01 Mei 2017

Pengertian Internet, Intranet dan Ekstranet Beserta Fungsinya

Pengertian, Fungsi , Beserta Perbedaan Internet, Intranet dan Ekstranet_Mengenai internet, intranet dan ekstranet, di luar sana masih ada orang yang belum tahu bagaimana cara membedakannya. Agar tidak salah lagi dalam membedakan internet, intranet dan ekstranet, mari kita bahas apa itu internet, intranet dan ekstranet beserta fungsinya berikut ini!
Pengertian Internet, Intranet dan Ekstranet Beserta Fungsinya
Pengertian dan Fungsi Internet, Intranet, dan Ekstranet

I. Pengertian dan Fungsi Internet 

A. Pengertian Internet
Apa itu internet?, Interconnection-networking atau biasa disebut internet merupakan keseluruhan jaringan komputer yang dapat terhubung satu sama lain dengan menggunakan suatu sistem stAndar global TCP/ IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol Suite) yang akan berfungsi sebagai paket switching protocol (paket switching communication protocol) yang digunakan untuk memberikan pelayanan kepada seluruh miliaran pengguna di seluruh dunia.

B. Fungsi Internet
Internet memiliki banyak fungsi, antara lain:
1. Sebagai media informasi
Salah satu fungsi dari internet yaitu merupakan media informasi bagi seluruh masyarakat di dunia. Melalui internet, Anda dapat mengakses informasi apapun yang menjadi kebutuhan Anda.

Misalnya untuk para pelajar, internet sangat berfungsi untuk menemukan informasi tentang berbagai macam ilmu pengetahuan yang mereka butuhkan.

Seperti yang kita ketahui bahwa penyebaran ilmu pengetahuan di internet begitu berkembang sangat cepat.

Oleh karena itu, Anda yang ingin mengetahui banyak hal, maka internet akan memberikan berbagai macam informasi yang Anda butuhkan.

2. Sebagai media sosial
Selanjutnya fungsi internet sebagai media sosial. Ada banyak jenis media sosial yang dapat digunakan sampai saat ini, contohnya saja, facebook, twitter, tumblr dan lain-lain, itu semua merupakan produk dari internet.

Media sosial berfungsi untuk membuat para pengguna internet dapat berinteraksi meskipun jaraknya sangat jauh sekalipun. Dengan begitu tanpa perlu bertemu, orang-orang sudah bisa menjalin komunikasi.

3. Sebagai media promosi
Fungsi internet sebagai media promosi, banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha dalam memasarkan produk-produk dari usaha mereka.

Hanya tingal memajang gambar atau foto dari produk usaha milik kita pada media sosial atau website pribadi milik kita, maka masyarakat sudah dapat mengakses informasi mengenai informasi dari produk tersebut dan tentunya akan sangat berdampak bagi kesuksesan usaha kita.

Menggunakan internet sebagai media promosi memiliki keuntungan tersendiri, diantaranya murah, fleksibel dan sangat efektif. Mengapa? Karena kebanyakan masyarakat sekarang sudah terbiasa sudah merasa bahwa internet merupakan salah satu kebutuhan pokok.

II. Pengertian dan Fungsi Intranet

A. Pengertian Intranet
Intranet didefiniskan sebagai suatu jaringan pribadi atau private network yang dibuat dengan menggunakan protokol TCP/ IP (internet) yang digunakan untuk membagi suatu informasi yang bersifat rahasia, misalnya informasi mengenai perusahaan kepada karyawannya.

Jaringan intranet dapat dibangun dengan menggunakan internet protocol seperti TCP/ IP atau jenis protokol lainnya, klien dan juga server. Jenis protokol internet lainnya yang biasa digunakan yaitu POP3, SMTP, FTP dan juga HTTP.

B. Fungsi Intranet
Sama halnya dengan internet, intranet juga memiliki beragam fungsi dan kegunaan, diantaranya :
1. Memudahkan pihak internat dalam memberikan informasi

2. Dalam setiap informasi yang akan disajikan terdapat sebuah stAndar yang harus dipenuhi karena semua informasi bisa diakses melalui browser sehingga pengguna informasi tidak memerlukan penginstallan program untuk dapat mengakses informasi.

3. Sangat memudahkan penggunanya dalam mengakses internet

4. Dapat menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lain, hanya saja layananannya bersifat terbatas.

5. Membantu sebuah perusahaan untuk bekerja lebih efesien. Maksudnya, informasi mengenai perusahaan tidak perlu lagi dipublikasikan menggunakan kertas tetapi sudah bisa diakses melalui website milik perusahaan.

6. Meningkatnya efektifitas kinerja internal perusahaan . Hal ini dikarenakan, jaringan intranet akan membuat komunikasi antarinternal perusahaan menjadi lebih mudah sangat lancer sehingga proyek-proyek yang ditangani oleh perusahaan akan lebih mudah diselesaikan dalam waktu yang cepat.

7. Membangun sebuah kerjasama tim yang semakin professional. Sebuah pekerjaan akan lebih mudah diselesaikan jika dilakukan bersama-sama. Sehingga akan menghemat waktu dan hasil pekerjaan akan lebih memuaskan.

