Blog Gado-Gado_Multi Niche

Indahnya Suasana Lebaran Idul Fitri di Kampung Halaman

Indahnya Suasana Lebaran Idul Fitri di Kampung Halaman_Suasana lebaran di desa memang sangat mengasyikan, oleh sebab itulah lebaran ini menjadi magnet yang kuat bagi para orang perantauan sehingga mereka menyempatkan waktu liburan lebaran untuk mudik atau pulang ke kampung halamannya. Aneka kegiatan lebaran sejak berbuka puasa di hari terakhir bulan Ramadhan, membayar zakat fitrah, halalbihalal, sampai dengan tamasya bersama keluarga di momen liburan lebaran meruapakan aktivitas menyenangkan yang sulit ditemukan di daerah kota. Ha ha, buktinya perantau di kota-kota juga banyak yang memilih lebaran di kampung halaman.
Indahnya Suasana Lebaran Idul Fitri di Kampung Halaman

Kegiatan Lebaran di Kampung Halaman

1. Buka Bersama Keluarga
Pengalaman lebaran di kampung halaman diawali dengan berbuka puasa bersama semua keluarga. Ini tentunya sangat nikmat dan asyik sambil bernostalgia. Adapun menu makanan buka puasa biasanya istimewa, bahkan banyak juga yang jauh sebelum pulang ke kampung, mereka sudah pesan ke orang tuanya untuk memasak makanan yang menjadi kesukaannya waktu di desa.

2. Membayar Zakat
Setelah buka puasa dan Shalat Maghrib, suasana di kampung sangat ramah dan indah. Masyarakat Islam di kampung nampak sibuk beraktifitas mengunjungi rumahnya para saudara/tetangga yang berhak menerima zakat untuk memberi zakat fitrah kepada mereka. Nuansa  seperti ini banyak manfaatnya, seperti: para penerima zakat fitrah menjadi lebih makmur senang di hari yang fitri, mengeratkan tali persaudaraan, dan manfaat lainnya.

3. Takbir Bersama di Masjid/Musholla
Setelah zakat dibayarkan, masyarakat di kampung menjalankan Shalat Isa berjamaah, dan setelah itu mengumandangkan kalimah takbir bersama di Masjid/Musholla. Ada juga yang mengadakan takbir keliling. Kegiatan takbir di Masjid pada umumnya dilakukan sampai waktu Shubuh dan disambung dengan Ibadah Shalat Shubuh. Setelah itu kembali takbir bersama sampai menjelang Shalat Id. Oh ya jangan lupa baca 2 Macam Takbir Hari Raya yang Wajib Diketahui

4. Shalat Id dan Halalbihalal
Baca Tradisi Halalbihalal di Hari Raya Idul Fitri


Facebook Twitter Google+

2 komentar

Sangat indah kang, oya masalah takbir itu, banyak orang yang tidak tahu kalau di hari raya ada dua macam tabir ya kang? ada takbir mursal dan takbir muqayyad

Iya kang, luar biasa indahnya. Ahaa,,iya kang,,,silakan itu bagiannya kang Oim yang membahasnya.

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top