17 Mei 2017

Cara Kompres Gambar Format JPG, PNG, dan GIF Online Tanpa Mengurangi Kualitas

Cara Kompres Gambar JPG/JPEG, PNG, dan GIF secara Online Tanpa Mengurangi Kualitas Foto/Gambar_Untuk kepentingan atau keperluan unggah/upload gambar di website tertentu maupun untuk gambar pendukung artikel suatu blog/web, maka sebaiknya kita mengompres gambar agar proses upload dapat berhasil dengan cepat. Terkadang ada juga suatu website yang membatasi ukuran maksimal gambar yang bisa diunggah, misalnya maksimal 200 KB dan sebagainya. Nah, jika Anda ingin memperkecil ukuran file foto atau gambar JPG, PNG, dan GIF dengan hasil gambar yang tetap terlihat jelas seperti aslinya, maka gunakan alat kompres gambar JPEG/PNG/GIF online. Dengan alat kompres gambar online, ukuran file gambar Anda bisa berkurang hingga 70% bahkan sampai 90% dari ukuran file gambar semula.

A. Cara Kompres Gambar JPG/JPEG Online Tanpa Mengurangi Kualitas Gambar/Foto
Sebenarnya banyak alat kompres gambar JPG online, namun di sini saya ambil contoh salah satunya saja, yakni compressjpeg.com. Dengan alat kompres gambar JPEG online ini Anda bisa mendapatkan hasil gambar yang memuaskan. Berdasarkan pengalaman saya yang sudah terbiasa menggunakan alat ini, pernah saya mengompres gambar ukuran 3,01MB bisa terkompres menyusut 82% sehingga menjadi 565 KB, dan mantapnya gambar hasil kompres tetap jelas seperti aslinya.

Nah, Anda pasti ingin mencoba mengompres gambar kan?, ya silakan persiapkan dulu gambar yang akan dikompres. Sebagai contoh, saya sudah siapkan foto/gambar kuda dengan size 206 KB. Coba nanti bisa susut berapa persen dan atau mengecil jadi berapa KB.
Cara Kompres Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas

Langkah-langkah kompres gambar JPEG online sebagai berikut:

1. Kunjungi web Kompres JPEG Online, silkan klik compressjpeg.com 
2. Unggah file gambar JPG yang akan dikompres
Unggah file gambar JPG yang akan dikompres
Silakan lakukan unggah file dan tunggu proses unggah dan kompres sampai selesai. Anda bisa mengunggah maksimal 20 file format JPEG untuk dikompres sekaligus. Namun, pada contoh di atas, saya hanya mengompres 1 gambar dengan size 206 KB.

3. Unduh gambar JPG hasil kompres
Unduh gambar JPG hasil kompres
Setelah kompres selesai, silakan unduh hasil kompres gambarnya. Anda bisa mengunduh langsung format JPG dan bisa juga mengunduh format ZIP yang di dalamnya terdapat hasil kompres gambar format JPG.

Contoh ukuran gambar/foto format JPG sebelum dan sesudah dikompres online
Contoh ukuran gambar/foto format JPG sebelum dan sesudah dikompres online
gambar di atas merupakan contoh gambar dengan size 206 KB (gambar asli sebelum dikompres) dan yang di sebelah kanan adalah gambar hasil kompresan yakni gambar dengan ukuran 51,9 KB (menyusut 75%)

B. Cara Kompres Gambar PNG Online Tanpa Mengurangi Kualitas

1. Kunjungi compresspng.com 

2. Klik UNGGAH FILE untuk memilih hingga 20 gambar PNG yang ingin dikompres. Tunggu hingga proses pengunggahan dan pengompresan selesai.

3. Klik UNDUH SEMUA untuk mengunduh semua file yang dikompres sekaligus, dimasukkan dalam sebuah file ZIP. Atau Anda dapat mengunduh setiap gambar satu per satu.

C. Cara Kompres Gambar GIF Online Tanpa Mengurangi Kualitas

1. Kunjungi gifcompressor.com 

2. Klik tombol UNGGAH FILE, lalu pilih hingga 20 file GIF yang ingin kamu kompres. Tunggu hingga preses kompresi selesai.

3. Download semua file satu per satu atau pakai tombol UNDUH SEMUAuntuk mendapatkan semuanya sekaligus dalam sebuah arsip ZIP.

Demikian Cara Kompres Gambar JPG/JPEG/PNG/GIF Online Tanpa Mengurangi Kualitas. Semoga bermanfaat.

3 Komentar Cara Kompres Gambar Format JPG, PNG, dan GIF Online Tanpa Mengurangi Kualitas

  1. Kedua situs diatas memang jadi tempat favorit saya untuk nge-kompress image mas.

    Ada satu lagi nih rekomendasi dari saya mas buat nge-kompress image : tinyjpg.com .

    Lebih mudah, jpg, jpeg, dan png bisa di kompress di satu tempat :)

    BalasHapus
  2. Ok mas Irfan, makasih atas rekomendasinya. Terima kasih juga atas hasil karya template-templatenya yang bagus-bagus, sehingga 90% blogku pakai templatenya mas Irfan

    BalasHapus
  3. penting sangat dan memang harus gambar yang akan di tempel diartikel di kompres terlebih dulu agar menjadi lebih ringan saat di buka

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif di kolom komentar. Jika sobat ingin menautkan link blog, silakan pilih beri komentar sebagai Name/URL

Back To Top