Letak Nomor Resi Pengiriman Kantor Pos

Apa itu nomor resi pos?, di mana letak nomor resi/barcode pada kertas bukti pengiriman pos?_Nomor resi pos adalah nomor bukti pembayaran yang ada pada kertas bukti pengiriman barang yang dikirim lewat kantor pos baik jenis pengiriman "Surat Kilat Khusus" maupun "Paket Pos Biasa/Kilat". Sobat pembaca, ketika antara penjual dan pembeli sudah melakukan transaksi barang dalam jual-beli online baik lewat internet maupun sms, maka langkah selanjutnya adalah si penjual melakukan proses mengirim barang lewat jasa pengiriman, dalam hal ini lewat jasa pengiriman kantor pos.
Letak Nomor Resi Pengiriman Kantor Pos
Saat penjual/pengirim barang telah mengirim barang lewat jasa pos Indonesia, maka sebaiknya si penjual memberi tahu nomor resi pengiriman pos kepada pembeli, agar si pembeli merasa nyaman dan bisa mengecek proses pengiriman barang yang dibelinya melalui cek resi pos secara online.

Jika si penjual belum menginformasikan nomor resi, sebaiknya si pembeli menanyakannya kepada penjual. Hal ini penting dilakukan agar kedua pihak sama-sama merasa lega dan yakin bahwa barang yang dikirim bisa diketahui status pengirimannya sampai atau belumnya.

Nah, bagi Anda yang terbiasa jual beli online dan pernah mengirim lewat pos tentunya sudah mengetahui letak nomor resi yang bisa dimasukkan pada cek resi pos online itu yang mana, namun masih ada sebagian orang yang baru menjadi penjual atau pembeli yang belum mengetahui letak nomor resi pos. Untuk itu, di halaman ini saya tunjukkan letak nomor resi bukti pembayaran pengiriman pos, sebagai berikut.

Saat Anda mengirim barang lewat Surat/Paket kilat di kantor pos, maka pegawai kantor pos akan membuat bukti pembayaran pengiriman barang. Di mana, jenis bukti pembayaran pengiriman barang yang dibuat oleh pos ada 2 macam.

1. Letak Nomor Resi di Bukti Pembayaran Pengiriman yang Ditempel pada Barang Kiriman
Letak Nomor Resi POs di Bukti Pembayaran Pengiriman
Bukti pembayaran ini berupa kertas putih lengkap dengan label barcode dan nomornya, yang selanjutnya ini disebut dengan nomor resi. Selain tertera di label barcode, nomor resi=No.barcode juga tertulis di kertas bukti pembayaran. Nomor resi pos terdiri dari 11 digit angka, contoh: 15193075543

2. Letak Nomr Resi/No. Barkode di Bukti pembayaran Pengiriman Barang yang Diberikan kepada Pengirim (kita)
Letak Nomr Resi/No. Barkode di Bukti pembayaran Pengiriman Barang yang Diberikan kepada Pengirim
Bukti pembayaran pengiriman yang diberikan oleh petugas pos ke pengirim, biasanya berupa kertas duplikat warna kuning dan/atau warna lainnya. Di bukti pembayaran pengiriman jenis ini juga sama dengan bukti pembayaran yang ditempel pada barang kiriman, yakni memuat nama dan alamata pengirim maupun yang dikirim, rincian biaya pengiriman, nomor resi/no.barcode, dan keterangan lainnya.  Bedanya hanya tidak adanya label barcodenya.

Demikian tentang letak nomor resi pos yang bisa kita gunakan untuk mengecek status pengiriman barang yang dikirim lewat jasa kantor pos. Semoga bermanfaat.
Pembaca yang terhormat, jika artikel di atas bermanfaat bagi Anda, maka tentunya bisa bermanfaat juga bagi teman Anda. Untuk itu, silakan bagikan artikel ini ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif di kolom komentar. Jika sobat ingin menautkan link blog, silakan pilih beri komentar sebagai Name/URL

 
Home - Sitemap - About - Disclaimer - Privacy Policy - Contact
Back To Top