Cara Cek Kecepatan Loading Blog dan Cek Blog Mobile Friendly

Cara Test/Cek Kecepatan Loading Blog/Website dan Cek Blog Mobile Friendly_Beberapa hari ini saat membuka laman google chrome, saya dan mungkin juga Anda melihat tampilan di pojok kanan atas laman berupa link tawaran untuk mencari tahu seberapa baik performa situs kita di perangkat seluler dan desktop. Nah karena penasaran dengan tawaran "Tes situs Anda bersama Google", akhirnya saya pun mencoba mengeklik "Tes Sekarang", dan ternyata menuju laman Alat Pengujian Kecepatan Situs Versi Seluler.
Cara Tes Kecepatan Loading Blog dan Cek Blog Mobile Friendly

Tes Kecepatan Loading Blog dan Cek Blog Mobile Friendly dengan Alat Pengujian Kecepatan Situs Versi Seluler/Desktop

1. Mengunjungi https://testmysite.thinkwithgoogle.com 
Wah setelah sampai di laman think with google, ternyata ada pertanyaan yang membuat semakin penasaran saja " Apakah situs Anda sudah mobile-friendly?", yah seperti cara cek blog/website mobile friendly pada alat penguji situs lainnya, saya pun memasukkan url blog ini: websitebisnisonline.com dan mengeklik tombol "UJI SEKARANG"
Tes Kecepatan Loading Blog dan Cek Blog Mobile Friendly dengan Alat Pengujian Kecepatan Situs Versi Seluler/Desktop

2. Hasil Pengecekan Blog Website Bisnis Online
Berikut skor untuk websitebisnisonline.com:
a. Kesesuaian untuk seluler: 99/100 (bagus)
b. Kecepatan seluler: 85/100 (bagus)
c. Kecepatan desktop: 95/100 (bagus)

Wah sesuai keterangan "Sepertinya kecepatan blog Anda sudah bagus", memang sih sudah lumayan bagus, namun untuk kecepatan selulernya masih 85/100 jadi sepertinya perlu ada perbaikan agar lebih bagus lagi. Oleh karena ada tawaran "Dapatkan laporan detail untuk mengetahui hal apa yang memengaruhi skor Anda", maka saya pun mengeklik "DAPATKAN LAPORAN GRATIS"

Hasil Pengecekan Blog Website

3. Kirimkan saya hasil detail
Kirimkan saya hasil detail
Untuk mendapatkan laporan detail tentang blog websitebisnisonline ini, saya hanya memberi tanda item di depan tulisan "Ya, kirimkan saya laporan dan email sesekali beserta tips berguna tentang cara meningkatkan kehadiran olnie saya. Google dapat mengirimkan saya rekomendasi untuk produk dan layanan Google tertentu dan menghubungi saya dengan bantuan dan tips lebih lanjut berdasarkan hasil TesMySite", memasukkan email, dan mengeklik tombol "KIRIM"

4. Laporan Anda akan siap dalam waktu kurang dari satu jam
Laporan Anda akan siap dalam waktu kurang dari satu jam
Setelah saya cek email ternyata baru 10 menit sudah ada laporan detail tentang blog website bisnis online.

5. Hasil Detail Pengecekan Blog Website Bisnis Online
Hasil Detail Pengecekan Blog Website Bisnis Online

a. Kesesuain untuk Seluler
Kesesuain untuk Seluler
Skor website bisnis online untuk kesesuian seluler adalah 99/100, jadi termasuk sudag bagus dalam poin: hindari plugin, konfigurasi viewport, sesuaikan ukuran konten ke viewport, sesuaikan ukuran target tap, gunakan ukuran font yang dapat dibaca.

b. Kecepatan Seluler
Kecepatan Seluler
Prioritaskan konten yang terlihat
Untuk kecepatan seluler sebenarnya sudah cukup baik yakni 85/100, namun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, antara lain tentang penggunaan redireksi pada landing page, pemanfaatan cache browser, pengoptimalan gambar, dan tentang waktu respons server.

c. Kecepatan Desktop
Kecepatan Desktop
Kurangi waktu respons server
Lambatnya loading blog website bisnis online dipengaruhi oleh kurang optimalnya gambar dan lainnya, pada intinya perlu ada perbaikan agar loading blog bisa lebih cepat.

Wah wah ternyata banyak juga nih PR saya untuk mempercepat loading blog dan meningkatkan kesesuaian situs dengan perangkat seluler/desktop. Bagaimana dengan website/blog sobat???, sudahkah dites bersama Google?, jika belum silakan dites ya sob???,,,selanjutnya perbaiki mana-mana yang masih perlu dan/atau harus diperbaiki. Selamat dan semangat ngeblog, semoga semakin sukses.

Demikian tentang Pengalaman saya dalam Mengetes Kecepatan Loading Blog dan Mengecek Blog Mobile Friendly dengan Alat Pengujian Kecepatan Situs Versi Seluler. Semoga bermanfaat.

Pembaca yang terhormat, jika artikel di atas bermanfaat bagi Anda, maka tentunya bisa bermanfaat juga bagi teman Anda. Untuk itu, silakan bagikan artikel ini ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif di kolom komentar. Jika sobat ingin menautkan link blog, silakan pilih beri komentar sebagai Name/URL

 
Home - Sitemap - About - Disclaimer - Privacy Policy - Contact
Back To Top