, jangan lupa kunjungi blog aku juga.
    QUEENXXX92

    BalasHapus
  11. Bro., saya baru mau ngerubah neh., mksh neh, lengkap banget tutornya., moga berhasil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok sama-sama bos.Ya semoga berhasil dan tambah banyak pengunjungnya ya bos Ashar

      Hapus
  12. Mau nanya dunk, kalau BLOGSPOT sudah di pindahkan ke Domain Berbayar, jika blog kita dihapus oleh google, apakah kita masih bisa mengaksesnya?

    BalasHapus
  13. Terimakasih infonya,ijin coba bro... :)

    BalasHapus
  14. Sangat bermanfaat, dan akan di coba

    BalasHapus
  15. Saya pernah beli domain dari jagoan hosting, tappi saya tidak bisa memasangnya. kebetulan punya saya juga blogspot.com, dan akan saya ganti menjadi.com. akhirnya sia-sia saja itu domain nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pakai niagahstr bos. Sebenarnya cara pengaturan DNS di mana pun sama.

      Hapus
  16. Nice info nanti coba saya coba step by stepnya soalnya jujur masih agak bingung, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bos, selamat mencoba, saya yakin Anda pasti bisa

      Hapus
  17. mas, saya waktu masukin 216.239.32.21 dan seterusnya sampai ke 4, kok tidak bisa muncul ya,, saya pakai domainesia dot kom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba mas di a record tidak usah pakai tanda @, kosongi saja

      Hapus
  18. mas, kalo hanya beli domain saja di niagahoster gimana??apa bisa mengubah blogspot menjadi .com tanpa hosting??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bisa banget mba. Tutorial di atas juga khusus bagi para Blogger yang ingin mengganti domaun blogspot dengan domain berekstensi com, net, org, dan lain-lain. Jika yang menghendaki hosting dan domainnya baru maka silakan baca di http://carawebsite.com/2016/02/02/cara-mudah-membeli-hosting-dengan-bonus-domain-tld-com-net-co-id-web-id-ac-id-or-id-sch-id-info-org-gratis-selamanya/

      Hapus
  19. mas mau nanya kan saya sudah berhasil memasing domain .com
    tapi kenapa pas di buka domain.com / blogspot.com masi error ya?
    di setting udh saya ceklis pengalihan domain.com ke www.domain.com tpi masi error?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pastikan bahwa name server sudah benar atau belum.Jika sudah benar, lanjut ke pengelolaan DNS, pastikan cname dan arecordnya dah benar.

      Hapus
  20. Kalo beli domain cara pembayarannya via apa gan? Maklum newbie. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada umumnya para penyedia domain menawarkan pembayaran dengan berbagai pilihan mas, bisa pakai paypal dan bisa via bank

      Hapus
  21. Mantap gan, berkat artikel agan, saya sukses mengganti domain ke dotcom di hari pertama punya blog. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mantap bos. Sobat termasuk Blogger pemula yang langsung berani mengambil langkah awal yang super bagus. Lanjutkan bos. Semoga menjadi Blogger yang sukses.

      Hapus
  22. Nah kalau sudah ganti .com , misalnya ahmadfahri.com kita nulis artikelnya masih melewati blogger.com atau tidak mas? Afwan baru belajar ngeblog, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mas Fahri menulis artikel dan aktivitas ngeblog lainnya masih tetap lewat dasbor Blogger.com mas. Karena yang ganti hanya domain blogspot ke com saja, sedangkan hostingnya tetap pakai Blogger.com.

      Nah ini dia asyiknya ngeblog di blogger blogspot. Di mana kita bisa pakai domain TLD, dan masih tetap bisa pakai hosting gratisan Blogger.

      Dengan demikian, web/blog kita lebih terlihat Ok, namun biaya operasional hanya kita kelurkan untuk pembelian domain TLD ( com ) tersebut.

      Hapus
  23. Sip gan infonya, detail bgt, mudah di mengerti.makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih bos atas kunjungan dan motivasinya.

      Hapus
  24. mantap gan infonya, btw ini gratis kan?

    BalasHapus
  25. mau nanya pas mau login kok gak bisa ya? ada peringatan "
    silahkan periksa kembali detil login anda", padahal kan email+pw nya udah bner???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pastikan dah login akun google dulu. Setelah berhasil login akun/email gmail barulah buka untuk login di www.blogger.com

      Hapus
  26. Mas syamsu mohon info nya kalo saya mau ganti tempelet gmna ya atau mas ada referensi trim.s

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Tony, coba cek di http://www.carasyamsu.com/2015/05/cara-mengganti-template-blog-di-blogger.html

      Hapus
  27. Assalamualaikum Mas Syamsu, tutorial bangus banget. Oh ya mau tanya nih mas, kalo umpama sudah ganti dari .blogspot.com menjadi .com, apakah artikel milik kita yang di temukan di pencarian google ketika di klik bisa nge-link ke .com nya mas ? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalaam Wr Wb. Ya mas, semuanya akan dialihkan ke domain com yang mas Syukur pakai.

