Perbedaan Definisi Gadget dengan Widget

Perbedaan Definisi Gadget dengan Widget- Sebagai Blogger pemula saya tadinya bingung antara pengertian gadget dengan widget. Kalau acuannya apa yang tertulis pada menu tata letak Blogger maka saya yakinnya menggunakan kata " gadget", akan tetapi kalau mendengar komentar-komentar para Mastah ( Blogger Senior ) mereka sering menggunakan kata widget dalam dunia ngeblog. 

Daripada penasaran saya mencoba mencari di wikipedia, ternyata pengertian Gadget (bahasa Inggris ) yang bahasa Indonesianya gawai adalah suatu peranti atau intrumen yang mempunyai tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya. ( http://id.wikipedia.org/wiki/Gawai ).

Dari definisi gadget menurut wikipedia di atas, saya belum sepenuhnya dapat memahami terkait dengan perbedaan antara gadget dengan widget. Waktu itu saya pikir gadget dengan widget mempunyai pengertian yang sama secara mutlak.

Definisi Gadget dan Widget

Masih penasaran lagi tentang kejelasan pengertian, persamaan, ataupun perbedaan antara keduanya, saya terus mencari artikel yang membahas tentang gadget/widget, dan akhirnya ketemu di blog yang hanya 1 postingan artikel yakni di http://erytriputranto.blogspot.com/2012/02/perbedaan-gadget-dan-widget_11.html dan keterangannya sebagai berikut :

A. Gadget
Gadget jika diartikan secara umum adalah device atau perangkat seperti handphone, ipad dan lainnya. Akan tetapi di dunia Blogger, Gadget merupakan sebuah pernak-pernik khusus yang tujuannya mendukung tampilan, penggunaan dan lainnya dan di khususkan untuk Blogger. Contohnya : Gadget Follower, Follow by E-mail dan lainnya yang dalam artian gadget ini tidak ada pada CMS lain seperti wordpress, typepad, joomla dan lainnya.

B. Widget

Sedangkan widget, pengertiannya sama persis dengan gadget, akan tetapi widget pada umumnya mendukung secara keseluruhan dari semua CMS. Contoh : widget who.amung.us, histat, mypagerank.net dan widget-widget lainnya yang bertebaran yang dalam kategorinya dapat di install di berbagai macam CMS yang tersedia di Internet.

Menurut Mas Ery Tri Putranto kesimpulannya :
  • Kalau dalam dunia web, widget adalah kumpulan kode yang bisa digunakan di semua jenis situs dan blog.
  • Kalau gadget, sama dengan widget, adalah sekumpulan kode yang digunakan di situs/blog, tapi bedanya, tidak semua situs atau blog bisa dipasang gadget. Contoh Google Gadgets. Google Gadgets hanya bisa dipasang di situs atau blog milik Google. Lain dari itu, tidak bisa.

Pembaca yang terhormat, jika artikel di atas bermanfaat bagi Anda, maka tentunya bisa bermanfaat juga bagi teman Anda. Untuk itu, silakan bagikan artikel ini ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Terimakasih atas kunjungan Sobat. Silakan berkomentar, namun tolong jangan menyertakan link aktif maupun pasif di kolom komentar. Jika sobat ingin menautkan link blog, silakan pilih beri komentar sebagai Name/URL

 
Home - Sitemap - About - Disclaimer - Privacy Policy - Contact
Back To Top