Blog Gado-Gado_Multi Niche

Cara Mudah Mengubah Folder menjadi Rar/Winrar dan Zip

Cara Mudah Mengubah Folder menjadi Rar-Winrar dan Zip- Bagaimana cara menyimpan file ke dalam bentuk rar-winrar dan/atau ZIP ? , untuk bisa menyimpan file ke rar/winrar dan Zip tentunya  file format microsoft word, excel , file PDF, notepad, JPG,GIF,  dan sebagainya harus dimasukkan ke dalam folder terlebih dahulu. Baca Cara Membuat Folder pada Komputer. Selain itu pastikan bahwa di komputer atau laptop Anda sudah terinstal aplikasi Winrar, jika belum, silakan Anda dapat mengunduhnya di http://www.win-rar.com  dan kemudian menginstalnya.

Apa itu WinRar dan Zip?
WinRAR adalah sebuah perangkat lunak shareware pengarsipan dan kompresi yang dibuat oleh Eugene Roshal. WinRAR dapat mengarsipkan berkas-berkas menjadi format RAR atau ZIP. Pocket RAR, sebuah versi untuk Pocket PC, tersedia secara freeware. Sedangkan  ZIP adalah standar pemampatan data (data compression) yang paling populer, diciptakan oleh Phil Katz. Dengan pemampatan data, ukuran data akan lebih kecil sehingga penggunaan media penyimpanan atau transfer data apa pun akan menjadi lebih efisien. Berkas-berkas ZIP dapat diawamampatkan (decompress) dengan berbagai macam program perangkat lunak gratis (freeware) maupun perangkat lunak uji coba (shareware), seperti Winzip. Winzip juga mampu melakukan proses pemampatan dengan standar ZIP.( Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/WinRAR dan https://id.wikipedia.org/wiki/ZIP  ).

Cara Mudah Mengubah Folder menjadi Rar/Winrar dan Zip

Sobat pembaca, jika Anda akan berbagi file yang Anda kirim lewat email, facebook, dan/atau Anda ingin mengunggah file di gooogle drive serta kegiatan kirim mengirim/upload/menyimpan di media penyimpanan atau pengiriman yang lain, maka sangat efektif dan efisien jika file-file format apapun milik Anda dimasukkan ke 1 folder dan kemudian diubah ke dalam bentuk Rar/Winrar atau Zip.

Sebenarnya Anda juga bisa melakukannya dengan cara manual yakni mengirim/mengunggah/menyimpan satu persatu dari beberapa file milik Anda, namun hal ini akan membutuhkan waktu yang lama dan tentunya boros pulsa internetnya.

Misalnya Anda ingin mengirim beberapa file dengan berbagai format lewat email atau facebook, maka Anda cukup memasukkan beberapa file tersebut ke dalam satu folder, kemudian mengubah/menyimpan folder tersebut menjadi Rar/WinRar atau Zip dengan cara sebagai berikut:

1. Cari folder yang akan diubah
Langkah pertama yaitu mencari folder Anda yang akan diubah ke file format WinRar atau Zip atau mungkin terlebih dahulu Anda memasukkan file-file format Word, Excel, JPEG, GIF, Notepad, XML, XPS, XML, dan lain-lain ke dalam 1 folder seperti contoh di bawah ini.

Cara Mudah Mengubah Folder menjadi Rar/Winrar dan Zip
 2. Add to archive
Add to archive
  • pilih folder yang akan diubah
  • klik kanan
  • klik "Add to archive"
3. Pilih RAR atau ZIP
Pilih RAR atau ZIP
  •  untuk nama arsip bisa sama dengan nama folder dan bisa juga diganti dengan nama yang lain
  • tentukan/pilih RAR atau ZIP sesuai kebutuhan/keinginan Anda
  • klik "OK", selesai. Folder Anda yang asli tetap ada. Adapun arsip RAR/ZIPnya bisa Anda cari/temukan di tempat Anda menyimpan folder tersebut. Misalkan Anda menyimpan di local disk D maka arsip WinRar/ZIPnya juga akan tersimpan di D.
Demikian sekilas tentang Cara Mudah Mengubah Folder menjadi Rar-Winrar dan Zip. Semoga bermanfaat.
Facebook Twitter Google+

13 komentar

Caranya cukup mudah dan tidak ribet yah mas, saya juga bisanya menggunakan cara seperti di atas

Wah ternyata blog ini banyak membahas seputar office yah mas, kalo gitu ijin follow blognya yah biar gak ketinggalan update terbaru dari blog ini :)

Keberadaan winrar dan zip ini sangat membantu ketika kita ingin berbagi file lewat email misalnya sehingga file tersebut jadi lebih kecil ukurannya dan tentu bisa menghemat quota internet :D

Iya mas, nih hanya mengulang lembaran lama bos, he he

Hanya dikit kok mas. Silakan mas. Makasih banget

Iya bos, makasih dah menambah info tentang winrar dan zip

Penting sekali yah kang winrar dan zip ini. Keberadaannya memang sangat berguna untuk membuat hemat tempat penyimpanan data, lebih simpel dan tidak memakan banyak memory.

Wah... kalau begini tinggal dilanjut cara ekstrak-nya ya Mas...

Iya mas Dedy, belum sempat membuat tutorialnya.he he

Iya mang,jadi lebih praktis

Mampir sini lagi kang, izin follow blognya ya, haturnuhun...

Maturnuwun kang, tapi jangan menyesal ya???,,,karena artikelnya baru dikit ,,jarang update sih

Kalau untuk windows 8 gimana ya caranya?

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top