Blog Gado-Gado_Multi Niche

Obyek Wisata Candi Borobudur dan Sejarahnya serta Harga Tiket Masuk Terbaru 2015/2016

Obyek Wisata Candi Borobudur dan Sejarahnya serta Harga Tiket Terbaru 2015/2016- Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta sehingga sebagian orang mengira bahwa Candi Borobudur adalah tempat wisata yang terletak di Yogyakarta atau sebagai Obyek Wisata Joga.

A. Sejarah Candi Borobudur

Candi Borobudur peninggalan sejarah bercorak Budha yang candinya berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia,sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia dan masuk ke dalam daftar 7 keajaiban dunia.

Candi Borobudur sebagai tempat wisata

Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha. Borobudur memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia..Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma)
.
Stupa Candi Borobudur
Stupa Utama Candi Borobudur

Monumen ini merupakan model alam semesta dan dibangun sebagai tempat suci untuk memuliakan Buddha sekaligus berfungsi sebagai tempat ziarah untuk menuntun umat manusia beralih dari alam nafsu duniawi menuju pencerahan dan kebijaksanaan sesuai ajaran Buddha.[Para peziarah masuk melalui sisi timur memulai ritual di dasar candi dengan berjalan melingkari bangunan suci ini searah jarum jam, sambil terus naik ke undakan berikutnya melalui tiga tingkatan ranah dalam kosmologi Buddha. Ketiga tingkatan itu adalah Kāmadhātu (ranah hawa nafsu), Rupadhatu (ranah berwujud), dan Arupadhatu (ranah tak berwujud). Dalam perjalanannya ini peziarah berjalan melalui serangkaian lorong dan tangga dengan menyaksikan tak kurang dari 1.460 panel relief indah yang terukir pada dinding dan pagar langkan.

Stupa Candi Borobudur

Menurut bukti-bukti sejarah, Borobudur ditinggalkan pada abad ke-14 seiring melemahnya pengaruh kerajaan Hindu dan Buddha di Jawa serta mulai masuknya pengaruh Islam.[Dunia mulai menyadari keberadaan bangunan ini sejak ditemukan 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles, yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jenderal Inggris atas Jawa. Sejak saat itu Borobudur telah mengalami serangkaian upaya penyelamatan dan pemugaran. Proyek pemugaran terbesar digelar pada kurun 1975 hingga 1982 atas upaya Pemerintah Republik Indonesia dan UNESCO, kemudian situs bersejarah ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia.

Borobudur kini masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan; tiap tahun umat Buddha yang datang dari seluruh Indonesia dan mancanegara berkumpul di Borobudur untuk memperingati Trisuci Waisak. Dalam dunia pariwisata, Borobudur adalah obyek wisata tunggal di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan. ( Sumber bacaan: https://id.wikipedia.org/wiki/Borobudur )

B. Candi Borobudur sebagai Warisan Budaya Dunia

Candi Borobudur sebagai Warisan Budaya

Candi Borobudur merupakan peringatan dari kerajaan Mataram Kuna yang dibangun pada abad VIII M dan berlatar belakang agama Budha. Candi Borobudur oleh UNESCO telah dimasukkan dalam daftar World Heritage List ( WHL ) sebagai Warisan Budaya Dunia ( World Cultural Heritage ) dengan Nomor 348 tanggal 13 Desember 1991 dan kemudian diperbarui menjadi Nomor 592 Tahun 1991.

Sebagai Warisan Budaya Dunia Candi Borobudur memenuhi kriteria:
  •  mewakili sebuah mahakarya kejeniusan kreatif manusia
  • memperlihatkan pentingnya pertukaran nilai-nilai kemanusiaan, dalam suatu rentang waktu atau dalam suatu kawasan budaya di dunia terhadap pengembangan arsitektur atau teknologi, karya monumental, tata kota atau rancangan lansekap
  • secara langsung atau nyata terkait dengan peristiwa-peristiwa atau tradisi yang masih hidup, dengan gagasan atau keyakinan dengan karya sesni sastra yang memakai nilai-nilai universal yang signifikan.
C. Candi Borobudur sebagai Objek Wisata

Candi Borobudur sebagai Taman Wisata
 Peresmian Candi Borobudur sebagai Objek Wisata

Taman wisata Candi Borobudur diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Soeharto pada tanggal 6 Juli 1989.

Tamasya/Rekreasi/Plesiran/Study Tour ke Tempat Wisata Candi Borobudur

Rute Perjalanan Wisata Candi Borobudur
 Peta Borobudur

Candi Borobudur merupakan tempat wisata yang sangat disukai oleh pengunjung baik wisatawan dari dalam negeri ( wisatawan domestik ) maupun luar negeri ( wisatawan mancanegara ), ataupun wisatawan asing domestik.

1. Rute Perjalanan di Wisata Candi Borobudur

Tamasya ke Candi Borobudur
 Halaman Pintu Masuk Candi Borobudur
Jika Anda berkunjung ke tempat wisata Candi Borobudur, maka dari tempat parkir kendaraan para wisatawan, Anda harus berjalan kaki menuju pintu masuk Candi Borobudur.

2. Tempat pembelian tiket masuk Candi Borobudur

Loket Pembelian Tiket Masuk Candi Borobudur
Loket Pembelian Tiket Masuk Objek Wisata Candi Borobudur

3. Harga Tiket Masuk Obyek Wisata Candi Brobudur 2015-2016

Harga Tiket Masuk Obyek Wisata Candi Brobudur 2015-2016
Harga tiket masuk ke Candi borobudur adalah Rp 30.000,00 per orang untuk setiap kali masuk. Adapun jika kita berkunjung dengan rombongan maka ada layanan dispensasi, khusunya bagi rombongan study tour yakni bisa gratis tiket masuk untuk guru pendamping.

Pintu Masuk Wisata Candi Borobudur

Setelah Anda membeli tiket masuk, Anda harus antri untuk masuk ke pintu masuk Candi Borobudur. Petugas yang mengatur antrian masuk akan memeriksa satu per satu tas/barang yang dibawa oleh para pengunjung. Setelah petugas memastikan bahwa tas/barang yang dibawa dinyatakan aman maka pengunjung baru diperbolehkan masuk.

Setelah masuk, silakan menikmati Pemandangan Indah Wisata Candi Borobudur

Demikian sekilas tentang Obyek Wisata Candi Borobudur. Semoga bermanfaat

Facebook Twitter Google+

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top