Pengertian Ilmu Komputer dan Cabang-Cabangnya Menurut para Ahli

Pengertian dan Cabang-Cabang Ilmu Komputer Menurut para Ahli_Dalam setiap bidang ilmu apapun tentunya memiliki beberapa cabang dan turunan. Masing-masing turunan ilmu tersebut tentunya memiliki tujuan yang berbeda meskipun konsep dasar ilmu yang digunakan adalah sama. Tidak terkecuali dengan ilmu komputer atau komputer Science. Ilmu komputer secara umum dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang komputasi, perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware).
Pengertian Ilmu Komputer dan Cabang-Cabangnya

Ilmu komputer mencakup semua yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisa abstrak hingga topik  yang lebih konkret seperti bahasa pemograman, perangkat lunak dan keras pada komputer dan masih banyak lainnya. Ilmu komputer jelas berbeda dengan teknik komputer. Dalam ilmu komputer, Anda akan lebih ditekankan pada pemograman komputer dan software-software didalamnya. Sedangkan teknik komputer akan lebih menekankan pada perangkat keras komputer (hardware).

Untuk lebih jelasnya mengenai ilmu komputer dan cabang-cabangnya berikut penjelasannya dibawah ini

A. Pengertian ilmu komputer menurut beberapa ahli

Berikut beberapa definisi ilmu komputer menurut beberapa para ahli:

1. Edsger Dijkstra
Menurut Edsger, Ilmu komputer bukan merupakan hal tentang komputer sebagaimana astronomi bukan lah hal tentang teleskop.

2. Richard Feynman
Ilmu komputer usianya tidak akan setua fisika, namun lebih muda beberapa ratus tahun. Meskipun begitu, hal ini tidak berarti “hidangan” ilmuwan komputer jauh lebih sedikit dibandingkan dengan fisikawan. Memang jauh lebih muda, namun dibesarkan jauh lebih intensif.

3. Denning
Menurut Denning, Ilmu komputer merupakan studi sistematik yang berkaitan tentang proses algoritmik yang menjelaskan transformasi informasi baik hal tersebut berupa teori, analisa, desain, efisiensi, dan aplikasi-aplikasi yang ada.

Ilmu komputer merupakan sebuah hal yang mempelajari apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan oleh beberapa program (komputabilitas dan intelegensia buatan), tentang bagaimana sebuah program harus mengevaluasi sebuah hasil (algoritma), bagaimana sebuah program harus menyimpan dan mengambil bit dari sebuah infromasi (struktur data) dan masih banyak lainnya.

B. Cabang Cabang Ilmu Komputer 

1. Matematika Komputasi
Cabang ilmu matematika komputasi merupakan ilmu matematika yang menggunakan komputasi khususnya kompter untuk menyelesaikan persoalan yang ada. Seiring dengan perkembangan teknologi, ilmu matematika semakin berkembang dan peranan komputasi dapat membantu menyelesaikan permasalahan dalam bidang matematika itu sendiri.

Ilmu komputasi merupakan bidang ilmu yang memiliki fokus khusu pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian yang numerik. Selain itu, penggunaan komputer juga dimanfaatkan untuk menganalisis serta memnbantu memecahkan permasalahan dalam bidang ilmu sains.

Komputasi juga dapat didefinsikan sebagai cara untuk memecahkan permasalahan melalui data input dengan menggunakan algoritma. Komputasi adalah sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Ilmu komputasi menggabungkan dua ilmu berbeda didalamnya yaitu komputer dan matematika.

2. Data Warehouse
Data warehouse memiliki beberapa definisi yang berbeda menurut pendapat beberapa ahli, diantaranya:
  • Menurut WH. Inmon dan Richard, data warehouse merupakan koleksi data yang memiliki sifat berorientasi pada subjek, terintegrasi, time-wariant, dan yang memiliki sifat tetap dari koleksi data. 
  • Menurut Vidette Poe, data warehouse merupakan database yang memiliki sifat analisis dan read only. Sehingga digunakan untuk pondasi dari sistem penunjang keputusan.
  • Menurut Paul Lane, data warehouse merupakan database yang relasional dan kemudian didesain lebih query dan analisa dari proses transaksi. Database ini biasanya memiliki history data dari proses transaksi ataupun juga dari sumber data lainnya. Data warehouse akan memisahkan beban kerja analisis dari beban kerja transaksi sehingga memungkinkan organisasi menggabungkan data dari berbagai macam sumber.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa, data warehouse adalah database yang saling bereaksi satu sama lainnya yang digunakan untuk query dan analisis. Memiliki sifat orientasi subjek, terintegrasi, time-variant, dan tidak berubah bila digunakan untuk pengambilan keputusan.