      Hapus
  28. thanks mas, blog nya membantu, agak ribet ya dr dugaan saya heheh, nt aku prktekin mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaaa, sebenarnya ga ribet,,,hanya pembahasannya yang terlalu panjang,,jika dipraktekkan hanya sebentar kok bos.

      Hapus
  29. Trimakasih tausiyahnya Pak Syamsu, hhe
    Semoga jenengan selalu diberi barokah semuanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaa, tausiyah???bisa aza nih mas Avid. Aamiin, makasih atas do'anya

      Hapus
  30. min itu recordnya ke 4 nya dimasukin kan dan yang pertama di kasi @.... benar kaga gua min...?
    trus kok punyak gua di save msih sma aja tampilannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya 4 itu dimasukkan semua dan dikasih @ semua. Jika memang tidak bisa tersimpan, nah baru boleh dikosongi/tanpa @

      Hapus
  31. gan ini bener gratis apa beli domain dulu? bingung ane

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaa, ya beli domain dulu, yang gratis itu hosting Bloggernya. he he maaf

      Hapus
  32. bang tanya donk kalau udah di ganti domainnya dari yang semula .blogspot.com misa jadi .com itu termasuk hosted apa non-hosted
    sama adsennya kalau misalkan domain sayang yang blogspot.com ganti jadi com aja itu harus daftar adsense lagi apa ngga?makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bos Info, akun bos tetap hosted walaupun dah ganti domain TLD, namun sobat bisa melakukan upgrade. Silakan cari cara upgrade akun adsense dari hosted ke non hosted. Dah banyak banget teman-teman Blogger yang membuat tutorial seperti itu. Demikian bos, semoga membantu.

      Hapus
  33. Hahaha...pikirku .com nya gratis gan......tapi mantap artikelnya kapan-kapan bisa jadi panduan kalau ada doing.........

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaa, judulnya gimana sih?, ada yang salah ya bos?, he he

      Hapus
  34. tinggal jejak.... :D

    sewktu-waktu butuh...

    nice info gan.. :)

    BalasHapus
  35. Misalanya nama blog ku www.akucintakamu.blogspot.com dan aku udah ganti jadi www.iloveyou.com

    tapi aku mau ganti lagi jadi. www.ihopeyou.com

    jadi domain yang muncul itu itu www.ihopeyou.com

    waktu orang tls alamat website www.akucintakamu.blogspot.com jadi yang di tampilkan domainnya www.ihopeyou.com

    waktu orang tls alamat website www.iloveyou.com jadi yang di tampilkan domainnya www.ihopeyou.com


    gimana ya? mohon pertunjuknya

    BalasHapus
  36. sangat membantu, tapi apakah ada cara yang sama seperti di atas di lakukan untuk blog yang di wordpress.com
    sepertinya di wordpress tidak ada yang free

    BalasHapus
  37. Mantap bener nih Artikel.. Langsung saya bookmark :D
    kpan" akan saya praktekan tutorial ini...
    Bismillah..
    Thanks infonya mas (y)

    BalasHapus
  38. Tutorial mas Syamsu benar-benar jos gandos.. mantab.!

    BalasHapus
  39. Mantab mas syamsu,,,, saya juga beli domain,,, blogspot saya mau tk gnti .co.id

    BalasHapus
  40. jadi kita tetap bisa menggunakan fasilitas blog untuk bikin artikle ya om ... walaupun sudah beralih ke domain TLD

    BalasHapus
  41. artikelnya lengkap, lain waktu bisa di coba nih.. soalnya skg nulis blognya masih kumat2en..hihihi
    terima kasih infonya mas syamsu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya segera dicoba mas, he he. Kalau sering kumat nulis malah baik tuh mas,,hiks

      Hapus
  42. maklum newbie masbos, mksd nya merubah alamat blogspot mjd dot com gratisan itu : mmg merubah via PC atau notebokk sendiri tanpa membeli ke jasa penyedia hosting atau biro biro penyedia, sesuai step step diatas.

    nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap membeli domain TLD misal dot com mas

      Hapus
  43. Sebenarnya mau mau aja mas beli,yapi yg ane bingungin cara pembayarannya via apa,..klo via bank apa kita langsung transfer aja ke nomor rekening si penyedia domain/gmana gan...
    Newbie gan.

    BalasHapus
  44. Iya mas, untuk pembayarannya bisa langsung ke nomor rekening penyedia domain. Selengkapnya, silakan baca cara membeli domain com ( linknya ada di atas tuh). Jika ingin domain murah dan/atau yang gratisan silakan cari penyedia domain yang sedang promo, misalnya di Rumah Web, Niaga Hoster, dll

    BalasHapus
  45. kalau membeli domainnya di namecheap/godaddy tidak masalahkan ingin di hosting dengan blogger ?

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif di kolom komentar. Jika sobat ingin menautkan link blog, silakan pilih beri komentar sebagai Name/URL

Back To Top