7+ Cara Ngeblog bagi Pemula agar Menjadi Blogger Sukses

Tips Sukses Ngeblog bagi Pemula agar Menjadi Blogger yang Sukses_Bagaiamana cara merawat atau membangun blog dengan baik dan benar agar blog berkembang sehingga seorang Blogger bisa menjadi sukses?, untuk menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut tentunya seorang Blogger harus mengusai ilmu ngeblog, baik ilmu yang terkait dengan masalah teknis blogging maupun non teknis, karena merawat dan mengembangkan blog tanpa didasari ilmu yang cukup maka bisa berakibat menurunkan gairah ngeblog atau aktivitas ngeblog menjadi membosankan sehingga akhirnya blog menjadi vakum dan kurang memberikan manfaat bagi Admin maupun pengunjung blog .

Untuk ilmu ngeblog yang terkait teknis blogger yang wajib dipelajari misalnya pengetahuan tentang domain, widget blog, google webmaster, alexa traffic rank, dan lain sebagainya. Sedangkan ilmu ngeblog yang sifatnya non teknis misalnya ilmu tentang cara membuat artikel blog yang baik dan menarik agar disukai pengunjung, ilmu tentang cara mempopulerkan blog, ilmu tentang bagaimana menghasilkan uang dengan blog, dan lain-lain. Adapun untuk memiliki blog yang sukses atau agar Anda menjadi Blogger Pemula yang sukses, Anda bisa mengikuti langkah-langkah sukses ngeblog yang tipsnya antara lain seperti yang saya tuliskan di bawah ini.
Kumpulan Cara Ngeblog agar Menjadi Blogger Sukses bagi Pemula
Tips Blogging

1. Tentukan Tujuan Ngeblog Anda
Mumpung umur blog Anda masih muda, jika Anda saat kemarin membuat blog belum punya tujuan yang pasti, maka saat inilah waktu yang tepat untuk menentukan tujuan dari Anda membuat blog.

Adapun tujuan utama Anda ngeblog pastinya adalah untuk berbagi informasi sehingga blog Anda bisa bermanfaat juga bagi para pengunjung. Tentu tujuannya demikian kan?, jika iya,,saya ucapkan selamat karena tujuan Anda merupakan tujuan yang mulia. Di mana sebaik-baik manusia adalah orang yang bisa banyak memberikan manfaat bagi orang lain.


Selain tujuan utama tersebut, Anda juga tidak bisa disalahkan jika memiliki tujuan lain yang antara lain sebagai berikut:

a. Ngeblog untuk Mencari dan Menghasilkan Uang
Tujuan ngeblog agar mendapatkan uang merupakan salah satu tujuan blogging yang wajar bagi para Blogger Indonesia, karena  aktivitas ngeblog tentunya memerlukan biaya operasional misalnya untuk membeli paketan internet, membeli template blog, perawatan PC/laptop, dan lain sebagainya.

Kegiatan ngeblog memang sudah terbukti sebagai salah satu cara untuk bisa menghasilkan uang lewat internet. Di mana saat ini sudah banyak yang menjadikan hobi ngeblog menjadi profesinya sehingga merupakan sumber penghasilan utama seorang Blogger untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dirinya dan keluarganya.

Ada juga yang memanfaatkan blogging sebagai solusi menambah penghasilan atau sebagai pekerjaan sampingan karena memang Blogger model seperti ini sudah memiliki pekerjaan tetap di bidang lain.

b. Hobi Ngeblog untuk Menyalurkan Hobi
Blogger juga banyak yang menjadikan Hobi Ngeblognya sebagai media untuk menuangkan ilmunya di blog tentang aktivitas yang menjadi hobinya.

Sebagai contoh, ada Blogger yang hobi ngeblog dan menuliskan pengalamannya tentang blogging. Nah pada umumnya Blogger pemula juga banyak yang belajar ngeblog sekaligus berbagi informasi tentang pengalaman ngeblognya baik yang dipublikasikan di blog multi niche maupun di blog dengan niche blog tertentu.


Selain contoh di atas, banyak juga yang ngeblog dengan topik yang berkaitan dengan hobinya misalnya membuat artikel tentang hobinya dalam memelihara burung, tentang olah raga, tentang memancing, dan sebagainya.

c. Ngeblog untuk Mengasah Pikiran
Kegiatan ngeblog memang butuh banget ilmu pengetahuan tentang segala hal yang terkait, misalnya untuk membuat artikel tentang cara membuat roti tentunya butuh ilmu tentang cara membuat roti disertai pengalaman membuat roti. Dengan demikian sangat masuk akal jika para Blogger juga memiliki tujuan ngeblog untuk mengasah pikiran agar semakin cerdas.

Sobat Blogger, apapun tujuan blogging Anda, yang jelas Anda wajib memiliki tujuan utama ngeblog yakni tujuan berbagi informasi atau tips.

Namun tentunya Anda juga memiliki tujuan lainnya seperti yang saya tulis pada poin 1.a, 1.b, 1.c di atas, dan saya yakin  Anda memiliki tujuan ngeblog selain tersebut, untuk itu saya minta tolong agar kiranya Anda berkenan berbagi info, jadi  silakan tambahkan tujuan ngeblog Anda di kolom komentar agar bisa menjadi bahan pembelajaran bagi saya dan teman-teman blogger yang membacanya.

