Mengenal Fungsi dan Cara Mengatur Menu Setelan Postingan dan Komentar di Blog (Pengaturan ke-2 di Dasbor Blogger)

Sahabat Blogger, sebelum Anda Mengatur Menu Setelan (Settings) Postingan dan Komentar (Posts and Comments) pada Dasbor Blogger, sebaiknya  Anda telah selesai melakukan berbagai Pengaturan ke-1 di Dasbor Blogger ( Setelan Dasar, Publikasi, Redirect HTTPS, dan Pengaturan Izin Penulis/Pembaca Blog)

Adapun untuk menuju menu setelan postingan, komentar, dan berbagi di blog, silakan Anda masuk ke dasbor blogger, kemudian klik "Setelan" dan klik menu "Postingan, komentar, dan berbagi".

Selain itu, perhatikan juga tombol "Simpan setelan" yang terletak pada bagian kanan atas dasbor blogger menu "Settings". Di mana tombol "Simpan setelan" tersebut harus diklik setiap kali Anda melakukan perubahan pada menu setelan postingan, komentar, dan berbagi.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai fungsi dan cara mengatur menu Settings Posts, Comments, and Sharing, silakan simak:
Fungsi dan Cara Mengatur Menu Setelan Postingan dan Komentar di Blog

Fungsi dan Cara Pengaturan Menu Setelan Postingan dan Komentar (Settings Posts and Comments) di Blogger

A. Fungsi dan Cara Mengatur Menu Setelan Postingan (Posts) Blog di Blogger
Menu setelan "Postingan" di dasbor blogger berfungsi untuk mengatur jumlah postingan artikel yang akan ditampilkan di halaman depan-utama/home/beranda blog Anda, untuk membuat template entri, dan untuk memilih menampilkan atau tidak menampilkan gambar dengan lightbox.
Fungsi dan Cara Mengatur Menu Setelan Postingan -Posts Blog di Blogger

1. Tampilkan sebanyak mungkin (7) postingan di halaman utama (show at most 7 posts on the page)

Pada setingan default pada dasbor blogger, jumlah yang tercantum adalah 7 postingan. Anda diperbolehkan untuk mengubah jumlah tersebut, baik mengurangi maupun menambah jumlahnya.

Namun, jika Anda akan menambah jumlah postingan maupun jumlah yang ditampilkan per hari, Anda harus mempertimbangkan tentang berapa artikel yang Anda publikasikan dalam setiap harinya.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan tentang apakah halaman utama blog yang terlalu banyak postingan yang ditampilkan akan membuat nyaman pengunjung dan apakah loading blog Anda tetap bisa cepat.

Nah, sebaiknya Anda cukup menampilkan 7-11 postingan di halaman utama. Terkecuali Anda bisa membuat atikel yang banyak dalam setiap harinya, maka settinglah dengan memilih "hari", karena jika Anda memilih "hari" bukan "postingan", maka sampai 500 artikel pun akan diberlakukan.

Cara Mengubah Jumlah Postingan/Hari di Blog

a. Ganti angka dan pilih hari/postingan
Cara mengganti jumlah postingan yang tampil di home page blog
b. Klik "Simpan setelan"
Simpan setelan postingan


2. Template Entri (Post Template)
Fungsi "Template Entri" adalah untuk membuat praformat editor postingan dengan teks atau kode yang akan muncul otomatis setiap kali Anda akan membuat postingan baru.

Jadi, jika Anda sudah membuat template entri blog, Anda tidak perlu repot-repot mengetik maupun copy paste tulisan untuk mengisi postingan.

Adapun kalimat yang umumnya dimasukkan dalam template entri yaitu kalimat pembuka blog, kalimat penghormatan, maupun kalimat sapaan, misalnya "Pembaca yang Terhormat". Yang jelas kalimat yang kiranya selalu ada pada blog Anda dan posisinya tetap.

Cara Membuat Tempate Entri Blog Otomatis di Blogger
Cara Membuat Tempate Entri Blog Otomatis di Blogger
a. Klik "Tambahkan" pada baris template entri
b. Ketik kalimat yang Anda inginkan
c. Klik "Simpan setelan"

Contoh template entri blog
 Contoh template entri blog

3. Tampilkan gambar dengan Lightbox (Showcase images with Lightbox)

Apa itu Lightbox?
Lightbox adalah sebuah fitur di Blogger yang memungkinkan sebuah gambar di area artikel blog jika diklik oleh pengunjung, maka gambar tersebut akan tampil di halaman yang sama dalam ukuran asli/besarnya dan jika halaman tersebut ada 2 atau lebih gambar , maka gambar-gambar itu akan ditampilkan dalam bentuk thumbnail ukuran kecil di bagian bawah halaman.

Untuk melihat gambar yang lain, pengunjung blog bisa mengeklik thumbnail gambar kecil tersebut. Adapun  untuk keluar dari mode tampilan gambar penuh tersebut pengunjung cukup klik saja di area kosong (bukan gambar) dan/atau mengeklik tanda close (X) yang ada di kanan atas halaman.

