Pengertian Website Beserta Fungsi, Jenis, dan Unsur-Unsurnya

Definisi/Pengertian Website, Kegunaan, Jenis, dan Unsur-Unsur Website_Memiliki website di zaman sekarang ini tentunya mampu mendatangkan banyak keuntungan, karena memang website tidak hanya digunakan sebagai tempat berbagi ilmu saja, akan tetapi website dapat menghasilkan banyak uang jika kita pandai dalam mengelolanya. Membuat dan mengelola website pun tidaklah terlalu sulit, sehingga Anda dapat mulai memahami dulu apa itu pengertian website, sebelum Anda membuat website dan mengelolanya.

Website adalah kumpulan halaman yang ada dalam suatu domain internet yang mana website ini dibuat memiliki tujuan tertentu sekaligus bisa diakses melalui halaman depan atau home page. Cara membukanya pun bisa dilakukan dengan menggunakan browser yang menggunakan URL website. Kecanggihan internet dan teknologi yang ada untuk saat ini mampu membawa banyak kemudahan.

Tidak hanya individu saja yang bisa memiliki website, akan tetapi untuk organisasi, instansi hingga perusahaan pun bisa memiliki website. Dengan melalui website itulah yang membantu pemilik untuk menampilkan berbagai jenis informasi maupun topik tertentu supaya banyak orang yang mengetahuinya. Ada banyak informasi berbeda yang dapat diakses melalui website dengan jaringan internet.

B. Fungsi Website
Website tidak hanya digunakan untuk mengakses media sosial saja. Akan tetapi website juga memiliki banyak kegunaan yang akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan segala sesuatunya, termasuk melakukan pembelian barang secara online. Melalui website tersebutlah yang akan
memudahkan para masyarakat dalam mendapatkan informasi penting yang sedang dibutuhkannya.

Simak fungsi website berikut:
1. Dapat digunakan untuk membangun personal branding
Untuk website pribadi dapat digunakan untuk membangun personal branding yang lebih kuat dan terpercaya. Melalui website, maka Anda dapat membagikan fortofolio dan hasil karya, baik itu dalam bentuk gambar, lukisan, tulisan, foto, musik, desain grafis dan yang lainnya. Dengan demikian, maka memiliki website di zaman sekarang ini banyak diincar oleh masyarakat muda.

2. Tempat strategis untuk menyebar atau berbagi informasi
Melalui tulisan yang Anda buat, maka bisa disebar luaskan keseluruhan pengguna internet. Ada banyak informasi yang dapat untuk Anda sebar luaskan melalui website. Baik itu seputar tips, berita yang sedang viral, iklan bisnis maupun yang lainnya. Khusus untuk Anda yang memiliki bisnis atau usaha, maka website dapat dijadikan sebagai tempat untuk melakukan promosi.

3. Dapat dijadikan sebagai tempat curhat
Dengan memiliki website, maka Anda bisa bercerita banyak hal di dalamnya. Tidak hanya sebatas informasi saja, namun kisah hidup Anda pun juga bisa dijadikan sebagai bahan tulisan yang dapat Anda share ke website. Karena sekarang ini sudah bukan zamannya curhat dengan buku diary. Asalkan Anda tidak menganggapnya sebagai privasi, Anda bisa menuliskan curhatan di website.

4. Sumber penghasilan
Jangan mengira bahwa website hanya dapat dijadikan sebagai tempat menyebar informasi saja, karena website memiliki kelebihan lain yang dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan. Penghasilan tersebut bisa didapat jika Anda bisa mengelola blog dengan baik, mendapatkan tawaran kerja sama atau endorse dan yang lainnya.

C. Jenis-Jenis Website
Seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai pengertian website yang mana di sana ada banyak sumber informasi yang bisa Anda dapatkan. Sedangkan untuk sumber informasi yang akan ditampilkan di website hanya dalam bentuk tulisan. Website tidak hanya ada dalam satu jenis saja, akan tetapi Anda bisa menemukan banyak jenis website yang tidak hanya menampilkan informasi dalam bentuk tulisan saja.

