Blog Gado-Gado_Multi Niche

Banjir dan Tanah Longsor di Kebumen Akibat Guyuran Hujan Sekitar 10 Jam; Sebagian Warga Kebumen Laporkan Korban Bencana Ini ke Wakil Bupati lewat Facebook

Info Kebumen 18-19 Juni 2016_Banjir dan Tanah Longsor di Kebumen Akibat Guyuran Hujan sekitar 10 Jam; Sebagian Warga Kebumen Laporkan Korban Bencana Ini ke Wakil Bupati Kebumen (Bapak Yazid Mahfudz) lewat Facebook_Hujan lebat dan ringan terjadi di Kebumen selama sekitar 10 jam. Pada hari Sabtu, 18 Juni 2016 pukul 15.30 WIB hujan ringan mulai mengguyur beberapa wilayah kecamatan di Kebumen. Khususnya di wilayah Kecamatan Sempor, terjadi hujan lebat sejak pukul 17.00 - 20.00 WIB. Saat ini, Minggu 19 Juni 2016 pukul 01.50 hujan gerimis masih terjadi di Kecamatan Sempor ( khususnya di Desa Sidoharum Kec. Sempor).
Banjir dan Tanah Longsor di Kebumen Akibat Guyuran Hujan sekitar 10 Jam; Sebagian Warga Kebumen Laporkan Korban Bencana Ini ke Wakil Bupati lewat Facebook
 Terowongan Ijo Kebumen Terkena Banjir, Akibatkan Kereta Api Tidak Bisa Lewat

Banjir dan tanah longsor terjadi di beberapa kecamatan wilayah Kabupaten Kebumen
Hujan deras dan ringan di Kebumen mengakibatkan di beberapa desa/kecamatan di kota berslogan beriman ini terjadi tanah longsor dan banjir. Di bawah ini beberapa desa/kecamatan yang terkena musibah banjir dan tanah longsor berdasarkan laporan dari warga Kebumen:

1. Banjir di Dukuh Karang Kemiri, Desa Purbowangi Kecamatan Buayan
Berdasarkan laporan sebagian warga Kebumen melalui komentar di status faceboknya Wakil Bupati Kebumen, banjir terjadi di Dukuh Karang Kemiri  Desa Purbowangi Kec. Buayan.

Seperti yang terlihat pada screenshot di bawah ini, bahwa Wakil Bupati Kebumen ingatkan warga Kebumen untuk waspada hujan lebat, banjir, dan tanah longsor.
Wakil Bupati Kebumen ingatkan warga Kebumen untuk waspada hujan lebat, banjir, dan tanah longsor.

2. Tanah Longsor di Dukuh Semampir, Desa Sampang, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen
Longsor yang terjadi pada pukul 18.30 WIB di Dukuh Semampir Desa Sampang Kecamatan Sempor mengakibatkan 3 rumah terbawa longsor dan diperkirakan ada 5 orang yang tertimbun. Teman-teman BPBD Kebumen sedang menuju lokasi, kata Mas Rosyid lewat komentar di status facebooknya Wakil Bupati Kebumen (Bapak Yazid Mahfudz)
 
Ini tanggapan Wakil Bupati Kebumen
Tim sudah diturunkan, efakuasi korban dilanjutkan besok pagi karena situasi yg tidak memungkinkan karena hujan masih turun, listrik padam,dan antisipasi susulan tanah longsor.

3. Banjir di Desa Bumiagung, Rowokele, Ayah, dan Jatiluhur
Banjir di Desa Bumiagung Dukuh Sibango sampai Desa Rowokele Banjir dan Arus Lalin Jalan Bumiangung Rowokele sementara ditutup karena jalan terendam air setinggi 1 meter dan untuk jembatan di Dukuh Margoluyu Desa Jatiluhur dinyatakan hilang terbawa arus air sungai Kretek.

Korban jiwa sampai saat sekarang belum bisa di pastikan dan juga untuk kerugian juga belum.termonitor sebab cuaca masih hujan deras, untuk Desa Ayah tergenang air ± diatas lutut dan sebagian lumpur berbatu disekitar perhutani. Di Rt 03/02, 1 rumah tertimpa pohon, 2 peternakan ayam roboh. Disigong dekat pom bensin tiang listrik roboh dan 3 rumah tertimpa longsor lumpur berbatu. 3 pohon roboh menutup jalan sehingga mengakibatkan akses jalan macet.(Mas Rosyid)

4. Laporan Kades Wagirpandan tentang bencana di Desa Wagirpandan yang diakibatkan hujan lebat via Mas Rosyid:
  • Longsor+banjir bandang mengakibatkan kerusakan 2 rumah rusak berat terseret banjir(saheri & mustakom rt 3/4) utara SDN Wagirpandan3. Jalan K-1 menuju lokasi (sebelah reservoir BPBD) juga putus
  • Longsor di RT 7/2 (rumah bapak Sanwari dan Saipul)
  • Angin kencang merusak rumah ibu mainem rt 7/2 tidak ada korban jiwa.

5. Laporan Iskak Danu W tentang Korban Banjir via Mas Rosyid:
Kretek 1/1 Rowokele_Info: pasien di rumah sendiri ditemukan sudah tidak bernyawa. Rumah korban di pinggir sungai, ketinggian banjir se dada orang dewasa.

Demikian sekilas info tentang Bencana Banjir dan Tanah Longsor di Kebumen Akibatkan Korban Jiwa, Rumah Roboh, dan Lahan Pertanian Rusak. Kepada semua warga Kebumen, mari kita membantu korban bencana ini dengan tenaga, doa, maupun harta. Kepada semua warga Indonesia, kami juga mohon do'anya agar pemerintah dan warga Kebumen bisa segera bisa mengatasi bencana ini.

Kepada Warga Kebumen, khususnya yang berada di kecamatan Sempor, Gombong, Buayan, Kuwarasan, dan Puring juga perlu waspada, namun jangan berlebihan,,,jika Anda mendengar isu tentang air di Waduk Sempor penuh dan hampir meluap. Semoga bendungan Waduk Sempor tidak jebol. Karena walaupun meluap, kan sudah ada pelimpahannya sehingga kita boleh saja khawatir namun jangan terlalu.

Seperti yang kita ketahui bahwa jika waduk Sempor meluap, maka limpahannya akan mengalir ke sungai Jatinegara_Kalibeji_Sidoharum_Purbowangi_Semampir_Mergosono_Rogodono_dan terus ke jalur sungai di wilayah Kecamatan Buayan hingga akhirnya ke Pantai Suwuk Kecamatan Puring. Untuk saat ini (19 Juni 2016 pukul 02.10) sungai Jatinegara Sempor masih banjir cukup besar.
Facebook Twitter Google+

7 komentar

di kecamatan saya malah 7 tewas mas.

Ya... ampun... mana mau lebaran...
Semoga yang terkena musibah selalu tabah dan mendapatkan bantuan...
Salam,

Aamiin. Makasih atas do'anya ya mas Dedy

Innalillaahi wa inna ilaihi rojinguun

Ya Tuhan, saya turut prihatin buat saudara-saudara yang tertimpa musibah di daerah Kebumen. Dimana-mana hujan terus memang ya mas, di surabaya dan gresik beberapa hari ini juga hujan terus.

Salam Kenal :)

Terimakasih mas, atas perhatiannya. Salam kenal juga mas Inggit

smoga keluarga yg terkena musibah diberikan ketabahan..amin

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top