22 April 2017

Cara Terbaru Ekspor dan Impor Artikel Blog di Blogger

Cara Ekspor dan Impor Konten Blog di Blogger_Ekspor atau backup konten artikel blog adalah proses mengambil data konten blog dengan cara mengunduh data yang telah tersimpan di dasbor blogger. Tujuan utama ekspor konten blog adalah untuk menyimpan data cadangan. Adapun fungsi ekspor (backup) konten blog yaitu untuk mengembalikan data asli, ketika konten blog hilang karena terhapus maupun rusak. Jadi, bagi para pengguna blogger, sebaiknya melakukan backup data blog secara rutin, misalnya 1 bulan sekali. Selain untuk mengembalikan konten yang hilang, hasil downloadan (Konten Cadangan yang Tersimpan dalam File Format XML) dari kegiatan ekspor konten blog juga bisa dimanfaatkan sebagai file cadangan untuk dipindahkan dengan cara diupload di blog lain.
Cara Ekspor dan Impor Konten Artikel Blog di Blogger

Cara Memindahkan Postingan Artikel Blog ke Blog Lain ( ekspor dan impor konten artikel blogspot)

Jika Anda punya beberapa blog, dan ingin menggabungkan konten dari 2 atau lebih blog, maka Anda tidak perlu repot-repot melakukan copy paste artikel dari blog satu ke lainnya dan/atau dari blog lama ke blog baru, karena cara tersebut jelas tidak praktis dan tidak baik di hasil penelusuran mesin pencari,,,bahkan artikel Anda bisa terdeteksi sebagai artikel hasil copas dari blognya orang lain.

Lantas bagaimana cara yang aman, mudah, dan cepat dalam memindahkan postingan artikel dari blog lama ke blog baru?, selengkapnya silakan simak Cara Ekspor dan Impor Konten Artikel Blog di Blogger/Blogspot di bawah ini.
Sobat Blogger, pada tutorial ini saya ambilkan contoh nyata sesuai pengalaman saya dalam memindahkan seluruh postingan artikel yang ada di blog kumpulanpuisi.web.id ke blog puisimasyhuri.com. Jadi, pada poin A adalah pembahasan tentang ekspor artikel blog lama (kumpulan puisi), sedangkan pembahasan tentang impor konten artikel blog PuisiMasyhuri ada pada poin B.

A. Cara Ekspor (Backup) Konten Artikel Blog di Blogger.com

1. Login ke www.blogger.com 

2. Masuk ke Dasbor Blogger Blog yang Akan Diekspor

3. Cadangkan Konten
Cara Ekspor (Backup) Konten Artikel Blog di Blogger
Setelah Anda berhasil masuk di dasbor blogger, silakan Anda klik menu "Setelan" dan "Lainnya", kemudian klik "Cadangkan Konten"

Cadangan konten memuat pos yang sudah diterbitkan maupun yang masih dalam draf, laman, dan komentar.

3. Simpan ke Komputer
Simpan ke Komputer
Silakan klik "Simpan ke komputer", maka konten artikel blog akan otomatis terunduh dan masuk ke folder yang Anda terapkan sebagai penyimpan file hasil download.

4. Konten Blog Berhasil Disimpan/Didownload
Konten Blog Berhasil Disimpan/Didownload

Seperti yang saya tuliskan di atas, bahwa konten artikel blog yang kita unduh berupa kode-kode yang tersimpan dalam file format XML. Adapun nama filenya akan otomatis sesuai dengan waktu ekspornya, contoh: blog-03-27-2017.xml

Konten Blog Hasil Ekspor
Nah, untuk proses ekspor konten blog telah selesai dengan hasil downlodan yang berupa file konten blog format XML seperti di atas. Ingat-ingat tentang letak penyimpanan file tersebut, agar pada proses memindahkan artikel blog lama ke blog baru dapat dilakukan dengan lancar dan cepat. Selanjutnya, silakan simak cara proses impor konten blog, pada poin B di bawah ini.

5. Kembali ke Draf
Kembali ke Draf

Setelah konten blog berhasil diekspor, silakan menuju ke menu pos dan kembalikan semua pos diterbitkan ke draf. Hal ini penting dilakukan agar nantinya artikel tidak terdeteksi sebagai konten ganda, ketika konten sudah berpindah ke blog baru. Lebih aman lagi, silakan hapus saja semua postingan di blog yang telah berhasil diekspor tersebut.

Nah, ini contoh postingan artikel yang sudah dikembalikan ke draf
contoh postingan artikel yang sudah dikembalikan ke draf

B. Cara Impor Konten Artikel Blog (Memindahkan Postingan Blog Lama ke Blog Baru)

1. Login ke www.blogger.com

2. Masuk ke Dasbor Blogger Blog yang Akan Mengimpor Konten Artikel
Setelah saya masuk ke dasbor blogger, ternyata aru ada 1 artikel yang diterbitkan di blog puisimasyhuri sebelum mengimpor artikel dari blog kumpulan puisi.
Cara Impor Konten Artikel Blog (Memindahkan Postingan Blog Lama ke Blog Baru)
3. Impor Konten
Impor Konten Blog
Setelah mengeklik Setelan dan lainnya, klik "Impor Konten"

4. Impor dari Komputer/Laptop
Impor dari Komputer

Pada proses impor dari komputer, yang saya lakukan yaitu:

a. Membiarkan tanda Centang pada keterangan "Publikasikan semua pos dan laman yang telah diimpor secara otomatis"

b. Untuk membuktikan bahwa saya bukan robot, maka saya memberi tanda centang pada "Saya bukan robot"

c. Mengeklik tombol "Impor dari komputer"
Setelah "Impor dari komputer" saya klik, langkah selanjutnya yaitu mengunggah/mengupload file konten artikel blog hasil ekspor dari blog lama yakni file "blog-03-27-2017.xml" seperti yang terlihat pada poin A.4 di atas. Saya pun menunggu sampai proses upload selesai selama beberapa detik. Ya tentunya semakin banyak kontennya maka akan semakin lama proses impornya.

5. Impor Blog Telah Berhasil
Nah, proses impor blog telah sukses, buktinya 13 artikel di kumpulanpuisi.web.id telah berhasil dipindahkan ke blog puisimasyhuri.com

Impor Blog Telah Berhasil

Demikian tentang Cara Memindahkan Postingan Artikel Blog ke Blog Lain dengan Proses Ekspor Impor Konten Blog. Semoga bermanfaat.

2 Komentar Cara Terbaru Ekspor dan Impor Artikel Blog di Blogger

  1. SAYA PAKAI CARA INI BUAT PINDAHKAN ARTIKEL DARI SATU BLOG KE BLOG LAIN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip mas Rijal, semoga semakin sukses

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif di kolom komentar. Jika sobat ingin menautkan link blog, silakan pilih beri komentar sebagai Name/URL

Back To Top