8. Meningkatkan hubungan baik dengan para stakeholder di luar perusahaan.

9. Meningkatkan daya saya saing perusahaan. Adanya kerjasama, komunikasi yang sangat baik akan sangat membantu dalam meningkatkan daya saing perusahaan. Dengan begitu, perusahaan akan semakin berkembang pesat ke depannya.

III. Pengertian dan Fungsi Ekstranet

A. Pengertian Ekstranet
Ektranet dapat didefenisikan sebagai sebuah jaringan pribadi yang dibuat dengan menggunakan internet protocol beserta sistem komukasi publik yang akan digunakan untuk memberikan informasi mengenai bisnis dan lain sebagainya kepada mitra kerja (partner), supplier (penyalur), vendor (penjual), konsumen (pelanggan) dan lain sebagainya yang bersifat aman.

Ekstranet dapat juga dikatakan sebagai sebuah jaringan intranet suatu perusahaan yang bersifat umum atau dalam artian pengguna yang berada di luar perusahaan tersebut juga dapat mengakses informasi bagi kepentingan mereka.

Biasanya, perusahaan yang sudah membangun jaringan ekstranet bisa bertukar data dalam volume besar dengan Electronic Data Interchange (EDI) dan juga bisa berkolaborasi bersama perusahaan lain pada sebuah jaringan kerjasama dan lain sebagainya.

B. Fungsi Ekstranet

Fungsi dari ekstranet, antara lain :
1. Sangat membantu sebuah sebuah perusaah untuk menjalin kerjasama bisnis dengan perusahaan lainnya.

2. Ekstranet juga dapat digunakan untuk bertukar data dengan volume yang sangat besar dengan jaminan keamanan yang baik.

Dalam jaringan ekstranet, hanya sebagian informasi saja mengenai produk dari sebuah perusahaan, sedangkan untuk data penting yang merupakan rahasia perusahaan tida dapat diakses oleh pihak luar.

Jadi para penyalur, penjual, konsumen dan lain-lainnya hanya dapat mengakses mengenai produk dari sebuah perusahaan itu saja.

Apalagi ketika firewall diaktifkan, maka segala pengaturan dalam pengaksesan informasi akan kembali pada peraturan intranet. Dimana peraturan intranet, data rahasia perusahaan, tidak ada yang bisa mengakses kecuali internal perusahaan.

Agar ekstranet dapat digunakan secara lebih efektif dan efesien, maka jaringan ekstranet harus memiliki sebagian komponen berikut ini :
  • Internet protokol (TCP/ IP) : merupakan suatu stAndar komunikasi data yang dapat digunakan suatu komunitas internet agar bisa saling bertukar data dari satu komputer ke komputer yang lain yang terhubung dalam suatu jaringan internet.
  • Email : merupakan sarana yang dapat digunakan untuk mengirim suatu surat elektronik dengan menggunakan jaringan internet.
  • Web browser : merupakan suatu sarana yang digunakan untuk mencari serta menayangkan sebuah informasi yang memang telah disediakan server web.
  • Partner bisnis eksternal : merupakan rekan bisnis dari perusahaan lain yang dapat diajak kerja sama dan juga saling bertukar informasi bisnis.
  • Terakhir yaitu telekomunikasi antarkaryawan , pesanan, tempat, cek status dan kirim email.
Dari pengertian internet, intranet dan juga ekstranet, kita otomatis telah memahami mengenai perbedaan dari ketiganya? Nah, untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan mendasar dari ketiganya, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Perbedaan Internet, Intranet dan Ekstranet
Perbedaan mendasar mengenai internet, intranet dan ekstranet sudah bisa dilihat melalui pengertian dari ketiganya. Nah, untuk lebih ringkasnya lagi mari kita simpulkan perbedaan ketiganya :
  • Internet adalah sebuah jaringan komunikasi yang bersifat global sehingga dapat menghubungkan seluruh komputer jaringan yang ada di seluruh dunia walaupun terdapat perbedaan pada sistem operasi dan juga mesin.
  • Intranet juga merupakan sebuah jaringan komputer, akan tetapi pembuatannya menggunakan jaringan internet protocol namun informasinya bersifat rahasia. Misalnya saja informasi yang hanya bisa diakses mengenai internal sebuah perusahaan dan lain-lain.
  • Ekstranet juga memiliki prinsip kerja yang sama dengan intranet, dibuat juga menggunakan internet protocol, hanya saja yang membuat berbeda yaitu sebagian informasi pada jaringan ekstranet dapat diakses oleh masyarakat umum atau penyalur, pelanggan, mitra, penjual dan lain sebagainya.
Demikian tentang Pengertian, Fungsi, serta Perbedaan Internet, Intranet, dan Ekstranet. Semoga bermanfaat.

0 Komentar Pengertian Internet, Intranet dan Ekstranet Beserta Fungsinya

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif di kolom komentar. Jika sobat ingin menautkan link blog, silakan pilih beri komentar sebagai Name/URL

Back To Top