Blog Gado-Gado_Multi Niche

Tradisi Halalbihalal di Hari Raya Idul Fitri

Tradisi (Bahasa Latin: traditio, "diteruskan") atau kebiasaan, dalam pengertian yang paling sederhana adalah sesuatu yang telah dilakukan untuk sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dari suatu negara, kebudayaan, waktu, atau agama yang sama. (https://id.wikipedia.org/wiki/Tradisi ). Tradisi maaf maafan di hari raya idul fitri sudah sangat melekat sejak dahulu pada masyarakat Islam Indonesia. Sebenarnya mana yang benar antara kata halalbihalal atau halal bi halal dan/atau halal bilhalal?, serta apa pengertian halalbihalal itu?. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata yang baku adalah halalbihalal yang mengendung pengertian "hal maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadan, biasanya diadakan di sebuah tempat (auditorium, aula, dan sebagainya) oleh sekelompok orang".
Tradisi Halalbihalal di Hari Raya Idul Fitri
Tradisi halal bihalal dilakukan oleh umat islam setelah merayakan Hari Raya Idul Fitri, tepatnya setelah menjalankan ibadah Shalat Id. Waktu pelaksanaan maaf memaafkan sesama orang Islam baik laki-laki maupun perempuan di satu daerah dengan daerah yang lain tidak tentu sama. Di bawah ini beberapa tradisi dalam pelaksanaan tradisi halalbihalal dengan berbagai model maupun waktu pelaksanaannya.

1. Pelaksanaan Halalbihalal Tepat Setelah Jama'ah Shalat Id ( Hari H_ 1 Syawal)
a. Halalbihalal sesama laki-laki
Setelah Shalat Id di Masjid/Lapangan, langsung diadakan acara saling maaf memaafkan antara sesama muslim.

b. Halalbihalal sesama perempuan
Para muslimah melakukan halalbihalal setelah Shalat Id

Setelah halalbihalal muslim dengan muslim dan muslimah dengan muslimah, selanjutnya ada dua tradisi yang berlaku:

1). Muslimah minta maaf kepada muslim di tempat Shalat Id
2). Semua muslim dan muslimah pulang ke rumah masing-masing, kemudian ada kegiatan halalbihalal dengan cara mengunjungi ke rumahnya yang akan dimintai maaf. Adatnya yang muda berkunjung ke rumahnya keluarga/teman yang lebih tua/terhormat.

2. Pelaksanaan Halalbihalal pada H+1, H+2, sampai H+6
Model tradisi halalbihalal yang dilaksanakan bukan pada hari H ini ada 6 waktu pelaksanaannya, ini tergantung tradisi di daerah tertentu. Jadi pada hari pertama (tanggal 1 Syawal) setelah Shalat Id, jama'ah langsung pulang semua. Adapun halalbihalal dilakukan pada tanggal 2-7 Syawal sesuai kesepakatan maupun pengadatan daerah masing-masing.

Nah dari 2 macam waktu pelaksanaan halalbihalal di atas, pada umumnya halal bihalal dilakukan pada hari pertama lebaran. Bagaimana tradisi halalbihalal di daerah Anda?
Facebook Twitter Google+

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif.

Back To Top