Blog Gado-Gado_Multi Niche

Kegiatan Umum pada Malam Takbiran Lebaran di Indonesia

Kegiatan Umum pada Malam Takbiran Lebaran di Indonesia_Apa saja sih kegiatan umum yang dilakukan oleh umat Islam Indonesia saat malam takbiran lebaran Idul Fitri dalam setiap tahunnya?. Sobat pembaca, sebelumnya saya sudah membahas tentang kegiatan masyarakat Islam yang terkait dengan Ibadah, baca Aneka Kegiatan Ibadah di Malam/Hari Raya Idul Fitri . Nah kali ini bahasannya yaitu kegiatan umum di malam lebaran di Indonesia. Seperti tradisi di kampung/desa/kota, jika malam lebaran ya di Masjid/Musholla, kaum muslimin setempat melakukan takbiran bersama.
Kegiatan Umum pada Malam Takbiran Lebaran di Indonesia
Takbiran di Masjid

Nah, sebagian umat Islam melakukan takbiran bersama di Masjid/Musholla dan sebagian yang lain tentunya melakukan kegiatan yang beraneka ragam, antara lain sebagai berikut:

1. Mencari Keperluan untuk Persiapan Perayaan Hari Raya Idul Fitri
a. Membeli Sembako
Alfamart

Di malam lebaran, ternyata masih banyak umat Islam yang sibuk membeli berbagai kebutuhan sembako. Hal ini terbukti warung-warung yang menyediakan sembako masih laris manis di malam takbiran. Selain di warung sembako, masyarakat juga banyak yang membeli sembako di mini/super market seperti di Indomart, Alfamart, dan lainnya.


b. Membeli busana Muslim
Toko Busana Muslim

Ahaa, mungkin karena di bulan Ramadhan mereka belum sempat membeli pakaian untuk lebaran, maka di toko-toko baju muslim/muslimah masih terlihat banyak orang yang sedang membeli kebutuhan pakaiannya. Jadi tak heran kan kalau menjelang lebaran, toko busana muslim laris manis.

Di atas hanya dua contoh saja, masih banyak kebutuhan lain yang tidak saya sebutkan di halaman ini.

2. Kumpul bersama teman/saudara
Di malam lebaran, sangat banyak kerumunan orang di berbagai tempat, misalnya di depan rumah, pinggir jalan, pasar, dan tempat lainnya.

Di berbagai kumpulan para teman tersebut, nampaknya mereka mayoritas sedang asyik ngobrol dan temu kangen antara penunggu desa dengan para perantau yang lagi mudik.

Ahaa, tepat juga sih momen malam lebaran dimanfaatkan untuk meningkatkan rasa persaudaraan dengan cara berkumpul dan juga mungkin makan bersama. He he, semoga saja tidak ada yang salah dalam mengisi malam lebaran. Jadi, semoga sudah tidak ada lagi pesta yang sifatnya negatif seperti ma*bu*k-m*abu*kan dan lainnya.

3. Masih dalam Perjalanan Mudik
Bagi perantau yang malas untuk berdesak-desakan sewaktu mudik di H-7 sampai H-1 dan atau memang jatah libur kerjanya mulai malam lebaran, maka mereka juga mudik di malam takbiran. Keuntungan mudik di malam lebaran yaitu arus lalu lintas sudah sepi sehingga perjalanan bisa lancar tanpa macet. Namun memang ruginya yaitu yang lain sudah santai di kampung halaman, malah mereka masih dalam perjalanan.

Pada malam lebaran, umumnya arus lalulintas sudah lancar, stasiun dan terminal juga sudah sepi. Sebagai contoh nih di:

Stasiun Gombong juga dah sepi.
Stasiun Gombong

Terminal Gombong Sunyi
Terminal Gombong

Arus lalu lintas lancar

Arus Mudik pada Malam Lebaran

Itulah beberapa contoh kegiatan umum di malam lebaran. Semoga lebaran Anda menyenangkan.
Facebook Twitter Google+

2 komentar

oo....malam takbiran di Indonesia mah meriah banget dan pastinya berasa banget malem lebarannya, saya mah di sini (baca: London) nggak kerasa kalau besok lebaran, mau sholat eid aja bingung sholat eid dimana...hadeuh

Kalau saya nyetok sayur mayur mas pas lebaran tutup semua

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top