Apa fungsi Lightbox?
Fungsi ligtbox adalah untuk menampilkan gambar di blog menjadi lebih besar (sesuai ukuran gambar aslinya) sehingga terlihat lebih jelas.

Contoh Lightbox di Blog
Contoh Lightbox di Blog

Silakan lihat Demo Tampilan Lightbox, dengan mengeklik gambar di atas dan/atau mengeklik salah satu gambar di halaman ini.

Cara Mengaktifkan/Menonaktifkan Lightbox Blog di Blogger
Tampilkan gambar dengan Lightbox
Untuk mengaktifkan lightbox silakan klik "Ya" atau pilih "Tidak" jika ingin menonaktifkannya.


B. Fungsi dan Cara Mengatur Menu Setelan Komentar (Comments) Blog di Blogger

Fungsi menu setelan "komentar" adalah untuk mengatur berbagai fitur terkait komentar di blog, misalnya untuk: menampilkan atau menyembunyikan kolom komentar, mengatur siapa saja yang boleh berkomentar, memoderasi komentar, memverivikasi kata, dan membuat formulir komentar blog.
Fungsi dan Cara Setting Menu Setelan Komentar Blog di Blogger

1. Lokasi Komentar (Comments Location)
Fitur "Lokasi Komentar" berfungsi untuk menampilkan dan/atau menyembunyikan kolom komentar di halaman artikel blog.

Pada opsi /pilihan menampilkan kolom komentar, Anda boleh memilih kolom komentar atau komentar dalam posisi tersemat, halaman penuh, dan/atau jendela pop-up.

➤Jika Anda memilih "Tersemat", maka Anda dan pengunjung dapat memberi komentar lewat kolom komentar yang ada di bawah artikel blog.

➤Jika Anda memilih "Halaman penuh" dan/atau "Jendela pop-up", maka Anda dan pengunjung aan diarahkan berkomentar lewat kolom komentar yang ada di halaman baru.

➥Jika pilihan Anda adalah opsi "Sembunyikan", maka kolom komentar yang ada pada semua halaman artikel blog Anda otomatis tersembunyi alias kolom komentar dan komentarnya yang ada tidak ditampilkan.

Jadi, misalnya Anda menyembunyikan kolom komentar saat di blog Anda sudah ada komentarnya, maka komentar tersebut tidak terhapus. Anda bisa melihat lewat dasbor blogger, dan suatu saat Anda juga bisa menampilkannya kembali dengan pilihan "Tersemat" dan/atau opsi yang lain.

Cara Setting Lokasi Komentar Blog di Blogger


Cara Setting Lokasi Komentar Blog di Blogger
Untuk memunculkan dan/atau menyembunyikan kolom komentar blog di Blogger, dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  • pada baris "Lokasi Komentar", silakan klik simbol segitiga sampai muncul 4 opsi (Tersemat/Embedded, Halaman penuh/Full page, Jendela pop-up/Popup window, dan Sembunyikan/Hide)
  • pilih opsi yang diinginkan
  • klik Simpan setelan/Save settings
2. Siapa yang dapat mengomentari/Who can comment?
Pada menu izin berkomentar ini, Anda bisa menentukan pilihan pemberian izin komentar dan membuat batasan tentang siapa saja yang bisa berkomentar di blog Anda. Dan untuk hal ini, Anda bebas memilih salah satu dari 4 macam pilihan:

a. Pilihan ke-1: Semua Orang/Anyone - termasuk Pengguna Tanpa Nama/Includes Anonymous Users
Pilihan yang pertama yaitu Anda boleh mengizinkan untuk berkomentar kepada semua orang (termasuk kepada para pengunjung blog yang akan berkomentar tanpa nama). Dalam artian jika Anda memilih opsi ini, maka yang dapat berkomentar di blog Anda yaitu 3 macam pengguna:

  • Semua orang yang memiliki akun Google (khususnya akun blogger)
  • Semua orang yang akan berkomentar dengan mencantumkan nama dan link URL menuju ke blog/websitenya
  • Semua orang yang akan berkomentar dengan tanpa nama/anonymous
c. Pilihan ke-2: Pengguna dengan Akun Google/User with Google Accounts
Opsi ketiga yaitu Anda bisa menyetting khusus Pengguna dengan Akun Google yang dapat berkomentar.

d. Pilihan ke-3: Hanya anggota blog ini/Only members of this blog
Pilihan yang keempat yaitu Anda boleh mengatur khusus anggota blog Anda yang bisa melakukan komentar.

Opsi "Hanya anggota blog ini" sangat tepat jika diterapkan pada blog yang digunakan sebagai blog forum maupun komunitas. Adapun untuk memanfaatkan blog platform blogger sebagai blog forum, yaitu dengan cara menambahkan anggota komunitas Anda sebagai penulis maupun Admin blog.

