Blog Gado-Gado_Multi Niche

Cara Memasang Widget Blogger Terbaru Featured Post Entri yang Diunggulkan dan Fungsinya

Cara Memasang/Menambahkan Widget ( Gadget ) Blogger Blogspot Terbaru Featured Post/Entri yang Diunggulkan dan Fungsinya- Sahabat Blogger, kabar gembira bagi kita karena Blogger Blogspot telah meluncurkan Widget/Gadget Terbarunya ( Fitur Blogger Blogspot Terbaru ) pada tanggal 11 Desember 2015 yakni Widget Featured Post ataupun Widget Post Entri yang diunggulkan. Dengan hadirnya widget blogger yang baru featured post ini, semua pengguna Blogger Blogspot bisa memasang/membuat/menambahkan widget featured post dengan cara yang mudah seperti halnya pada pemasangan widget blogger yang sebelumnya/lainnya.

A. Cara Memasang/Menambahkan Widget ( Gadget ) Featured Post Bawaan Blogger di Dashboard Blogger Blogspot

Cara Memasang Widget Blogger Terbaru Featured Post Entri yang Diunggulkan dan Fungsinya


Di bawah ini tutorial lengkap cara memasang featured post entri yang diunggulkan di blog blogger blogspot. Tutorial ini sengaja saya buat dengan lengkap karena biar para Blogger yang baru mulai belajar tentang ngeblog di Blogger.com lebih mudah mengikuti cara menambahkan featured post/pos unggulan andalan ini.Adapun langkah-langkah memasang featured post sebagai berikut:

1. Kunjungi dasbor blogger, silakan klik www.blogger.com
Setelah berada pada tampilan Dasbor Blogger silakan klik menu "Tata Letak "

Cara Menambahkan Gadget Featured Post di Blogger Blogspot

2. Klik menu "Tambahkan Gadget "

Widget/Gadget Featured Post ( Pos Unggulan ) dapat Anda tambahkan di mana pun ingin memasngnya, misalnya memasang gadget featured post di bagian sidebar kanan, sidebar kiri, footer ( kanan, tengah, kiri ), dan di posisi lainnya yang memungkinkan gadget bisa terpasang.

Pada tutorial menambahkan Gadget Featured Post kali ini, saya akan  memasang widgetnya di sidebar kanan blog Infocarabisnis.com, maka saya mengeklik tombol tulisan " Tambahkan Gadget " yang ada di sidebar kanan dasbor blog tersebut.

Menambahkan Gadget Blogger Featured Post


3. Klik " Entri yang Diunggulkan "

Setelah Anda mengeklik menu "Tambahkan Gadget", maka akan ada jendela munculan dengan tampilan seperti screenshot di bawah ini. Kemudian klik tanda plus  ( + ) atau pada tulisan " Entri yang Diunggulkan "

Cara Memasang Gadget Entri yang Diunggulkan

4. Konfigurasikan Entri yang Diunggulkan

Konfigurasikan Entri yang Diunggulkan
Gambar/tampilan Konfigurasikan Entri yang Diunggulkan

Pada tampilan menu Konfigurasikan Entri yang Diunggulkan tercantum beberapa sub menu yang harus Anda tentukan/pilih:

a.  Judul Gadget ( 1 )
Pada tampilan default sudah tertulis "Featured Post", Anda bisa menggantinya dengan kata-kata yang menurut Anda menarik untuk pengunjung, misalnya Artikel Unggulan, Artikel Pilihan, Utama, Terbaik, dan kata-kata yang memikat lainnya.

b. Cuplikan Entri ( 2 )
Pada tampilan cuplikan entri secara default sudah tercentang/terpilih "Tampilkan Judul Entri " dan "Tampilkan Gambar". Anda bisa memilih dengan tampilan default atau mungkin memilih hanya menampilkan judul entri. Hal yang terpenting dalam menentukan pilihan tentang cupikan entri yaitu pastikan Anda tetap mencentang judul entri, kalau misal  tidak menampilkan gambar itu ga jadi masalah.

Jadi jika :
  • memilih tampilan default maka tampilan judul entri, cuplikan post, dan gambar akan sempurna ( sangat disarankan )
  • hanya memilih judul entri yang tercentang maka hasil tampilan akan muncul judul entri dan cuplikan pos (  terserah pilihan Anda )
  • hanya mencentang tampilkan gambar maka hasil tampilan yang muncul yaitu cupilkan pos dan gambar ( jangan Anda lakukan )
  • menghilangkan centang tampilan judul entri dan tampilan gambar maka hasil tampilannya hanya cupilkan pos ( jangan sampai Anda lakukan )
c. Tentukan/Pilih Entri yang Diunggulkan ( 3 )

Pada tampilan default masih tertulis keterangan "Tidak ada entri diterbitkan untuk dipilih". Bagaimana cara memilih entri yang akan diterbitkan di featured post entri yang diunggulkan ?, caranya sangat mudah yakni hanya mengeklik salah satu judul entri yang termuat pada tampilan seperti yang terlihat pada gambar Konfigurasikan Entri yang diunggulkan di atas.