2.  Jadilah Blogger yang Memiliki Mindset Pebisnis
Adanya Mindset Positif bagi seorang Blogger sangatlah penting demi berkembangnya sebuah blog. Sebenarnya dalam kita menanamkan mindset/pola pikir bisa terdiri atas beberapa pola pikir yang baik dan benar, misalnya Mindset Karyawan, Mindset Pemimpin, dan pola pikir lainnya. Namun pada halaman ini bahasannya adalah mindset yang wajib dimiliki oleh seorang Blogger yakni pola pikir pebisnis.

Apa itu Mindset Pebisnis dan Mengapa Blogger harus Memilikinya?
Mindset Pebisnis merupakan mindset yang harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin sukses dalam mencapai tujuannya, di mana jika seseorang memiliki pola piikir pebisnis maka otomatis dalam diri seseorang tersebut tertanam mindset positif lainnya

Sebagai contoh, seorang Pemimpin musti punya mindset pebisnis sehingga beliau bisa menyejahterakan lahir  dan batin bawahannya, begitu juga Mindset Pebisnis bagi Blogger sehingga seorang Blogger bisa memberikan manfaat dan rasa nyaman bagi pembaca/pengunjungnya.

3. Rajin Belajar tentang Semua Ilmu yang Dibutuhkan untuk Ngeblog 
Seperti yang sudah sedikit saya tuliskan di atas, bahwa menjadi Blogger pemula yang ingin sukses dalam membangun blognya, maka harus mempelajari semua ilmu ngeblog.

Mengapa demikian?, karena blog yang dibuat tanpa ilmu yang memadai maka akan tampil berantakan sehingga pengunjung tidak akan betah untuk berlama-lama singgah di blog, selain itu artikel yang dibuat dengan minimnya pengusaan ilmu tentang tema artikel yang dibuatnya maka artikel tersebut akan terasa hampa makna di hati pengunjung.


4. Bertanggung jawab atas Isi Artikel yang Anda Postingkan
Isi artikel blog harus bisa dipertanggungjawabkan baik secara Agama, Moral, Norma Hukum, dan semua Norma yang berlaku di masyarakat.

Selain itu, semua Blogger harus bertanggung jawab atas isi artikel yang dipostingkannya. Dalam artian jika ada pengunjung menanyakan sesuatu terkait Artikelnya seorang Blogger, maka si Blogger wajib memberikan solusi, karena mendapat jawaban dari Admin blog merupakan hak dari pengunjung blog. He he, memang itulah salah satu risiko menjadi Blogger, saya sendiri masih proses belajar untuk bisa memberikan haknya para pengunjung.

5. Buatlah Artikel dengan Mengutamakan Faktor Manfaat bagi Pengunjung
Seiring dengan tumbuh dan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi menjadikan para pengunjung blog semakin cerdas dalam melakukan filter terhadapa isi artikel yang ada di internet.

Hal ini otomatis berakibat menyingkirkan artikel-artikel yang dibuat dengan ilmu yang kurang dikuasai. Jadi, artikel yang mutunya rendah tidak mungkin menjadi rujukan para pengunjung. Ini saja jika pengunjung kebetulan mampir untuk membaca artikel di blognya seorang Blogger, karena artikel yang kurang bermanfaat akan dengan sendirinya terhalang tampil di 10 besar halaman awal google, bahkan tidak lulus uji juga untuk menempati halaman ke-2, ke-3 sampai ke-10 di halaman hasil pencarian.


6. Lakukan Promosi Blog secara Bijak
Adanya blog yang umurnya masih muda alias blog baru pada umumnya masih sulit untuk menerima lalulintas organik, oleh sebab itu pada proses awal seorang Admin blog harus berusaha untuk mengenalkan blognya melalui cara online via media sosial seperti google plus, facebook, twitter, dan medsos lainnya.

Selain itu, promosi blog juga bisa dilakukan secara manual atau offline misalnya dengan membuat selebaran dan cara lainnya. Namun wajib diperhatikan bahwa dala melakukan promosi jangan sampai berlebihan atau nyepam, lakukanlah promosi dengan baik, benar, dan bijak.


7. Rajinlah Membuat Artikel yang Berkualitas Baik
Agar Blog Anda cepat berkembang, sebaiknya Anda rajin posting artikel yang baik dan menarik. Coba baca Ciri-Ciri Artikel yang Menarik

8. Buatlah Artikel yang Banyak
Ciptakan artikel yang banyak setiap hari, kalau bisa lebih dari 2 artikel setiap hari dalam 1 blog. Kalau belum bisa ya bisa dilakukan sesuai dengan segarnya pikiran Anda.

Demikian tentang Tips Ngeblog agar Menjadi Blogger Sukses bagi Pemula. Semoga bermanfaat.

Pembaca yang terhormat, jika artikel di atas bermanfaat bagi Anda, maka tentunya bisa bermanfaat juga bagi teman Anda. Untuk itu, silakan bagikan artikel ini ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

2 komentar

wah saya pemula bgto baca tips dari kang syamsu langsung praktekan gan good artikelnya

Ahaaa, pemula tapi baru 3 tahun ngeblog ya kang???he he

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif di kolom komentar. Jika sobat ingin menautkan link blog, silakan pilih beri komentar sebagai Name/URL

 
Home - Sitemap - About - Disclaimer - Privacy Policy - Contact
Back To Top