3. Keamanan internet
Cabang ilmu komputer ini digunakan untuk melindungi sumber-sumber dan informasi data pribadi didalam internet. Ketika komputer terhubung ke dalam jaringan dan saling mulai berkomunikasi, maka tentunya terdapat beberapa resiko yang harus diperhatikan.

Keamanan internet meliputi perlindungan terhadap akun dan file internet di dalam komputer dari serangan atau gangguan asing. Contoh sederhanya adalah menyarankan  memilih password yang baik, mengubah file permission dan masih banyak lainnya.

4. Mobile Computing
Cabang ilmu ini mengacu pada rancangan paradigma yang digunakan untuk melakukan kegiatan atau perjalanan bisnis  yang berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Beberapa contoh mobile computing antara lain adalah Notebook, Personal Digital Assistant (PDA), wireless mobile computing, smartphone, dan lain lainnya.

Dengan menggunakan mobile computing, Anda dapat melakukan pekerjaan dan aktivitas Anda dimanapun Anda berada dengan menggunakan perangkat mobil dan wireless computing.

Seluruh perangkat mobile membutuhkan koneksi dengan jaringan telekomunikasi yang disesuaikan dengan tujuan, kapabilitas dan ketersediaan koneksi setiap saat. Terdapat 4 jenis jaringan telekomunikasi yang dapat Anda gunakan, yaitu:
  • Personal Area Network (PAN) , untuk lingkup yang sangat kecil
  • Wireless Local Area Network (WLAN)
  • Wireless Metropolitan Area Network (WMAN)
  • Wireless Wide Area Network (WWAN)
5. Algoritma
Cabang ilmu ini digunakan untuk memecahkan masalah. Definisi umum logaritma sendiri adalah urutan logis dalam pengambilan keputusan untuk memecahkan sebuah masalah. Jadi, Algoritam dibutuhkan untuk memberikan perintah kepada komputer untuk mengambil langkah-langkah tertentu untuk memecahkan sebuah masalah yang ada. Algoritma tidak cukup untuk hanya benar saja, namun juga harus akurat dan efisien.

Beberapa karakteristik ilmu algoritma adalah:
  • Algoritma tidak hanya benar namun juga harus akurat dan efisien. Algoritma numerik akan mengakumulasikan kesalahan-kesalahan yang diakibatkan dari pembulatan yang kurang akurat. 
  • Algoritma akan membutuhkan interaksi yang akan menyebabkan penggunaan memori dan penyimpanan dalam komputer yang besar.
  • Digunakannya pembuatan kode program dan teknik yang digunakan untuk membuat kode menjadi lebih efisien. Yang perlu Anda ingat adala algoritma yang efisien didalam satu masalah akan menjadi tidak efisien dalam masalah lain sehingga membutuhkan algoritma yang lebih efisien lagi. 
6. Interaksi manusia-komputer
Interaksi antara manusia dan komputer merupakan sebuah rancangan program komputer yang digunakan untuk menmabntu manusia. Yang dimaksud disini adalah untuk mempelajari interaksi yang terjadi baik antara manusia dengan komputer atau manusia dengan manusia melalui sebuah dialog. Menggunakan bahasa yang dipahami oleh manusia itu sendiri. beberapa komponen interaksi antara manusia dan komputer antara lain:
  • USER, merupakan pengguna secara individu
  • Komputer, teknologi yang digunakan untuk mengontrol proses atau sistem yang ada.
7. Pemograman Komputer
Pemograman komputer merupakan kumpulan kumpulan instruksi yang sering disebut dengan source code. Biasanya source code dibuat oleh seorang programmer dalam sebuah bahasa pemograman. Di dalam pemograman komputer terdapat compiler atau kamus yang digunakan untuk menerjemahkan bahasa pemograman ke dalam bahasa mesin agar komputer dapat bekerja sesuai dengan program yang diperintahkan.

Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai pengertian ilmu komputer dan beberapa cabang-cabang dari ilmu tersebut. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

Pembaca yang terhormat, jika artikel di atas bermanfaat bagi Anda, maka tentunya bisa bermanfaat juga bagi teman Anda. Untuk itu, silakan bagikan artikel ini ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif di kolom komentar. Jika sobat ingin menautkan link blog, silakan pilih beri komentar sebagai Name/URL

 
Home - Sitemap - About - Disclaimer - Privacy Policy - Contact
Back To Top