Nah, dari 3 opsi izin komentar tersebut di atas, mana yang sebaiknya dipilih bagi para Blogger yang ingin blognya menjadi ramah kepada pengunjung?

Ya ya ya, sebaiknya Anda pilih opsi yang pertama yakni izinkan semua orang (termasuk pengguna tanpa nama) untuk bisa berkomentar di kolom komentar blogger Anda. Karena dengan demikian, berarti Anda sebagai Admin blog sudah siap menjalin komunikasi dengan semua pengunjung blog Anda.

Di mana pengunjung pun akan merasa puas dengan layanan kolom komentar yang memungkinkan mereka untuk memilih akun yang digunakan dalam berkomentar, bahkan bagi pengunjung yang juga punya blog, mereka akan lebih puas dalam menyisipkan link blog dengan cara memilih berkomentar pada opsi "Name/URL", selain itu... Anda pun lebih mudah untuk berkunjung ke blog mereka.

Adapun untuk mengatur izin komentar, Anda hanya perlu mengeklik salah satu opsi, kemudian klik "Simpan setelan".

3. Moderasi Komentar (Comment Moderation)
Menu "moderasi komentar" memungkinkan Anda untuk mengontrol komentar-komentar pengunjung di blog Anda. Untuk pengaturan moderasi komentar, ada 3 pilihan yaitu selalu, kadang-kadang, dan tidak pernah.

a. Selalu (Always)
Jika Anda memilih "Selalu", maka setiap ada pengunjung yang berkomentar di blog Anda, komentar mereka tidak bisa langsung muncul.

Komentar mereka baru bisa tampil setelah Anda memublikasikannya.

Adapun untuk cara mempublikasikan komentar, menghapus, maupun untuk menandai komentar sebagai spam, Anda bisa melakukannya pada dasbor blogger, yakni pada menu komentar, sub menu "Menunggu moderasi".

Jadi, silakan tinjau komentar sebelum memublikasikannya. Link komentar akan muncul di dasbor blogger saat ada komentar yang masuk di blog Anda.

b. Kadang-kadang (Sometimes)-untuk postingan yang lebih lama dari 14  hari
Moderasi Komentar-Comment Moderation
Jika Anda memilih opsi "Kadang-kadang", silakan tentukan juga jumlah harinya. Pada pilihan ini Anda sebaiknya memasukkan email pada kolom baris "Kirim email permintaan moderasi ke".

Dengan demikian, jika ada komentar yang masuk di postingan yang lebih dari jumlah hari yang ditentukan, maka Anda harus meninjau komentar sebelum dipublikasikan.

c. Tidak pernah (Never)
Jika Anda pilih "Tidak pernah", maka semua komentar akan langsung tampil di blog. Sebaiknya Anda jangan memilih opsi ini karena untuk mencegah tindakan spamnya orang-orang yang komentarnya tidak nyambung dan tidak berkualitas, misalnya hanya berkomentar singkat: bagus artikelnya, nitip link aktif/pasif, dll.

4. Tampilkan verifikasi kata 
Untuk mencegah masuknya komentar spam, silakan pilih ya pada opsi "Ya" di baris "tampilkan verifikasi kata"

5. Pesan Formulir Komentar
Formulir Komentar merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Blogger.com. Jika Anda menambahkan atau mengaktifkan fitur ini, maka nantinya isian pesan yang Anda masukkan di formulir komentar akan tampil tepat di atas kolom komentar blog Anda.

a. Fungsi Formulir Komentar
Pesan dalam formulir komentar berfungsi untuk menginformasikan tentang peraturan berkomentar di blog Anda. Selain itu, formulir komentar juga bisa dimanfaatkan untuk penyampain ucapan terimakasih dan lain sebagainya.

b. Contoh Pesan di Formulir/Kolom Komentar Blog

"Khusus Sobat Blogger, silakan berkomentar menggunakan Name/URL, agar Admin lebih mudah mengetahui dan mengunjungi blog Anda"
Contoh Pesan di Formulir-Kolom Komentar Blog

c. Cara Membuat Tulisan Pesan di Atas Kolom Komentar Blog

Cara Membuat Tulisan Pesan di Atas Kolom Komentar Blog
Untuk membuat pesan yang berupa ucapan terimakasih/peraturan berkomentar/dll, silakan klik "Tambahkan" pada baris "Pesan Formulir Komentar", kemudian ketik pesan yang ingin Anda sampaikan kepada para pengunjung, dan yang terakhir klik "Simpan setelan".

Artikel terkait Panduan Ngeblog:
Demikian tentang Fungsi dan Cara Pengaturan Dasbor Blogger pada Menu Setelan/Settings dan Komentar/Comments di Blog Blogger. Silakan Anda lakukan pengaturan pada dasbor blogger Anda. Semoga sukses.


EmoticonEmoticon