Blog Gado-Gado_Multi Niche

Cara Membuat Animasi GIF Bergerak dengan Photoscape

Cara Bikin Animasi GIF Bergerak dengan Photoscape_Bagi Anda yang banyak memiliki foto selfie, foto keluarga, foto liburan, atau koleksi foto lainnya dan ingin menjadikan foto-foto tersebut menjadi DP BBM animasi bergerak gif dan atau bagi Blogger yang ingin mempercantik blognya dengan tampilan-tampilan gambar animasi GIF, maka Anda bisa memanfaatkan berbagai aplikasi software pembuat animasi GIF bergerak seperti photoscape, phoshop, dan aplikasi lainnya. Namun pada halaman ini, saya khususkan tentang Cara Bikin Animasi Bergerak Gif Menggunakan Photoscape. Adapun sebelum lanjut ke langkah-langkah membuat animasi gif dengan photoscape, coba perhatikan contoh animasi gif sederhana dengan objek beberapa foto varian mobil pajero sport 2016 di bawah ini.
Cara Membuat Animasi GIF Bergerak dengan Photoscape
Animasi GIF

Nah, kalau Anda melihat sekilas, memang animasi gambar gif pajero bergerak di atas cukup membuat pusing karena berubahnya warna-warna pajero dengan durasi 0,50 detik dan bergeraknya ga karuan karena ukuran gambarnya ada yang besar dan kecil sehingga terlihat pajeronya maju mundur.

Ahaa, Anda pasti sudah mengetahui jumlah gambar pajero yang dibutuhkan pada animasi bergerak di atas kan?, ya karena warnanya memang beda-beda sehingga mudah untuk dihitung, namun jika animasi bergerak dengan jumlah foto yang banyak dan misalnya dengan objek foto yang sama tapi berbeda ukuran maka jumlah foto yang digunakan akan sulit untuk dihitung, kadang si pembuat animasi saja sampai kelupaan.

A. Foto yang Disiapkan untuk Pembuatan Animasi GIF Bergerak
Oh ya, daripada Anda pusing melihat gambar pajero yang geraknya ga karuan di atas, silakan lihat gambar/foto 6 warna gambar pajero format GIF yang ada pada animasi gif bergerak sebagai berikut:

1. Pajero warna black
Pajero Sport Black
 Pajero Sport Black

2. Pajero Deep Bronze
Pajero Sport Deep Bronze
Pajero Sport Deep bronze

3. Pajero Silver
Pajero Sport Silver
 Pajero Sport Silver

4. Pajero Terra Rossa
Pajero Sport Terra Rossa
 Pajero Sport Terra Rossa

5. Pajero Titanium
Pajero Sport Titanium
Pajero Sport Titanium

6. Pajero White
Pajero Sport White
Pajero Sport White


B. Langkah-Langkah  Membuat Animasi GIF Bergerak dengan Photoscape

1. Kumpulkan foto-foto yang akan  dibuat animasi GIF
Ya, silakan Anda pilih foto yang Anda sukai. Adapun untuk banyaknya foto yang digunakan untuk dibuat animasi, silakan sesuaikan dengan keinginan Anda. Sebanyak-banyaknya juga ga masalah, ahaa paling kendalanya jadi memakan waktu lama dalam pembuatan. 

Selain itu jika terlalu banyak objek fotonya maka otomatis memperbesar ukuran filenya. Nah ini khususnya bagi Anda yang ingin menjadikan fotonya untuk DP BBM Android, sebaiknya ukuran setelah jadi animasi GIF maksimum 35 KB. Jika ukurannya lebih dari ukuran tersebut, maka animasi GIF tidak bisa tampil sempurna di layar perangkat kelas atas yang Anda gunakan.

2. Pastikan bahwa format fotonya GIF 
Ahaa, mungkin foto Anda kebanyakan formatnya masih JPG/JPEG, jika demikian maka Anda harus merubah terlebih dahulu dari JPG ke GIF secara online atau menggunakan software. Baca Cara Mengganti Foto Format JPG menjadi GIF dengan Photoscape.

3. Buka Software Photoscape

4. Klik Animated GIF
Animated GIF Photoscape

5. Buka Folder Foto/Gambar Format GIF

Buka Folder Foto/Gambar Format GIF
  • klik folder foto Anda
  • pastikan foto sudah berada di lokasi photoscape (lihat contoh di atas)
6. Geser Foto ke Lokasi Pembuatan Animasi GIF Photoscape

Geser Foto ke Lokasi Pembuatan Animasi GIF Photoscape
  • geser satu per satu foto GIF dari kiri halaman photoscape ke bagian atas ( perhatikan contoh pada screenshot di atas). Untuk cara menggeser gambar, saya rasa Anda sudah mahir. Ya hanya dengan mengarahkan kursor ke objek foto, kemudian tekan dan geser sampai ke bagian atas halaman photoscape.
  • setelah semua gambar GIF dipindahkan ke bagian atas, silakan Anda klik "Change time" dan sesuaikan durasi berubah-ubahnya gambar sesuai keinginan Anda. Sudah maklum, semakin kecil angkanya maka semakin cepat juga durasi tampilan dari gambar satu ke lainnya. Oh ya, Anda juga bisa melakukan pengaturan effect gambar dengan mengeklik "Change effect" dan pilih effect sesuai selera Anda.
  • setelah pengaturan time, effect, dan lainnya selesai, silakan Anda simpan animasi GIF buatan Anda dengan menekan menu "Save"
7. Beri nama animasi GIF Anda dan simpan

Beri nama animasi GIF Anda dan simpan

8. Cek Hasilnya
 Contoh Animasi GIF dengan Effect Right Photoscape

Nah, animasi GIF di atas adalah contoh animasi bergerak dengan effect right photoscape (gambar bergerak dari kiri ke kanan). Anda juga bisa menggunakan effect yang lain seperti effect animasi yang datang dari kanan ke kiri, atas ke bawah, bawah ke atas, animasi berkedip, dan sebagainya.

Selamat dan semangat berkreasi dalam membuat animasi GIF bergerak dengan photoscape. Semoga sukses.
Facebook Twitter Google+

2 komentar

Wah... saya mau mobil aslinya aja... bisa gak Mas Syamsu... hehe :D

Bisa banget mas, silakan ambil di dealer terdekat,,he he

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top