Berikut ini beberapa jenis website yang dapat untuk Anda ketahui, yaitu:
1. Website Statis
Website statis merupakan halaman website yang memiliki tampilan statis/tetap atau tidak berubah-ubah. Tampilannya pun hanya bisa diubah asal pemiliknya mengubahnya secara manual. Salah satunya yaitu dengan cara mengedit bagian kode-kode yang ada pada structure website. Jenis website ini tidak akan memungkinkan adanya interaksi secara langsung antara pengelola dan pengunjung.

Jenis website ini pun mempunyai kurang lebih 5 halaman utama yang nantinya akan menjelaskan mengenai beberapa informasi. Anda bisa menemukan contoh website statis ini pada jenis website company profile atau website perusahaan, Search engine seperti Google dan Bing. Melalui website statis ini, maka para masyarakat akan dimudahkan dalam mencari sumber informasi.

2. Website Dinamis
Pengertian dari jenis website dinamis yaitu website yang sengaja dirancang khusus agar bisa menampilkan update dari konten yang dilakukan sesering mungkin. Penggunaan website dinamis dapat disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya, baik itu dari segi fiturnya maupun dari segi tampilannya. Konsep yang dirancang yaitu berupa virtual.

Melalui konsep virtual tersebutlah yang memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan penggunanya. Bahkan ada beberapa fitur tambahan pada website dinamis, seperti fitur live chatting, formulir pendaftaran, kolom komentar, dan masih banyak lagi. Contoh website dinamis yaitu sits E-commerce, blog atau website pribadi, website portal, katalog online, dan situs berita.

3. Website Interaktif
Pengertian website interaktif merupakan website yang memiliki tujuan untuk berinteraksi kepada orang lain yang bisa dilakukan secara online. Sedangkan penggunaan secara umum ini bisa dilakukan kepada pengguna internet yang aktif maupun kepada komunitas. Contoh dari website interaktif yaitu seperti situs forum online, situs media sosial, dan blog.

D. Unsur-Unsur Website
Website tidak akan bisa diakses tanpa adanya unsur-unsur yang penting. Bagi Anda yang baru belajar membuat website dan belum mengetahui bagaimana cara agar website bisa mendatangnya banyak uang, maka Anda harus memperhatikan 2 hal, yaitu hosting dan domain. Apabila kedua unsur tersebut ada dalam website Anda, maka akan memudahkan Anda dalam mengaksesnya.

Berikut ini unsur-unsur website yang harus diperhatikan dengan baik:
1. Nama domain
Nama domain merupakan nama yang unik untuk website yang mana nama domain memiliki tujuan untuk mengidentifikasi nama sebuah server pada komputer yang ada di internet. Untuk sebuah website pasti akan mempunyai domain yang unik, seperti google.com dan  facebook.com. Domain bisa disewa melalui perusahaan pengelola domain internet.

2. Web Hosting
Web hosting merupakan lokasi untuk menyimpan data base berupa suara teks, video, gambar maupun yang lainnya melalui website. Sumber daya pada server-server dapat menyewa jasa layanan internet untuk bisa menempatkan sumber informasi yang ada di internet, misalnya berupa email, HTTP, DNS dan FTP. Ada banyak perusahaan jasa web hosting yang dapat Anda pilih, seperti niaga hoster, rumah web, dan hostinger.

3. Konten Website
Konten website adalah komponen penting yang ada untuk website internet. Apabila tidak ada konten website, maka tidak akan ada yang bisa ditawarkan kepada para pengunjung. Sedangkan untuk konten website ini dibuat oleh pemilik website dalam bentuk blog dan untuk isinya merupakan gambar atau artikel dengan topik, contohnya seperti situs forum maupun media sosial.

Apabila Anda memiliki website yang dapat menghasilkan uang maka Anda harus menggunakan platform yang tepat. Salah satu keuntungan yang bisa Anda raih melalui online yaitu melalui website. Jika Anda sukses membuat website, maka dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan yang menguntungkan.


EmoticonEmoticon