Pada gambar tersebut, pilihan judul entri yang muncul yakni 10 pos terbaru berdasarkan semua label blog. Anda juga bisa memfilter berdasarkan label tertentu untuk menampilkan pilihan-pilihan judul entri dengan cara mengeklik simbol menu segitiga yang berada di samping tulisan semua label, keudian mengeklik label yang ada sesuai keinginan Anda

Memilih Entri yang Diunggulkan Berdasarkan Label
Sahabat pembaca, baik Anda akan memilih judul entri berdasarkan semua label ataupun berdasarkan label yang dipilih, maka silakan klik salah satu judul entri yang akan ditampilkan sebagai Entri yang Diunggulkan di blog Anda. Pada contoh di bawah ini, saya akan memilih judul entri berdasarkan label "Adsense" dan saya memilih judul " Cara Daftar Google Adsense lewat Blogger" dengan cara mengeklik judul tersebut maka pada menu "Entri yang Diunggulkan" pun otomatis muncul judul tersebut.

Klik Judul Entri yang Diunggulkan
d. Klik "Simpan "

Setelah saya memastikan judul yang akan ditampilkan sebagai "Entri yang Diunggulkan " maka tampil juga pratinjau seperti screenshot di bawah ini. langkah selanjutnya klik "Simpan "

Pratinjau Entri yang Diunggulkan

5. Klik "Simpan Setelan " pada Dasbor Blogger

Pastikan "Featured Post/Entri yang Diunggulkan" sudah berhasil tersimpan di Tata Letak Dasbor Blogger. Anda bisa menggeser posisi widget/gadget tersebut kemudian klik "Simpan Setelan " dan lihat hasilnya di blog Anda. Selesai
Simapn Setelan Blogger

6. Contoh Tampilan Entri yang Diunggulkandi Blog

Di bawah ini adalah screenshot tampilan Entri yang Diunggulkan di Blog Infocarabisnis.com, atau Anda bisa melihat demonya langsung di Blog Infocarabisnis.com.

Contoh Tampilan Entri yang Diunggulkan di Blog
Seperti yang sudah saya tuliskan di atas bahwa tampilan yang sempurna/disarankan adalah tampilan lengkap yang memuat Judul Fitur, Judul Artikel, Cuplikan pos, dan Gambar. Dari 4 jenis tampilan tersebut, untuk Judul Entri merupakan judul yang juga sebagai link hidup. Oleh sebab itu Anda wajib menampilkan judul entri  jika memasang gadget featured post entri yang diunggulkan

B. Fungsi Widget/Gadget Featured Post Entri yang Diunggulkan

Sahabat Blogger, dari namanya saja kita sudah mengetahui gambaran tentang fungsi memasang widget featured post entri yang diunggulkan ini. Sebagai contoh kita memiliki artikel yang menurut kita dan pengunjung merupakan artikel menarik/penting untuk dibaca/diketahui namun karena berbagai faktor, kebetulan artikel tersebut jarang terdeteksi/terbaca oleh pengunjung.

Salah satu faktornya yaitu karena artikel unggulan kita tersebut kalah bersaing dalam merebut halaman pertamanya mbah Google. Faktor lain bisa terjadi juga artikel tersebut kalah dengan judul-judul entri yang termuat di Entri Populer. Karena judul entri yang tampil di daftar 10 Entri Populer belum tentu merupakan artikel terbaik  menurut kita dan pengunjung. Mengapa bisa demikian? karena pada umumnya pengunjung memilih untuk membaca hal-hal yang populer.

Jadi fungsi utama jika kita memasang widget featured post entri yang diunggulkan adalah untuk menampilkan artikel unggulan/andalan/penting yang belum mampu menembus halaman pertama Google dan atau belum banyak dibaca oleh pengunjung walaupun kita sudah memasang widget entri populer, widget pos baru, widget artikel acak, sehingga artikel unggulan kita mudah ditemukan dan dibaca oleh pengunjung.

Sahabat Blogger, dengan adanya widget featured post entri yang diunggulkan, kita dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya untuk mengenalkan artikel unggulan kita dengan cara memilih artikel unggulan kita dan memasangnya secara bergantian dalam waktu yang relatif. Sebenarnya kita juga bisa memasang lebih dari satu widget featured post tersebut di blog kita, namun pertimbangannya adalah mengenai menjadi berat atau tidaknya loading blog kita jika terlalu banyak widget.

Demikian tentang Fitur Blogger Terbaru serta Cara Memasang Widget Blogger Terbaru Featured Post Entri yang Diunggulkan dan Fungsinya. Semoga bermanfaat


Facebook Twitter Google+

5 komentar

wah keren nih, bisa di coba untuk meningkatkan pageview :)

Ya mas, semoga bisa sebagai sarana untuk lebih meningkatkan jumlah pengunjung blognya para Blogger

kok di blog saya tidak mau disimpan ya?

Mungkin judul blognya belum ada yang diklik ya bos?, atau jendela tampilannya terlalu sempit maupun lebar. Jika di jendela tampilan ga muncul/tidak terlihat tombol simpan, silakan dipersempit/diperluas jendela tampilannya sampai muncul tombol savenya

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top